6 Tips Foto Produk untuk Meningkatkan Penjualan
branding, Digital Marketing, Marketing, Social Media

6 Tips Foto Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Apakah Anda memiliki sebuah bisnis? Apakah Anda memasarkan produk Anda secara online? Misalkan melalui social media platform seperti: Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Jika jawabannya adalah iya, Anda sudah berada di tempat yang tepat! Artikel ini akan membahas berbagai tips foto produk yang dapat menarik perhatian target pasar Anda!

Dalam dunia bisnis online, foto produk merupakan salah satu faktor penting ketika Anda ingin memasarkan produk. Melalui foto produk, Anda bisa meningkatkan ketertarikan calon pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan. Selain itu dengan foto produk yang baik, akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Menurut data yang diperoleh dari Weebly, 75% konsumen online menyebutkan bahwa foto dari produk sangat mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli sebuah barang.

Foto produk memegang peranan yang penting dalam bisnis online saat ini. Oleh karena itu Sun Media Digital Marketing di Bali sudah menyiapkan beberapa tips foto produk yang bisa kamu gunakan untuk bisnis kamu. Simak tipsnya dibawah ini ya!

#1. Foto Produk Menggunakan Smartphone? Tidak Masalah!

Tips foto pertama yang Sun Media Digital Agency Bali berikan adalah gunakan smartphone untuk foto produk Anda. Jika Anda tidak memiliki kamera profesional, jangan ragu untuk menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dari produkmu. Karena saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki kualitas kamera yang baik.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan editing foto melalui aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dan dapat menarik perhatian calon pelanggan.

#2. Tips Foto Produk dengan Tripod

Untuk mendapatkan foto produk yang baik, ada baiknya untuk menggunakan tripod saat mengambil gambar. Penggunaan tripod disini akan membantu Anda untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan tidak blur. Selain itu, tripod juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang konsisten. Bila Anda memiliki banyak varian untuk 1 produk, Anda mungkin ingin memiliki hasil foto yang sama. Jika Anda hanya mengandalkan tangan saja, hasil foto akan memiliki perbedaan dan bisa mengurangi keindahan.

#3. Atur Background Foto Produk Anda

Untuk mendapatkan background foto yang menarik, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke studio foto. Anda bisa menghemat biaya dengan menciptakan studio mini Anda secara mandiri. Anda bisa menggunakan karton atau kertas HVS sebagai background foto.

Supaya hasil foto Anda maksimal, Anda bisa menggunakan karton atau kertas HVS berwarna putih atau cerah. Dengan menggunakan background berwarna cerah atau putih, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang detail. Selain itu hasil foto Anda akan memiliki kesan yang bersih dan cerah.

#4. Pencahayaan Merupakan Hal Penting dalam Tips Foto Produk Ini!

Pencahayaan merupakan faktor yang paling mempengaruhi hasil foto produk. Sebagus apapun konsep atau lokasi pengambilan foto, hasilnya tidak akan maksimal jika Anda tidak memperhatikan pencahayaan.

Ini sebabnya Anda harus benar-benar memperhatikan pencahayaan yang Anda gunakan. Jangan terlalu terang atau juga terlalu gelap. Anda bisa menggunakan sumber cahaya alami yaitu melalui cahaya matahari. Atau Anda juga bisa menggunakan sumber cahaya buatan seperti softbox, ring light, dan lain sebaginya.

#5. Perhatikan Sudut Pengambilan Gambar

Tips foto selanjutnya adalah memperhatikan sudut pengambilan gambar atau angle foto. Sudut pengambilan gambar juga mempengaruhi hasil foto yang Anda ambil. Angle foto ini harus disesuaikan juga dengan jenis produk yang ingin Anda ambil gambarnya. Misalkan untuk produk pakaian, Anda tidak harus selalu mengambil gambar dari depan, Anda bisa mengambil gambar dari samping. Contoh lainnya adalah produk makanan. Untuk produk makanan ada baiknya Anda mengambil sudut pengambilan gambar dari atas.

#6. Persiapkan Tema atau Konsep Foto

Tips foto terakhir yang Sun Media Digital Marketing Bali berikan adalah persiapkan tema atau konsep foto produk Anda. Untuk sebuah foto produk ada baiknya Anda mempersiapkan tema foto. Hal ini akan membuat hasil foto lebih menarik. Anda bisa menggunakan properti-properti tambahan yang disesuaikan juga dengan produk. Anda bisa menggunakan properti tambahan seperti biji kopi, bumbu dapur, jam tangan, dan lain sebagainya.

Performa iklan Anda semakin menurun? Audiens Anda bisa jadi mengalami ads fatigue. Hindari ads fatigue dengan 5 tips ini

Apakah Tips Foto Produk Ini Membantu Anda?

Demikianlah tips foto produk yang sudah Sun Media digital marketing Bali siapkan. Kami harap tips-tips diatas dapat membantu Anda untuk menghasilkan foto produk yang baik, dan Anda siap untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sun Media digital marketing Bali adalah digital marketing agency yang memiliki fokus pada Return of Investment (ROI). Kami memiliki berbagai jasa yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami melalui email [email protected] atau telp +628113862388.