Digital Marketing

4 Manfaat dan Arti Endorse untuk Bisnis Kamu!

Tahu gak sih, arti endorse bagi para pebisnis digital adalah sebagai media untuk melakukan promosi berbagai produk. 

Tentunya, arti endorse bagi mereka membawa manfaat tersendiri karena promosi menggunakan social media lebih efektif untuk meningkatkan penjualan lho! 

Tak heran para pebisnis memanfaatkan akun social media para artis yang punya jutaan followers sebagai media promosi atau biasa disebut endorsement atau endorse. 

Lalu, apa sih arti endorse? dan apa saja manfaatnya? Simak artikel ini sampai habis agar kamu tahu jawabannya!

Apa Arti Endorse?

Sebelum memahami manfaat endorse kamu harus memahami lebih dulu arti endorse. 

Arti endorse adalah iklan atau promosi yang dilakukan atau dipromosikan oleh artis yang punya pengakuan, kepercayaan dan sebagainya dari banyak orang. 

Selain itu, arti endorse didefinisikan sebagai pernyataan publik yang terkenal bahwa orang itu menggunakan atau menyukai produk tersebut. 

Arti endorse juga dinilai mampu mempengaruhi pembeli dengan baik makanya endorse bisa mempengaruhi banyak orang dari iklan biasa. 

Lalu, arti endorse bisa sebagai teknik marketing yang mana memberikan nama merek lebih besar dari iklan biasa.

4 Manfaat Endorsement

Setelah kamu memahami arti endorse selanjutnya kamu perlu tahu 3 manfaat endorse untuk membangun produk kamu agar lebih dikenal oleh masyarakat. 

Lalu apa saja manfaatnya:

Membangun Awareness

Manfaat yang pertama, yaitu membangun awareness. Dengan endorsement produk yang kamu tawarkan akan dilihat, dikenal, dan dicari banyak orang! 

Setelah kamu dapat awareness, kamu bisa menjalankan startegi marekting berikutnya. 

Membangun Kredibilitas

Manfaat yang kedua, membangun kredibilatas. Dengan endorse makin banyak orang yang percaya dan memandang artis yang mempromosikan produk kamu. 

Sang artis bisa menunjukkan kelebihan produk yang kamu tawarkan dan membangun kepercayaan dengan brand serta pembeli. 

Brand Akan Lebih Dikenal

Bisanya artis akan mempromosikan produk kamu dengan membandingkan dengan pesaing, jadi pembeli akan mudah mengingat kelebihan produk kamu. 

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Melalui endorse, kesempatan untuk menjangkau pasar yang luas akan terbuka dan Brand kamu bisa memilih artis yang diinginkan, terutama yang punya banyak followers. 

Menjadi Pilihan yang Terjangkau

Manfaat endorse selanjutnya, yaitu menjadi pilihan yang terjangkau mengiklankan produk kamu. 

Karena endorse bisa dilakukan dengan budget seadanya dan bisa gratis!

Jenis Endorsement

Endorsement Berbayar 

Jenis endorse ini biasanya dipakai oleh marketing. Dalam endorse berbayar kamu harus menyiapkan budget dan kontrak eksklusif yang terlibat. 

Kontrak ini melibatkan beberapa batasan dan pedoman yang diikuti oleh artis. 

Endorsement Tidak Berbayar

Jenis endorse ini dimana artis memakai produk yang kamu karena mereka menyukainya.

Dan Brand kamu bisa mengirimkan sampel gratis ke artis tersebut untuk dicoba dan mereka akan memberika review di social media tentang brand kamu. 

Baca artikel lainnya Ingin Engagement Rate Naik? Simak 5 Tips Ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Public Figure untuk Endorse

Agar budget yang kamu kelurkan untuk endorse gak sia-sia, ada hal yang kamu perhatikan saat memilih artis untuk endorse, yaitu: 

Jumlah Followers

Followers banyak bukan berarti tepat sasaran lho. Kamu harus tepat dalam melihat jumlah followers artis yang dipilih, karena followers sedikit bisa aja punya harga yang lebih mahal dengan penjualan yang besar dan menjanjikan. 

Engagement Rate

Engagement rate yang besar dari akun artis maka tinggi pula nilai yang ditawarkan. 

Angka ini menjadi bukti bahwa followers yang dimiliki oleh akun artis tersebut asli atau palsu dan juga bisa memberikan kamu data berapa banyak sebuah post yang dilihat. 

Persona 

Persona yang ditampilkan oleh artis yang kamu pilih harus diperhatikan juga. 

Akan lebih baik kamu pilih sosok yang identik dengan produk yang kamu tawarkan atau yang dipakai oleh artis dengan begitu produk kamu akan tepat sasaran. 

Budget

Budget jadi hal yang gak kalah penting. Kamu harus memilih artis yang sesuai dengan budget yang ada dan selanjutnya kamu tingkatkan budget dan pilih artis yang punya banyak followers agar produk kamu bisa dikenal oleh pembeli.

Nah, itu tadi 4 manfaat dan arti endorse yang perlu kamu tahu dan pahami untuk bisnis kamu. 

Dengan menggunakan endorse bisnis kamu bisa mencapai target yang sesuai dan jangkau pasar yang lebih luas serta produk yang kamu tawarkan akan lebih dikenal oleh pembeli. 

Maka dari itu, konsultasikan bisnis kamu bersama Sun Media Digital Marketing Bali. Dengan bertahun-tahun pengalaman, kami telah banyak membantu mempromosikan produk bisnis dengan strategi marketing terbaik untuk bisnis klien kami. 

Baik melalui endorsement, kolaborasi komunitas, maupun strategi digital lainnya untuk memaksimalkan penjualan produk bisnin klien kami.

Konsultasikan bisnis digital kamu bersama Sun Media!  Jika kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis melalui promosi dan endorsement yang lebih baik hubungi kami melalui email [email protected] atau telp +628113862388.