Digital Marketing, Social Media

Jenis Social Media Ads yang Memudahkan Bisnis Kamu

Social Media Ads merupakan perkembangan digital dala dunia iklan di internet. Social media ads sangat berpengaruh dalam bisnis karena pasang iklan di internet sangat efektif karena menggunakan Call to Action atau CTA yang meningkatkan pencariannya. 

Selain itu UGC (User Generated Content) jadi minat user karena bisa lihat ulasan secara real time. Pembuatan social media ads berpengaruh pada perilaku dan tingkah pengguna sehari-hari yang berkecimpun di dunia informasi. 

Makanya social media ads berpeluang besar untuk mempromosikan binis kamu. 

Lalu, apa sih social media ads itu? dan apa saja jenisnya? Simak artikel ini untuk tahu jawabannya!

Apa Itu Social Media Ads? 

Social media ads adalah strategi pemasaran yang penayang iklannya berbayar di platform social media. 

Iklan berbayar ini bisa mempromosikan konten yang telah kamu buat di platform social media untuk mencapai target yang telah ditentukan. 

Promosi di social media sangat fleksibel dan banyak orang orang yang menggunakannya untuk mencapai goals dan kamu juha bisa menyesuaikan pengaturannya sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. 

Jenis Social Media Ads

Facebook Ads

Lebih dari 2 milyar orang di seluruh dunia menggunakan facebook. 

Menggunakan layanan iklan facebook bisa jadi pilihan kamu karena facebook merupakan jenis social media ads yang punya 3 goals yang bisa kamu pilih: 

  • Awareness: Meningkatkan dan memperluas jangkaun audience. 
  • Consideration: Membangun traffic website kamu serta meningkatkan engagemnt rate dan mendorong user untuk berkomunikasi di Facebook Messenger. 
  • Conversion: Meningkatkan pembeli dan kunjungan profil kamu juga mendorong audience untuk datang ke toko kamu. 

Menurut data yang dikumpulkan tahun 2020, 65% orang dewasa usia 50-64 tahun menggunakan facebook, jadi penggunaan facebook ads cocok buat kamu yang targetnya dengan usia tersebut.

Instagram Ads

Instagram punya lebih dari 1 milyar pengguna dan kamu bisa menjangkau sebagian pasaryang sangat besar. Jika kamu bisa dapat 1% dari total pengguna sudah pasti kamu mendapatkan keuntungan yang luar biasa lho.

Di instagram ada 3 goals yang bisa kamu pilih dan sama seperti facebook ads dan medianya sangat beragam, jadi kamu bisa memaksimalkan iklan yang ada dengan konten yang beragam. 

Youtube Ads

Saat ini banyak yang menggunkan Youtube sebagai strategi pemasaran, karena media yang bisa dipilih oleh pebisnis gak hanya satu. 

Walau jenis socia media ads ini platform berupa video, tapi layanan iklan yang disediakan bisa menggunakan tulisan dan foto.

Pilihan iklan yang kamu gunakan juga beragam, seperti:

  • Skippable In-stream Ads 
  • Non-skippable Ads
  • Pre-roll Ads 
  • Mid-roll Ads
  • Bumper Ads, dan lainnya. 
Twitter Ads 

Twitter sering digunakan oleh pebisnis karena sistem pembayarannya yang menguntungkan untuk kamu. 

Cost Per Interaction (CPI) akan minta kamu membayar iklan yang sudah ditayangkan hanya saat ada interaksi dari audience seperti, share, RT, favorite, dan lainnya. 

Intinya perhitungan iklan akan dikenakan jika konten iklan kamu mendapatkan perhatian dari audience. Selain itu media iklannya juga beragam, kamu bisa menyesuaikan dengan goals iklan kamu. 

Tiktok Ads

jenis social media ads ini masih terbilang sangat baru, tapi jumlah penggunanya gak bisa dipandang sebelah mata lho. 

Pengguna aktif tiktok mencapai 680 juta orang, kamu bisa memanfaatkan iklan di tiktok jika target audience produk kamu merupakan generasi Z, jadi tiktok bisa jadi social media yang cocok untuk tempat beriklan produk kamu. 

Baca artikel lainnya Manfaar Google Ads untuk Meningkatkan Bisnis Kamu

Tips Menggunakan Social Media Advertising

Beberapa Tips menggunakan social media ads yang bisa kamu coba nih, seperti: 

Kenali Target Audience

Mengenal target audience jadi langkah pertama yang penting untuk bisnis kamu. 

Mengenal setiap pelaku konsumsi serta karakterisyik dari audience sangat membantu kamu untuk memasarkan produk kamu. 

Menentukan Tujuan yang Jelas

Tujuan dalam beriklan harus jelas. Karena menentukan tujuan yang jelas akan membantu kamu untuk memutuskan yang akan diambil. 

Pilih Social Media yang Akan Digunakan

Pililah social media mana yang cocok untuk beriklan produk kamu. Dan pilihlah yang sering digunakan oleh audience kamu. 

Buat Konten yang Menarik

Konten yang menarik tentunya akan menarik audience. Dengan banyaknya media yang disediakan seperti foto, video, story, dan lainnya, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Semakin beragam konten yang kamu buat maka social media kamu gak membosankan dan banyak orang yang akan follow social media kamu. 

Tingkatkan Iklan Bisnis Kamu Bersama SunMedia

Penggunaan social media ads bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu dan jenis social media ads yang sudah ada ini bisa kamu gunakan untuk menjalankan bisnis kamu. 

SunMedia hadir buat kamu yang masih bingung untuk pasang iklan di platform social media dan kamu gak perlu repot pilih mana yang cocok untuk bisnis kamu. 

Karena tim profesional kami yang akan membantu binis kamu dan jauh lebih praktis dalam memasang iklan, kami siap melayani segala kebutuhan yang sesuai dengan keperluan bisnis kamu. 

Untuk lebih lanjut kamu bisa langsung menghubungi kami melalu email [email protected] atau telp +628113862388