Berita, blog

Apa Itu HTML — Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa itu HTML, HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, yaitu bahasa markup standar untuk menyusun halaman dan aplikasi web. 

Apa itu HTML, Biasanya, penggunaan HTML adalah untuk menyusun paragraf heading, maupun link pada halaman web. Walau susunannya seperti coding, perlu kamu ketahui HTML bukanlah bahasa pemrograman. 

HTML tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman karena tidak memberikan fungsi yang dinamis. Bahasa markup ini dianggap sebagai standar web resmi.  

Nah, di artikel ini, selain membahas tentang apa itu HTML, kami juga akan membahas pengertian, cara kerja HTML, dan lain sebagainya.

Apa itu HTML?

Apa itu HTML, Hypertext Markup Language atau bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman website dan aplikasi web. 

Apa itu HTML, HTML merupakan kombinasi teks dan simbol yang disimpan dalam sebuah file. Untuk membuat file HTML, ada standar atau yang harus diikuti. Standar atau format tersebut telah tertuang dalam kode internasional atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange)

Sejarah HTML dimulai oleh Tim Berners-Lee, ahli fisika di lembaga penelitian CERN yang berada di Swiss. Versi pertama dirilis pada tahun 1991, dengan 18 tag. Sejak itu setiap ada versi baru, pasti akan selalu ada tag dan attribute (tag modifier) yang juga baru.

Cara Keja HTML

File HTML diakhiri dengan ekstensi. Ekstensi file ini bisa dilihat dengan menggunakan web browser apapun. Web Browser tersebut membaca file HTML dan render konten sehingga user bisa melihat dan membaca. 

Rata-rata web browser menyertakan HTML yang berbeda-beda pada halamannya. 

Halaman tersebut mempunyai serangkaian tags (bisa disebut elements), yang tersusun untuk membbentuk halaman website. Tag tersebut menyusun konten hingga menjadi paragraf, heading dan block konten lainnya.

Mungkin kamu tertarik untuk membaca: Panduan Mudah untuk Audit Website Anda

Pengertian Tag HTML dan Fungsinya

Tag HTML mempunyai dua tipe utama, yaitu: Block-Level dan Inline Tags. 

  1. Block-Level, memakai semua space yang tersedia dan membuat line baru di dalam dokumen. Contoh dari block-level adalah heading dan paragraf. 
  2. Inline, memakai space sesuai dengan kebutuhan dan tidak membuat line baru di halaman. Elemen ini biasanya akan memformat isi konten dari block-level. Contoh dari inline adalah link dan emphasized strings. 

Perbedaan HTML dengan HTML5

Apa itu HTML? HTML4 atau yang disebut HTML diliris pada tahun 1999 dan versi terbaru diliris pada tahun 2014. 

Lalu apa itu HTML5? HTML5 merupakan versi terbaru. Versi terbaru ini menambahkan lebih banyak fitur baru ke bahasa mark up. 

Salah satu fitur canggih di HTML5 dengan adanya dukungan untuk embed audio dan video. Jadi bisa menyematkan file video dan audio ke halaman website dengan memanfaatkan tag. 

HTML5 juga memperkenalkan perbaikan pada semantic. Tag semantic mengirimkan informasi pada browser tentang konten yang tak hanya bermanfaat bagi pembaca, tapi juga mesin pencari. 

Kelebihan dan Kekurangan HTML 

Seperti hal teknis lainnya di dunia web, bahasa markup punya kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan:

– Bisa digunakan secara luas dan punya banyak sumber serta komunitas yang besar. 

– Dijalankan secara alami di setiap web browser. 

– Open-source dan sepenuhnya gratis. 

– Rapi dan konsisten.

– Jadi standar resmi web dan dikelola oleh W3C. 

– Integrasi jadi mudah dengan menggunakan bahasa backend, seperti PHP dan Node.js.

Kekurangan:

– Hanya bisa digunakan untuk halaman web statis. Jika fitur dinamis, bisa gunakan JavaScript atau bahasa backend. 

– Tidak bisa menjalankan logic. Halaman web dibuat terpisah walaupun menggunakan elemen yang sama. 

– Fitur baru tidak bisa secara langsung di sebagian web browser. 

– Perilaku browser terkadang sulit diprediksi.

Hubungan HTML, CSS, dan JavaScript

Meski dinyatakan sebagai bahasa markup yang canggih dan mudah, HTML tidak bisa membuat website secara profesional dan responsif. 

Bahasa ini bisa digunakan hanya untuk menambah elemen dan membuat struktur konten. 

Di satu sisi, bahasa ini bisa bekerja maksimal dengan dua bahasa frontend: CSS (Cascading Style Sheets) dan Java Script. 

Jika digabungkan, maka ini bisa meningkatkan pengalaman dan memberikan fungsi lebih canggih. 

Semoga artikel yang kami buat dapat membantu kamu dalam mengetahui apa itu HTML. Dapatkan artikel bermanfaat serta lainnya yang terkait website dari Sun Media Digital Marketing. 

Jika kamu memiliki masalah terkait website, kamu dapat menghubungi Sun Media sebagai solusi terbaik dari permasalahan kamu. Hubungi melalui [email protected] atau hubungi melalui +628113862388.