Berita, Digital Marketing, Marketing

Digital Marketing Specialist: Pengertian serta Jobdesknya

Digital marketing specialist adalah profesi yang bertugas untuk memantau bisnis dalam melakukan marketing campaign secara digital.

Digital marketing specialist bertanggung jawab untuk membantu mempertahankan brand, termasuk melakukan riset market serta menyusun strategi secara profesional.

Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu digital marketing specialist dan apa saja job desk serta skill yang dibutuhkan, yuk simak informasi lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa itu Digital Marketing Specialist?

Digital Marketing Specialist adalah sebuah profesi yang berkutat di bidang pemasaran secara digital. Peran digital marketing specialist sebagai membuat, merancang dan menyampaikan marketing campaign untuk mendukung ekspansi dan pertumbuhan layanan dan produk perusahaan.

Dalam perannya digital marketing specialist perlu mengetahui tentang product knowledge dan juga tujuan dari marketing yang akan dikerjakan.

Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti data dalam bentuk grafik, ads, media sosial, content, editing, copywriting dan masih banyak lagi.

Selain itu profesi ini perlu membuat konsep yang sesuai dengan prosedut perusahaan untuk menghasilkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena jika kamu membuat marketing campaign yang tidak relevan dengan bisnis kamu atau perusahaan, audiens kamu akan kurang tertarik dengan produk atau layanan kamu.

Apa Saja Tanggung Jawabnya?

Digital marketing specialist bertanggung jawab mendorong brand awareness dan leads generation melalui semua digital channel baik yang gratis maupun berbayar yang tersedia bagi perusahaan. Ini termasuk media sosial, situs web perusahaan sendiri, SEO, email marketing, digital ads dan blog perusahaan.

Selain itu juga berfokus pada Key Performance Indicator (KPI) untuk setiap channel sehingga mereka dapat mengukur kinerja perusahaan dengan benar.

Ruang Lingkup Pekerjaan

Dalam digital marketing utamanya memanfaatkan berbagai teknologi yang disediakan, dengan demikian akan lebih dapat menaikkan brand awareness juga penjualan pada produk atau jasa perusahaan tersebut. Beberapa pekerjaan yang masuk dalam lingkup profesi ini, yaitu :

  • Search engine Optimization atau SEO yakni menggunakan dengan sebaik mungkin search engine dalam marketing serta promosi mengingat ini akan membantu mendongkrak peluang jual beli dan membantu mengenalkan merek atau image branding.
  • Memasang iklan secara iklan karena berbagai iklan ke media sosial juga platform lain, misalkan Google, Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, dan lainnya.
  • Email marketing yang digunakan email blasting dalam menjalankan proses promosi.
  • Videotron adalah dengan memanfaatkan billboard atau papan reklame elektronik dalam menjajakan iklan.
  • Iklan di televisi juga radio guna Memasarkan produk lewat iklan di dua media.

Cakupan pekerjaan seorang profesi Digital Marketing Specialist diharuskan mampu menjalankan hal-hal di atas semuanya. Sebab, demi menyandang profesi tersebut banyak pembelajaran yang harus dijalankan dan diketahui, sehingga benar-benar mampu.

Mungkin kamu tertarik untuk membaca 6 Tips Foto Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Tugas Digital Marketing Specialist

Profesi ini mempunyai tugas yang perlu dijalankan, terutama dalam memaksimalkan pemasaran pada perusahaan, yaitu :

– Merencanakan serta melaksanakan berbagai pengembangan seluruh web yang berkaitan dengan perusahaan, email, SEO atau SEM, iklan online, juga media sosial.

– Mendesain, mengembangkan serta mempertahankan secara kontinuitas aktivitas di media sosial perusahaan.

– Mengukur serta melaporkan seluruh kinerja aktivitas pemasaran digital juga membandingkan dengan target (KPI juga ROI).

– Mengidentifikasi tren juga insights dengan mengoptimalkan seluruh aktivitas channel pada pemasaran online berdasarkan dengan data insights.

– Menjalankan brainstorming dengan berkala dalam menyusun strategi terbaru berkaitan dengan pemasaran secara online.

– Merencanakan, melaksanakan, hingga mengukur berbagai percobaan serta tes konversi.

– Menjalankan kolaborasi bersama tim dalam membuat halaman di web dan user experience.

Pekerjaan Digital Marketing Specialist

Untuk mencapai profesi ini bukanlah pencapaian yang mudah. Banyak sekali hal yang harus pahami dan pelajari. Belum lagi itu semua tidak hanya harus dipelajari, tetapi harus terus diasah. Proses trial & error sungguh terasa di dalam perjalanannya.

Juga, kamu akan diminta untuk memberikan masukan kepada para klien yang membutuhkan solusi tentang bagaimana promosi yang benar. Selain itu, untuk setiap klien pun, caranya berbeda-beda. Tidak semua klien memiliki treatment yang sama.

Ada yang harus mengoptimalkan SEO, ada yang harus lebih fokus untuk memasang iklan, dan ada yang sebaiknya mengombinasikan lima pekerjaan di atas agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kombinasi yang tepat bisa membuat klien kamu mendapatkan kenaikan dari segi brand awareness dan penjualan.

Maka dari itu, jika memang perusahaan kamu membutuhkan jasa Digital Marketing Specialist, maka kamu bisa menghubungi Sun Media. Sebagai agensi digital marketing, pengalaman kami di bidang ini bisa memberikan kamu solusi tepat dalam menaikkan penjualan serta membuat perusahaan kamu menjadi lebih terkenal. Hubungi kami segera untuk konsultasi lebih lanjut. Kami selalu siap menyediakan waktu untuk kamu.