Manfaat google analytics
Digital Marketing, Marketing

Manfaat Google Analytics Untuk Mengembangkan Bisnis

Pentingnya mengetahui manfaat Google Analytics agar mengetahui kinerja web dan juga optimasi penjualan. Sehingga bisnis semakin berkembang karena kita bisa menyusun strategi penjualan berdasarkan data tersebut.

Tidak bisa dipungkiri, penjualan merupakan ujung tombak bisnis. Sehingga banyak pebisnis memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan web bisnis.

Namun, tidak cukup hanya mengetahui data saja. Kita juga harus mengetahui teknik SEO tepat sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan saat ini. Selain itu, kita perlu menganalisa web bisnis agar mengetahui performanya.

Manfaat google analytics

Manfaat Google Analytics yang Perlu Kamu Tahu

Web bisnis menjadi sarana promosi di dunia Online, agar penjualan meningkat. Maka dari itu, setiap pemilik web tersebut harus menganalisisnya untuk mengetahui jumlah pengunjung harian ke web tersebut.

Hal ini penting dilakukan agar bisa mengevaluasi perkembangan bisnisnya. Misalnya, mengetahui jumlah trafik.  Sehingga bisa menyusun strategi dan rencana bisnis yang tepat.

Namun, semua itu tidak bisa dilakukan secara manual. Dibutuhkan tool khusus untuk menganalisa perkembangan web bisnis. Salah satunya dengan menggunakan  Google Analitis. Keberadaannya memberikan banyak manfaat untuk bisnis, sebagai berikut:

1. Memahami Perilaku, Lokasi dan Jumlah Pengunjung

Manfaat pertama yang harus diketahui dari Google Analytics ini yaitu mengetahui jumlah pengunjung web. Dengan mengetahui jumlah tersebut, pebisnis akan mengetahui efektifitas promosi yang dilakukan.

Hal yang lebih penting lainnya yaitu pebisnis bisa mengetahui perilaku pengunjung. Agar mengetahui passion pengunjung. Sehingga kita akan mengetahui fitur apa yang harus tersedia di laman web bisnis tersebut agar bisa memfasilitasi pengunjung.

Selain itu, mengetahui lokasi pengunjung itu sangat penting. Tujuannya agar bisa  memetakan lokasi pemasaran dan menetapkan target pasar. Sehingga promosi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan calon konsumen.

2. Pemantauan Konten

Dalam bisnis digital, membuat konten untuk web ini sangat penting. Agar bisa menarik lebih banyak pengunjung. Maka dari itu, pebisnis tidak boleh melewatkan pemantauan konten. Agar mengetahui konten mana saja yang sesuai dengan selera pengunjung.

Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan secara manual. Untungnya, Google Analytics bisa melakukannya. Sehingga bisa diketahui seberapa efektif konten yang dibuat. Pastikan sesuai dengan Algoritma Google.

Pemantauan konten ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengetahui perilaku kompetitor dan pergerakan bisnisnya. Apakah konten kompetitor lebih menarik dibandingkan konten kita. Dari sinilah Google analytics akan bekerja.

3.  Mengenali Konten Terpopuler

Pengunjung akan tertarik pada web yang menyediakan konten menarik. Terlebih bila konten tersebut viral. Sehingga bisa menarik lebih banyak pengunjung.

Setelah mengetahui konten paling populer pada saat itu, kita juga bisa mencoba membuat konten yang sama. Asalkan tidak menjiplak.

Sepopuler apapun konten milik orang lain, jangan sampai kita menjiplaknya. Karena apapun bentuknya, kecurangan menjiplak hak cipta orang lain merupakan sebuah kesalahan besar.

Baca artikel yang serupa Cari Tahu Apa Itu Analisa SWOT Dalam Dunia Bisnis Digital 

4. Mengetahui Prime Time

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari Google Analytics ini dengan mengetahui prime time. Prime time merupakan waktu terbaik untuk unggah konten. Agar banyak pengunjung melihat web kita.

Hal ini sangat penting untuk meningkatkan jumlah trafik karena kita mengetahui jam berapa saja, banyak pengunjung mendatangi web kita. Sehingga konten yang dibuat diketahui oleh banyak pengunjung.

Maka dari itu, pentingnya mengenali prime time. Sebelumnya, pastikan pengunjung adalah target pasar kita. Apabila target kita adalah pekerja kantoran, maka pilihlah waktu terbaik untuk unggah konten saat sebelum berangkat dan pulang kantor.

5.    Mengetahui Kata Kunci Tepat

Kata kunci yang tepat bisa digunakan untuk meningkatkan trafik. Karena Google akan bekerja sesuai dengan algoritmanya. Sehingga bisa diketahui kata kunci mana saja yang banyak dicari oleh pengunjung hingga sampai ke web kita.

Google analytics akan menganalisa kata kunci yang banyak dicari dan relate dengan web bisnis kita. Dengan demikian, lebih banyak menarik pengunjung, sehingga promosi meningkat.

Tidak sedikit web bermasalah dan berada di urutan terbawah mesin pencari Google. Hal ini terjadi karena salah menempatkan kata kunci. Sehingga jarang dikunjungi oleh pengunjung.

Baca artikel yang serupa 12 Manfaat Blog untuk Bisnis Digital Kamu!

6. Pemantauan Iklan Lebih Mudah

Google Analytics bermanfaat untuk memantau iklan. Beberapa web akan memasang iklan untuk meningkatkan penghasilan dan bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung web.

Namun, beberapa pengunjung web seringkali merasa terganggu dengan keberadaan iklan tersebut karena konten jadi tidak terbaca. Sehingga banyak yang menghapusnya. Google analytics bisa menganalisa perkembangan iklan tersebut.

Karena harga pemasangan iklan harus sesuai dengan jumlah pengunjung. Agar penggunaan biaya lebih efektif dan efisien untuk pemasangan iklan. Banyak juga pemilik web yang memasang iklan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari web.

Tingkatkan Google Analytics Bisnis Kamu Sekarang dengan Sun Media!

Di Sun Media, kami mengerti betapa pentingnya pemanfaatan Google Analytics dalam mengembangkan bisnismu. Kami memiliki tim ahli yang siap membantu kamu mengoptimalkan penggunaan alat ini untuk mencapai tujuan bisnismu. Dengan bantuan kami, kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang audiensmu, meningkatkan tingkat konversi, dan mengoptimalkan strategi pemasaranmu.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Sun Media hari ini dan mulailah perjalananmu untuk meningkatkan bisnismu dengan Google Analytics!