Fitur TikTok Shop - Oleh Sun Media Digital Marketing Agency Bali
Digital Marketing, Social Media

Tutorial Mudah Jualan Pakai Fitur TikTok Shop, Cuan Banget

Jangan sampai ketinggalan update tool digital marketing yang lagi hype ini! Kenali fitur TikTok Shop untuk langsung berinteraksi dengan pembeli yang tertarik dengan produk Anda. Sssshh, efek dominonya digadang-gadangkan racun banget pancing jiwa impulsif calon pembeli lho. Simak info lebih detail dari Sun Media Digital Agency di bawah ini.

Bisakah Jualan di TikTok?

Setiap platform media sosial sebenarnya dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Semua kembali pada format konten apa yang dihadirkan utamanya dalam platform tersebut. Meski konten utama TikTok adalah video berdurasi pendek namun untuk format konten dengan fitur TikTok Shop sendiri menggunakan katalog foto, video berdurasi pendek, serta deskripsi konten tulisan terkait spesifikasi dan nilai produk atau layanan Anda.  Untuk media pemasaran di TikTok bisa melalui postingan video serta live. Penggunaan hashtag saat berjualan juga sangat didorong di TikTok untuk memviralkan topik yang diskemakan di jendela Discover dengan harapan nantinya dapat muncul secara blast di FYP semua pengguna TikTok.

Baca Juga: Trik Konten Masuk FYP di TikTok untuk Digital Marketing

Algoritma TikTok sendiri hingga kini masih menjadi suatu misteri, menjadi viral pun dapat diawali dengan ketidaksengajaan. Maka dari itu untuk mengetahui konten apa yang mendatangkan paling banyak follower, view, dan like, Anda harus konstan posting dan mencari tahu konten apa yang paling menjual.

Kelebihan Fitur TikTok Shop untuk Penjual

Apa saja sih keuntungan yang diraih penjual menggunakan fitur TikTok Shop ini? Ketahui selengkapnya di bawah ini:

Potensi Market di Indonesia

Potensi jualan di TikTok pun benar-benar menggiurkan bagi para marketer digital. Berdasarkan data yang dimuat di tempo.co pun mengungkapkan hanya perlu waktu 5 tahun bagi TikTok untuk menembuh 1 miliar pengguna mengalahkan Whatsapp (6 tahun 2 bulan), Facebook (8 tahun 8 bulan), Instagram (7 tahun 8 bulan), WeChat (7 tahun), dan YouTube (8 tahun) . Pengguna aktif di Indonesia pun sudah mencapai puluhan juta.  Jualannya bisa melaluiSo, karena marketnya juga ada, apa Anda tidak tertarik untuk memanfaatkan fitur TikTok Shop ini?

Kesempatan Viral yang Merata untuk Semua Penjual

Tidak harus punya followers yang bejibun, semua penjual memiliki kesempatan viral yang sama dengan pertimbangan konten Anda juga harus berkualitas dan menarik. Strategi pembuatan konten yang cerdas tentunya mendatangkan potensi pembeli untuk check-out menjadi jauh lebih besar pula. Kapan lagi kan promosi tanpa harus bayar iklan mahal? Cukup dengan fitur TikTok Shop aja.

Fitur TikTok Shop Mengurangi Intimidasi Antar Seller – Membuat Kemungkinan Pembeli untuk Membanding-bandingkan Harga Menjadi Minim

Karena sistem mencari produk di TikTok adalah scrolling tanpa harus memasang keywords khusus dan tanpa fitur kategori harga terendah hingga tertinggi ataupun terlaris dan tidaknya, maka sistem persaingan menjadi lebih bersahabat. Sistem scrolling ini membuat pengguna menemukan jenis barang yang bervariasi sehingga kemungkinan untuk membanding-bandingkan harga juga menjadi minim.

Sistem Afiliasi di Fitur TikTok Shop untuk Kreator

Jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk menyetok barang, Anda bisa lho menggunakan sistem afiliasi untuk membantu penjualan supplier lain dan Anda pun tetap mendapatkan komisi.

Bagaimana cara buka toko di TikTok?

TikTok Shop adalah layanan e-commerce yang dirilis awal tahun 2021 di bulan April, menawarkan pengalaman terbaru transaksi jual-beli melalui platform TikTok. Kini Anda dapat blakblakan membuat konten promosi, katalog, maupun berbelanja online dan berinteraksi dengan penjual secara langsung dari aplikasi sosial yang secara perdana rilis di Play Store pada 7 Mei 2017.

Untuk membuka toko atau menjadi seller di TikTok Shop, pengguna harus mengonfirmasi bahwasannya umur mereka minimal telah 18 tahun. Berikut langkah-langkah untuk membuka toko di TikTok:

  1. Untuk mendaftarkan akun, Anda harus menuju ke laman TikTok Shop Seller Center dimana Anda akan menemukan 2 pilihan jalur registrasi baik dengan daftar langsung melalui akun TikTok maupun phone dan e-mail. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke beberapa media login seperti: QR Code, phone/e-mail/username TikTok, login via Fb, Google, Line, Twitter, Kakao Talk, dan Apple.
  2. Untuk Anda yang memilih jalur pendaftaran melalui phone Anda harus melakukan verifikasi sebelumnya dengan kode 4 digit berupa SMS yang dikirimkan ke nomor Anda.
  3. Selanjutnya adalah tahapan pengisian informasi dasar yang mencakup informasi bisnis. Pastikan agar semua informasi terisi secara lengkap agar tidak ada tanda centang merah dan juga mencentang Anda telah menyetujui semua regulasi dari TikTok Shop lalu tekan berikutnya.
  4. Anda akan mengisi informasi dasar yang terdiri dari informasi pribadi untuk memverifikasi data seller seperti verifikasi identitas seller melalui KTP atau paspor dengan melakukan pengunggahan foto identitas diri. Pastikan data telah sesuai dengan yang tercantum di identitas berdasarkan KTP atau paspor Anda.
  5. Setelahnya hanya menunggu konfirmasi persetujuan dari TikTok Shop melalui e-mail apakah akun Anda diterima atau tidak.

Selamat Berjualan dengan Fitur TikTok Shop~

Semoga tutorial ini dapat membantu para seller untuk menambah potensi cuan dengan menambah platform jualan mereka melalui fitur TikTok Shop. Dapatkan tips terkait digital marketing lainnya dari Sun Media Digital Agency disini untuk selalu update tools digital marketing terupdate supaya makin semangat nih jualannya.

Layanan digital marketing Sun Media telah membantu ratusan bisnis dari berbagai skala untuk mencapai secara maksimal potensi pemasaran dan branding mereka di ranah digital. Konsultasi dengan tim handal Sun Media gratis! Hubungi sekarang melalui +628113862388   atau kirimkan e-mail di [email protected].