branding, branding, Marketing

Brand Viral dengan Strategi Branding Unique Selling Point

Menemukan USP (Unique Selling Point) produk bisnis Anda dapat menunjang kinerja strategi branding yang lebih baik

Mengapa harus membeli produk Anda?
Apa yang membedakan Anda dari sekian kompetitor diluar sana?

Integrasi USP dalam Strategi Branding Membuat Produk Suatu Bisnis Jadi Lebih Unggul

Pertanyaan-pertanyaan diatas sekiranya dapat menjadi acuan suatu bisnis untuk melakukan inovasi terhadap produk mereka. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan USP. USP atau singkatan dari Unique Selling Point atau Unique Selling Proposition merupakan hal-hal unik apa yang menjadi pembeda suatu produk bisnis dari kompetitornya yang sejenis. Tentunya sebagai calon konsumen yang dihadapkan dengan berbagai pilihan brand dengan produk sejenis, sudah suatu hal yang alami bagi mereka untuk memilih produk yang lebih menguntungkan bukan? Bisa dikatakan USP adalah pendorong mengapa konsumen mau mengeluarkan sejumlah uang untuk memilih suatu produk.

Memiliki USP sangat penting bagi suatu bisnis apalagi melihat kompetisi yang semakin ketat bukan hanya lokal namun melibatkan dunia global. Kemajuan teknologi memecahkan tembok pembatas antar Negara sehingga berdampak pula pada akses belanja calon konsumen yang kini dapat menjangkau pasaran luar yang tidak terbatas. Dengan demikian, tanpa USP calon pelanggan Anda akan gampang beralih ke kompetitor Anda yang mereka anggap lebih menjanjikan.

USP Sun Media Digital Agency memperlihatkan jasa kami yang mencakup klaim bagaimana meningkatkan bisnis Anda untuk menjadi yang teratas dengan membantu mencapai target audiens melalui strategi digital marketing yang profesional

USP Bukan Hanya Sekedar Slogan dan Bukan Fitur Produk Anda

USP adalah bagaimana memposisikan brand Anda di mata dunia yang tertuju pada apa yang audiens pedulikan dan pesaing Anda lewatkan. USP menyampaikan sebuah pesan yang terpusat pada apa yang target audiens butuhkan. Singkatnya USP adalah sebuah pernyataan kuat yang mewakili pembeda brand Anda dengan kompetitor lainnya. Perlu diingat bahwa USP bukanlah fitur-fitur pada produk Anda maupun promo atau diskon.

USP Fit On merepresentasikan diri mereka sebagai suatu app olahraga yang praktis. Dengan klaim sedemikian rupa, mereka berusaha menekankan bahwa olahraga kini dapat Anda lakukan kapanpun dan dimanapun hanya berbekal aplikasi mereka.

Bagaimana Merancang USP untuk Strategi Branding Anda?

Menyimak hal diatas, Anda telah memiliki gambaran betapa berharganya selling value suatu produk agar dapat bertahan di industri bisnis di era globalisasi ini. Kini Sun Media akan membagikan tips yang mudah untuk menyusun strategi branding dengan mengidentifikasi USP produk bisnis yang sedang Anda jalankan.

Mengenal Apa yang Diinginkan Audiens

Lakukan analisis pasar untuk memahami siapa target audiens. Setelahnya, identifikasi buyer persona untuk mengenali masalah dan tujuan yang ingin dicapai audiens. Kebutuhan apa yang berhasil diwujudkan melalui solusi produk Anda dan mengomunikasikan keuntungan bagi audiens yang membeli produk tersebut. Buat list yang spesifik berisikan berbagai pembeda dari produk yang Anda jual. Selain mengandalkan visualisasi Anda, data dapat berasal dari survey baik secara langsung maupun berupa formulir yang diisi pelanggan Anda.

Baca juga: Tips Digital Marketing Untuk Promosi Brand Yang Lebih Profit

Riset Persaingan Bisnis Anda

Siapa para pesaing Anda dan apa USP mereka? Sudahkah mereka membuktikan keberhasilan klaim mereka? Cari celah dimana Anda bisa melihat potensi untuk mengisi gap tersebut dengan mengenalkan produk brand milik Anda secara berbeda. Penting juga untuk bisnis Anda menvalidasi hasil pengamatan Anda sehingga penilaian menjadi lebih objektif. Caranya bisa dengan melihat review yang ditinggalkan pelanggan baik di gerai online mereka dan akun Google My Business.

Berkaca dari Kelemahan Kompetitor dan Prediksi Trend 5 Tahun Kedepan

Agar USP dapat berjalan maksimal, menjadikan kelemahan pesaing Anda suatu kekuatan merupakan strategi branding yang paling lihai untuk menjadi yang teratas di pasar Anda. Lihat apakah pesaing Anda sudah menjawab kekhawatiran audiens mereka. Selain itu Anda juga dapat mulai memprediksi trend 5 tahun kedepannya dan mengadaptasikannya dengan pengembangan produk yang lebih baik.

Kumpulkan Data Anda

Dari semua informasi yang Anda dapatkan, saatnya untuk mempelajari dan memilah poin yang mana Anda bisa highlight. Bandingkan sisi unik USP Anda apakah sudah menyentuh pain points yang masih belum terpecahkan oleh produk saingan. Hasil akhir yang kita inginkan adalah agar saat konsumen membeli produk Anda, terdapat unsur kepuasan yang mereka cari akhirnya terpenuhi dengan produk tersebut.

 Yuk Gali USP Bisnis Kamu Lebih Mendalam!

Jangan lupa mengaplikasikan ilmu ini ya untuk menemukan USP bisnis Anda. Jangan lewatkan post-post edukatif dari Sun Media dengan mengikuti kami di Instagram melalui @sunmedia.co.id. Apakah Anda tertarik untuk mengedepankan dan memperluas pasaran Anda melalui strategi branding yang handal dengan taktik digital marketing yang terbukti? Sun Media Digital Agency adalah pilihan terbaik untuk servis digital marketing terbaik di Bali. Segala konsultasi dengan kami di +628113862388 atau email kami melalui [email protected].

 

 

Related Posts