Instagram Rilis Subscribe
Berita

Instagram Rilis Subscribe, Fitur Baru untuk Content Creator

Instrumen monetisasi dari media sosial yang dikembangkan oleh Meta, yaitu Instagram makin blak-blakkan sekarang. Seperti yang terdapat di YouTube dan Facebook, fitur berlangganan atau Instagram subscription ini akan memberikan akses eksklusif untuk para followers yang bersedia untuk menghabiskan lebih demi konten premium influencer favorit mereka di platform Instagram.

Di satu sisi, dalam video yang disampaikan Head of Instagram Adam Mosseri di Twitter, fitur Instagram subscription memberikan peluang bagi para content creator pun dapat mengantongi lebih banyak penghasilan yang lebih terukur dan pasti.

Make a Living through Our Platform

Sesuai yang dipercayai oleh Meta, untuk mendorong kerja keras creator di platform sosial, telah dikembangkan tools untuk para creator. Ini dilakukan agar mereka dapat merasakan dukungan yang lebih nyata oleh komunitas audiens mereka, mitra dengan brand-brand, dan menghasilkan lebih banyak melalui iklan dan bonus dari Instagram dan Facebook.

Fitur Instagram Subscription Meluncur Pada 19 Januari 2022

Program beta subscription ini perdana ditayangkan pada 19 Januari 2022. Sejauh ini terdapat sejumlah kreator yang berpartisipasi dalam program beta Instagram. Beberapa diantaranya @alanchikinchow, pemain basket putri @sedona., astrologer @alizakelly, @kelseylynncook, @elliottnorris, @jordanchiles, @jackjerry, @bunnymichael, @donalleniii and @lonnieiiv. Namun, untuk saat ini fitur subscription ini baru tersedia di Amerika. Selain itu, agar dapat melihat tombol subscribe ini, pengguna harus meng-update aplikasi Instagram ke versi terbaru.

Sejauh ini, kreator tidak harus memiliki profil verified untuk menikmati fitur subscribe ini, namun tentu saja setidaknya kreator harus memiliki jumlah followers aktif yang menjanjikan.

Apa Saja Yang Bisa Anda Dapatkan dari Fitur Instagram Subscription?

Kreator nantinya akan mendapatkan akses untuk mengatur berapa harga yang mereka tawarkan untuk konten eksklusif mereka. Rentang harga yang tersedia per-bulannya adalah $0.99 (setara 14 ribu dalam mata uang Rupiah) hingga $99 (Rp1,4 juta). Beberapa keuntungan yang diberikan untuk audiens yang berlangganan dapat berupa:

Live Eksklusif: dimana kreator dapat melakukan broadcast live hanya ke followers yang telah berlangganan. Hal ini bertujuan agar kreator dan penggemar dapat terhubung lebih mendalam.

Stories Khusus untuk yang Berlangganan: berbeda dengan close friend dimana kreator dan follower harus saling mengikuti terlebih dahulu untuk dapat melihat konten khusus ini, kini kreator dapat membagikan story khusus untuk subscriber mereka.

Subscriber Akan Memperoleh Badge Khusus: badge ini berwarna ungu dengan ikon mahkota. Badge akan muncul di bagian samping komen saat live dan pada fitur pesan. Hal ini akan membuat kreator lebih mudah mengidentifkasi subscriber mereka.

Apakah Hanya Akun Verified yang Dapat Menikmati Fitur Instagram Subscription, Bagaimana dengan Kreator Menengah, Kiat Apa yang Dapat Dilakukan untuk Meraih Fitur Ini?

Sun Media Digital Marketing Agency Bali telah mengamati dari sejumlah kecil kreator yang dipilih Instagram untuk melakukan tes pada fitur Instagram subscription ini, dan kami melihat bahwasannya:

#1 Anda Tidak Harus Verified untuk Mendapatkan Kesempatan Menggunakan Fitur Instagram Subscription

 

Instagram Rilis SubscribeInstagram Rilis Subscribe

Beberapa akun kreator yang dipercaya dalam proses testing Instagram Subscription seperti @kelseylynncook, @elliottnorris, dan @donalleniii belum verified kok namun mereka sudah bisa menikmati fitur berlangganan ini. Dengan demikian, tentunya ada harapan bagi kreator kelas menengah untuk mendapatkan kesempatan yang sama.

#2 Meski Sekarang Anda Tidak Harus Membayar Royalti Kepada Instagram untuk Setiap Transaksi Subscription Ini, Namun Bukan Berarti Ini Akan Berlaku Selamanya

Berdasarkan pernyataan yang dimuat Instagram di business.instagram.com, kreator tidak dikenakan charge untuk transaksi dari fitur subscribe ini sampai paling awal 2023. Kebijakan ini juga berlaku untuk fitur subscription di Facebook. Dalam rentang waktu tersebut, Meta memberikan kesempatan bagi para kreator untuk beradaptasi dengan fitur baru subscribe Instagram. Kreator juga bisa menemukan cara terbaik berinteraksi dengan audiens dan meraih keuntungan disaat yang bersamaan.

Instagram Rilis Subscribe, untuk Content Creator

#3 Trend Content Creator Instagram Akan Semakin Berkembang dengan Niche yang Beragam

Dengan fitur nyata yang memberikan peluang bagi para pengguna Instagram untuk meraih penghasilan yang terprediksi dan terukur, fitur Instagram Subscription tentunya sangat menggiurkan dan membuat persepsi yang lebih positif terkait platform sosial tersebut. Para pengguna juga akan lebih berusaha untuk membuat konten unik yang lebih berkualitas. Hal ini dikarenakan mereka melihat kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih menjanjikan baik sebagai passive income dan bahkan kesempatan untuk hidup hanya dari penghasilan Instagram.

Related article: Jualan di Instagram Laris Manis Modal Niat dan Usaha

Bagaimana, Apakah Anda Bersedia Membayar untuk Konten dari Influencer Favorit Anda?

Fitur Instagram Subscription benar-benar disambut positif oleh warga net. Apakah Anda tertarik untuk berlangganan konten dengan influencer kesukaan Anda? Atau justru Anda akan menjadi salah satu dari influencer tersebut? Sun Media Digital Marketing Agency Bali penasaran nih bagaimana menurut Anda terkait fitur baru tersebut. Jangan lupa komen di bawah ya.