Manfaat dan Strategi Word of Mouth untuk Brand Anda
branding, Lifestyle, Marketing

Manfaat dan Strategi Word of Mouth untuk Brand Anda

Pernahkah Anda mendapatkan rekomendasi sebuah produk dari teman Anda? Atau mungkin justru Anda yang memberikan rekomendasi tersebut ke teman Anda? Jika pernah melakukannya, berarti Anda sudah melakukan pemasaran word of mouth.

Ketika kita membeli sebuah produk dan merasa puas akan produk tersebut, biasanya kita akan menceritakannya kepada orang lain. Kita ingin orang lain mengetahui produk tersebut dan ikut merasakan manfaatnya. Ketika Anda menceritakan atau bahkan merekomendasikan suatu produk ke orang lain, secara tidak sadar Anda sedang melakukan pemasaran berupa word of mouth.

Word of mouth sendiri merupakan sebuah bentuk pemasaran sebuah produk yang dilakukan oleh konsumen kepada orang-orang disekitarnya. Word of mouth ini dianggap sebagai bentuk pemasaran yang efektif. Berdasarkan data dari Nielsen, sebanyak 83% responden menyatakan bahwa mereka lebih percaya rekomendasi orang terdekat dibandingkan dengan iklan yang ada di media.

Berdasarkan penjelasan singkat diatas, Sun Media akan memberi tahu Anda apa saja manfaat dari word of mouth bagi brand Anda. Selain itu Sun Media juga akan memberikan beberapa tips strategi word of mouth untuk meningkatkan penjualan Anda. Simak penjelasannya dibawah ini!

Manfaat Strategi Word of Mouth Bagi Sebuah Brand

Setelah memahami penjelasan diatas, saatnya kita masuk kebagian manfaat strategi word of mouth bagi brand Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

#1. Strategi Word of Mouth Membantu Memperkenalkan Brand

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari strategi word of mouth adalah memperkenalkan brand kepada calon konsumen. Ketika seseorang merasa puas terhadap produk Anda, mereka akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Ketika orang tersebut mencoba produk Anda dan merasa puas, mereka akan melakukan hal yang sama. Ketika hal ini berlangsung secara terus-menerus, maka brand Anda akan menjadi perbincangan viral di antara konsumen. Akhirnya akan ada lebih banyak orang yang mengenali brand Anda. Ini juga menjadi suatu pertimbangan untuk selalu memperhatikan kualitas produk yang Anda miliki.

Visual memiliki peranan penting dalam kegiatan pemasaran, semakin eye-catching tampilan produk atau jasa saat Anda iklankan, audiens pun juga akan tertarik untuk membelinya. Simak lebih lanjut tentang tips foto produk profesional untuk meningkatkan penjualan.

#2. Meningkatkan Kepercayan Konsumen

Manfaat kedua yang bisa Anda dapatkan dari strategi word of mouth adalah meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand yang Anda miliki. Manfaat yang satu ini masih berhubungan dengan manfaat pertama dari word of mouth yaitu memperkenalkan brand pada calon konsumen. Ketika sudah banyak orang yang mengenal brand Anda dan merasa puas terhadap produk, maka secara tidak langsung para konsumen akan memiliki kepercayaan pada brand Anda.

#3. Menghemat Biaya Pemasaran dengan Strategi Word of Mouth

Strategi word of mouth memberikan banyak manfaat yang sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan. Karena sebenarnya dengan word of mouth ini sebuah perusahaan sudah mendapatkan promosi secara gratis. Oleh karena itu perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa “cara kerja” dari marketing word of mouth adalah mengandalkan pengalaman dari orang yang merasa puas oleh produk dari sebuah brand.  Karena hal ini lah marketing word of mouth tidak memerlukan biaya yang banyak. Namun jika Anda ingin marketing word of mouth ini berjalan lancar, tentu saja Anda harus memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen Anda.

Strategi Word of Mouth untuk Meningkatkan Penjualan

Agar strategi word of mouth dapat berjalan secara efektif, Anda harus menyusun rencana agar konsumen memiliki pengalaman yang baik bersama brand atau produk Anda. Berikut ini Sun Media sudah menyiapkan beberapa strategi word of mouth yang bisa Anda terapkan pada brand Anda.

#1. Buat brand Anda Sulit Dilupakan

Pikirkan pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah Anda memiliki brand favorite yang sulit untuk dilupakan? Lalu, kenapa Anda menyukai brand tersebut sampai sulit untuk melupakannya?

Hal ini lah yang bisa menjadi dasar bagi Anda untuk membangun brand Anda sendiri. Untuk menciptakan brand yang sulit dilupakan atau memorable bagi konsumen, Anda bisa memulainya dari membuat visual yang unik. Misalkan dengan membuat logo yang unik dan juga membuat konten sosial media yang menarik. Selanjutnya Anda juga bisa menciptakan slogan atau tagline yang mudah diingat oleh konsumen. Langkah yang terakhir dan paling penting adalah, Anda harus membuat produk dengan serius. Produk Anda harus memiliki kualitas yang baik agar konsumen merasa terkesan dengan produk Anda dan sulit untuk melupakannya. Pada akhirnya ketika konsumen merasa puas akan produk Anda, mereka tidak akan ragu untuk merekomendasikannya kepada orang terdekat.

#2. Berikan Kesempatan Konsumen untuk Memberikan Testimoni

Jika bisnis masih berada pada tahap awal, ada baiknya Anda meminta feedback dari konsumen. Jika konsumen memberikan feedback yang baik Anda bisa menggunakannya sebagai bahan promosi dari brand atau produk Anda. Namun sebaliknya jika feedback yang diberikan buruk, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki brand atau produk Anda. Semakin banyak feedback yang baik dari konsumen, maka akan semakin bagus pula untuk perkembangan brand Anda.

#3. Kombinasikan dengan Key Opinion Leader (KOL)

Berdasarkan Redcomm, Key Opinion Leader (KOL) adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian tertentu yang dimana pendapatnya akan didengarkan dengan baik oleh masyarakat. Anda bisa menggunakan KOL sebagai salah satu strategi word of mouth dari brand Anda. Contohnya adalah Anda bisa menyewa jasa seorang public figure untuk mempromosikan brand atau produk Anda.

#4. Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Strategi terakhir yang bisa Anda terapkan adalah menjaga hubungan yang baik dengan konsumen. Hal ini diperlukan agar konsumen tetap memiliki kepercayaan pada brand Anda. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk membangun hubungan dengan konsumen adalah melakukan interaksi dengan konsumen, misalnya melalui media sosial. Interaksi dengan konsumen melalui media sosial dapat meningkatkan engagement. Konsumen pun dapat merasa lebih dekat dengan Anda.

Siap Untuk Menjadi Brand yang Dikenal Banyak Orang?

Semoga setelah membaca pejelasan diatas, Anda menjadi lebih terbantu untuk menjadi penjual yang lebih baik dengan tentunya membuat kualitas produk atau jasa yang lebih baik. Karena word of mouth sendiri sangat bergantung pada pengalaman nyata konsumen saat menggunakan produk atau jasa brand Anda. Sun Media Digital Marketing Agency di Bali berharap penjelasan diatas dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Selain strategi word of mouth, tahukah Anda bahwa mengunakan jasa digital marketing dapat membantu meningkatkan penjualan Anda? Penasaran dengan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda? Hubungi kami melalui email [email protected] atau telp +628113862388.