Kopi Kenangan Resmi Menjadi Unicorn
Berita, blog

Resmi Unicorn, Apa yang Kita Pelajari dari Kopi Kenangan?

Dirintis di tahun 2017 oleh  Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa, Kopi Kenangan telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi 3.000 karyawan, dengan jumlah 600 gerai tersebar di 45 kota di Indonesia. Gelar startup unicorn yang dikukuhkan Kopi Kenangan adalah suatu momentum keberhasilan mereka sebagai startup di bidang makanan dan minuman (F&B) pertama di Asia Tenggara yang mencatatkan nilai valuasi menembus US$1 miliar.

Cari tahu yuk apa saja sih yang dapat kita pelajari dari kesuksesan Kopi Kenangan di artikel Sun Media Digital Marketing Bali di bawah ini.

Kopi Kenangan Resmi UnicornUNICORN?

Resmi Naik Pangkat Jadi Unicorn, Apa Saja yang Bisa Kita Pelajari dari Kopi Kenangan?

Unicorn jangan disalahartikan dengan kuda corak warni-warni seperti di atas yah. Unicorn atau startup unicorn tidak lain adalah suatu istilah yang digunakan dalam industri modal ventura (salah satu jenis investasi yang modal pendanaannya adalah pemberian saham bagi mereka yang memberikan uang tunai untuk pendanaan perusahaan) dimana perusahaan rintisan swasta tersebut telah mencapai nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp1,4 triliun.

PS: nilai valuasi adalah perhitungan yang dilakukan untuk mengukur proyeksi nilai dari sebuah perusahaan atau jumlah keseluruhan aset dari perusahaan.

Terdapat beberapa jenis startup yang dibedakan berdasarkan nilai valuasinya diantaranya:

  • Cockroach adalah tingkat terendah dari perusahaan rintisan, dimana umumnya mereka baru saja berdiri
  • Ponies adalah startup dengan keseluruhan total aset US$ 10 juta
  • Centaurus adalah startup dengan nilai valuasi mencapai US$ 100 juta
  • Unicorn yaitu startup dengan nilai valuasi mencapai US$ 1 miliar
    Startup unicorn di Indonesia beserta tahun diraihnya gelar unicorn sebagai berikut: Gojek (2016), Tokopedia (2017), Traveloka (2017), Bukalapak (2018), OVO (2019), J&T Express (2021), Xendit (2021), Ajaib (2021)
  • Decacorn yaitu startup dengan nilai valuasi US$ 10 miliar
    Contoh Decacorn : GoTo, Xiaomi, Uber, Airbnb, Dropbox, WeWork, dan SpaceX.
  • Hectocorn yaitu startup dengan nilai valuasi US$ 100 miliar
    Contoh Hectocorn : Apple, Google, Microsoft, Facebook, Oracle, Cisco

Nila Aset Sebesar US$ 1 Miliar, Suntikan Dana Kopi Kenangan Darimana?

Kopi Kenangan awalnya bermodalkan Rp 250 juta dari angel investor dan di hari pertama operasional telah menjual sekitar 700 cangkir kopi. Perkembangan bisnis ini bisa sebesar sekarang dan menjadi unicorn kuliner pertama di Asia Tenggara tak luput dari suntikan dana oleh modal ventura. Beberapa waktu lalu, Kopi Kenangan mengadakan pendanaan seri C tahap pertama yaitu pendanaan untuk perusahaan rintisan dan sukses mendapatkan US$ 96 juta atau Rp1,37 triliun (asumsi kurs Rp14.300/US$). Pendanaan ini dipimpin oleh Tybourne Capital Management beserta memboyong investor baru Falcon Edge Capital dan investor dari seri pendanaan sebelumnya seperti Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital.

Alasan Kopi Kenangan Layak Mendapat Pendanaan Menjadi Startup Unicorn

#1 Kopi Kenangan Membantu UMKM Indonesia

Kerja keras Kopi Kenangan tidak hanya dinikmati oleh perusahaan itu sendiri melainkan juga dirasakan UMKM Indonesia atau para pelaku industri mikro hingga menengah. Biji kopi yang digunakan Kopi Kenangan sendiri bukan single origin melainkan blend arabica dan robusta dengan hint coklat. Bijinya berasal dari empat daerah di tanah air, yaitu: Aceh, Sumatra Utara, Jawa Timur, dan Flores. Rasa yang dihasilkan tidak meninggalkan sensasi asam untuk aftertaste-nya, body-nya pun tidak light atau terlampau kental, dan pastinya tidak menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut.

#2 Peningkatan Demand Berhasil Menciptakan Lapangan Kerja untuk Lebih dari 3000 Pekerja

Siapa sangka perusahaan rintisan dari Indonesia ini mampu beroperasi dengan lebih dari 3000 pekerja. Hal ini karena penjualannya yang terus meningkat. Bayangkan saja bahwa tiap bulannya sepanjang 2020 sebanyak 2,5 juta cangkir kopi terjual di Kopi Kenangan. Ini merupakan peningkatan dari penjualan mereka di pertengahan tahun 2019 dengan 200 gerai yaitu kisaran 1 juta cangkir per-bulannya. Dengan demikian, Kopi Kenangan telah membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Pelajaran Apa Yang Para Penggiat dan Perintis Usaha Dapat Ambil dari Kopi Kenangan?

Ide Kopi Kenangan dicetuskan oleh Edward Tirtanata dan James Prananto pada 2017. Rasa cinta mereka dengan cita rasa kopi Nusantara melahirkan brand lokal yang mampu menyaingi kopi merk internasional dengan rasa yang berimbang dan harga yang lebih terjangkau. Mereka pun ingin memperkenalkan rasa kopi Indonesia ke seluruh belahan dunia. Dengan pendanaan yang luar biasa, mimpi tersebut bukannya tidak mungkin untuk dicapai, bukan?

Jadi dari sini hal apa yang teman-teman Sun Media Digital Agency Bali dapat petik? Simak lagi di bawah ini.

#1 Peka terhadap masalah di lingkungan. Lihat kesempatan yang ada.

Prinsip yang dipakai oleh founder kopi kenangan yaitu : Inti dari sebuah bisnis adalah memberikan solusi atas persoalan yang ada di masyarakat.

Dia melihat kebiasaan masyarakat yang memiliki hobi nongkrong sambil minum kopi. Namun sayaangnya saat itu belum ada kopi yang affordable dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu pasar kopi di Indonesia saat itu masih dikuasai oleh merek Internasional.

#2 Miliki kegigihan dan keuletan

Tanpa adanya kegigihan dan juga keuletan, Kopi Kenangan tidak akan menjadi sebuah perusahaan yang besar seperti sekarang (Unicorn). Untuk itu jangan mudah menyerah akan suatu hal dan harus terus berjuang.

#3 Carilah investor

Untuk dapat memperluas usahamu, kamu tidak boleh takut untuk mencari Investor. Carilah Investor yang sekiranya mampu membantumu untuk memperluas bisnismu. Kopi kenangan diawal perintisan mereka hanya menggunakan modal patungan bersama. Namun setelahnya mereka mencari investor agar dapat membiayai perluasaan bisnisnya.

#4 Carilah ide bisnis yang tengah tumbuh

Sebelum kamu memulai bisnis, kamu terlebih dahulu harus mencari ide bisnis. Ide bisnis menjadi modal utama dalam membangun bisnis mu kedepannya. Carilah ide bisnis yang tengah tumbuh tinggi dan juga berada dipasar yang besar. Hal ini pula yang dilakukan oleh Kopi Kenangan. Mereka melihat bahwa penggemar kopi di Indonesia sangat banyak. Oleh karena itu dia melihat potensi yang besar untuk bisnis kopi.

#5 Miliki branding yang kuat

Untuk bisa menjadi sebuah bisnis yang sukses, kamu perlu memiliki sebuah branding yang kuat. Ini yang dilakukan oleh Kopi Kenangan. Sesuai prinsip awal yaitu memberikan kopi berkualitas namun dengan harga yang affordable membuat pendiri menamai bisnisnya menjadi Kopi Kenangan. Mereka berpikir jika dari nama saja sudah terlihat mahal, maka orang akan takut untuk masuk, karena mereka akan mengira bahwa harga dari produk juga akan mahal. Selain itu dengan nama tersebut masyarakat akan mudah dalam mengingat bisnis tersebut.

Bisnis Anda Punya Kesempatan yang Sama Seperti Kopi Kenangan

Jadi, siapa bilang kopi Indonesia kalah saing dengan kopi internasional. Kisah Kopi Kenangan memang menginspirasi sekali bukan? Benar-benar membuktikan bahwa perusahaan rintisan pun bisa menjadi bagian dari unicorn dengan jumlah aset triliunan. Begitupun bisnis Anda, dengan strategi pemasaran digital yang tepat, Anda tentunya dapat meraih penjualan yang lebih menjanjikan dan mendatangkan lebih banyak leads yang lebih potensial dengan jangkauan target pembeli yang lebih optimal. Manfaatkan chanel-chanel digital yang Anda miliki dari produk Google, Facebook, Instagram, dan masih banyak yang lainnya.

Ketahui apa yang dapat Sun Media lakukan sebagai solusi terbaik Digital Marketing di Bali untuk perkembangan bisnis Anda melalui [email protected] dan +628113862388.