Strategi pemasaran produk makanan
Digital Marketing, Marketing

Begini Strategi Pemasaran Produk Makanan Dijamin Sukses

Bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak lekang oleh waktu, sehingga penjual harus mengetahui strategi pemasaran produk makanan agar laris. Karena bisnis ini sangat menguntungkan tetapi juga banyak pesaing.

Terlebih bila makanan tersebut adalah produk yang banyak dijual di pasaran. Sehingga kita harus pandai mencari strategi agar produk makanan yang dijual memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Maka dari itu, harus pandai mencari referensi terkait agar produk kita bisa masuk ke pasaran dan lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Ternyata semua itu ada strateginya, berikut ini penjelasannya.

Strategi pemasaran produk makanan

Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Harus Dicoba

Bisnis makanan memang kompetitif. Sehingga harus pandai berinovasi dan menangkap peluang baru, agar bisa bertahan di pasaran.

Terlebih bila banyak orang yang meniru produk makanan yang kita hasilkan. Hal ini membuat persaingan semakin ketat. Namun, kelebihan bisnis makanan adalah setiap penjual akan selalu untung walaupun banyak pesaing.

Hal tersebut dikarenakan bisnis makanan merupakan salah satu produk kebutuhan primer. Sehingga setiap orang pasti membelinya. Namun, perlu strategi khusus agar tetap bisa bertahan di pasaran, berikut ini beberapa strateginya:

1. Buatlah Inovasi Produk agar Tidak Membosankan

Apabila produk yang kita jual, memiliki banyak kompetitor, sebaiknya kita harus sedikit berkreasi agar terlihat lebih unggul dan berbeda dengan produk sejenis.

Selain itu, strategi ini bertujuan agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja dan mudah didapatkan. Konsumen pasti memilih produk sejenis tetapi inovatif dan unik.

Hal ini juga bertujuan agar tidak tergerus dengan waktu. Karena produk makanan merupakan produk yang cepat habis, banyak dibutuhkan, dan tidak mengenal musim.

Penting juga harus dicatat, terlalu banyak produk sejenis di pasar, akan membuat konsumen bosan. Sehingga harus menciptakan inovasi produk.

2. Prioritaskan Kebutuhan Konsumen dengan Meningkatkan Kualitasnya

Penjual produk makanan harus memprioritaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Misalnya ada yang ingin rasa pedas, atau manis. Penjual harus pandai-pandai memilah konsumen dan memahami keinginannya.

Terus tingkatkan kualitas makanan. Agar konsumen tidak kecewa dengan produk makanan kita. Kamu juga harus pandai memilah mana makanan basah dan kering. Karena makanan basah lebih mudah basi.

Dengan menjaga kualitas makanan, maka konsumen akan merasa puas karena citarasa yang terjaga. Sehingga konsumen akan melakukan pembelian berulang.

Baca artikel yang serupa Startegi Pemasaran Ini Bisa Bikin Bisnis UMKM Go International

3. Buat Promosi Menarik dan Bentuk Tim Penjualan

Setiap penjualan membutuhkan promosi. Agar produk yang dijual menarik perhatian konsumen. Serta konsumen akan mengetahui produk tersebut dari promosi yang dilakukan.

Semakin konsumen mendengar promosi, semakin sering melihat produk tersebut dipromosikan, akan membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Maka dari itu, buatlah promosi menarik.

Setelah promosi berhasil dan kamu yakin bahwa produk makanan kamu akan diterima oleh calon konsumen. Kamu harus membentuk tim penjualan. Bentuk tim penjualan di setiap daerah. Agar produk kamu bisa memenuhi kebutuhan pasar di wilayah tertentu.

4. Buatlah Kerjasama dengan Influencer

Strategi selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah bekerjasama dengan influencer. Ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Terlebih untuk makanan kering, seperti keripik dan sebagainya. Karena hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahuinya. Selain itu, makanan kering cenderung awet, jika dikirim ke seluruh Indonesia.

Temukan selebgram yang biasa mengulas makanan di Instagram. Agar banyak pengikut selebgram tersebut membeli produk yang kamu produksi.

5. Pilih Kemasan Produk Unik, dan Menarik

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu menggunakan kemasan unik dan menarik. Kemasan unik bisa membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk mencobanya.

Terlebih produk tersebut memiliki banyak kompetitor. Sehingga akan kesulitan mendapatkan konsumen. Sebagai strategi untuk memenangkan kompetisi bisnis ini, dengan menggunakan kemasan berbeda dari biasanya.

Kemasan unik serta sedikit sentuhan inovatif pada produk yang dijual, mampu meningkatkan penjualan produk makanan secara signifikan. Terlebih bila harganya murah.

Baca artikel yang serupa Brand Viral Dengan Strategi Branding Unique Selling Point

6. Membuat Web dan Akun Sosial Media

Saat ingin memberitahukan produk kamu ke banyak orang, kamu sebaiknya menggunakan web khusus untuk menjual produk makanan kamu. Karena web menjangkau lebih banyak orang.

Namun, web saja tidak cukup. Karena web menjadi sebuah alat untuk memberikan informasi kepada calon konsumen. Kamu tetap membutuhkan sosial media untuk menggiring calon konsumen melihat produk di web.

Cara tersebut bisa menggiring banyak orang untuk mengenali produk kamu. Sehingga penjualan bisa meningkat. Terlebih bila menggunakan jasa influencer untuk menarik banyak konsumen ke web kamu.

7. Bekerjasama dengan Ojek Online

Mudahnya memesan makanan pada saat ini, langsung diantar ke rumah dengan kualitas terjaga. Kamu juga sebaiknya bekerjasama dengan layanan angkutan Online. Agar bisa menjadi media untuk mengantarkan produk makanan hingga ke tangan konsumen.

Kualitas makanan akan tetap terjaga bila makanan diantar menggunakan Ojek Online. Namun, biaya kirimnya memang sedikit mahal. Akan tetapi ongkos kirim ditanggung oleh konsumen. Bahkan kamu juga akan mendapatkan kredibilitas tinggi bila produk yang dijual dapat ditemukan di aplikasi ojol.

Selain itu, kamu bisa memilih layanan ini untuk menjual produk makanan ke sekitar wilayah tempat tinggal kamu. Terutama untuk jenis makanan basah. Agar kualitas terjaga serta tidak perlu membuka toko.

Tingkatkan Strategi Pemasaran Produk Makanan Kamu Sekarang dengan Sun Media!

Dengan menggabungkan strategi pemasaran konvensional dan pendekatan digital yang inovatif, kamu dapat menciptakan campuran pemasaran yang kuat dan efektif. Untuk membantu kamu meningkatkan strategi pemasaran produk makananmu, Sun Media siap memberikan dukungan dalam hal pemasaran digital. Dengan tim ahli yang memiliki pengalaman luas dalam industri ini, kami dapat membantu kamu merancang dan melaksanakan kampanye pemasaran yang efektif dan terukur. Dari pengelolaan media sosial hingga periklanan online, Sun Media memiliki semua yang kamu butuhkan untuk sukses dalam pemasaran digital.