manfaat promosi dengan media live streaming untuk pemasaran digital
Digital Marketing

3 Manfaat Promosi Media Live Streaming untuk Pemasaran

Secara gamblang, promosi diartikan sebagai suatu kegiatan meningkatkan pemasaran produk barang atau jasa dengan tujuan menggaet lebih banyak pembeli. Promosi dan marketing adalah hal yang saling berkaitan. Manfaat promosi seperti penawaran spesial baik berupa potongan harga, cashback, gratis ongkir, dan lain sebagainya mampu menunjang kegiatan pemasaran.

Pemasaran tanpa promosi seperti buku tanpa tulisan, tubuh tanpa indera, – tidak lengkap-.

Hype promosi dengan bantuan internet di media digital sedang sangat naik sejak pandemi. Ini seiring dengan makin meningkatknya permintaan belanja online secara signifikan di berbagai jenis platform mulai dari media sosial hingga e-commerce. Berkat spesial bonus dan benefit menggiurkan yang ditawarkan platform e-commerce dalam berbagai pemasaran digital alhasil mendatangkan potensi leads yang lebih tinggi.

Berdasarkan data yang Sun Media Digital Marketing Agency Bali dapatkan dari We Are Social di bulan April 2021, sebanyak lebih dari 88% pengguna internet di Indonesia telah merasakan manfaat fasilitas e-commerce.

Melihat jumlah pasaran internet yang menggiurkan di Indonesia, akan sangat disayangkan sekali jika Anda sampai melewatkan salah satu trik digital marketing yang booming belakangan ini untuk menjaring lebih banyak pelanggan lagi, yaitu Live Streaming.

Benarkah Manfaat Promosi dengan Konten Video dan Live Streaming dalam Tren Digital Marketing Saat Ini Lebih Digemari?

Perkembangan teknologi dan internet yang semakin baik saat ini menunjang pengguna aktif media sosial untuk membuat kreasi video dengan kualitas yang lebih baik. Beberapa media sosial bahkan terang-terangan menonjolkan preferensi mereka terhadap konten video. Beberapa seperti YouTube, TikTok, dan kini Instagram dengan fitur reels yang terbaru juga telah mengambil alih pengalaman berbagai foto di platform tersebut. Seperti yang dikatakan bos Instagram secara blak-blakan, Adam Mosseri dalam The Verge bahwasannya reels sendiri terinspirasi dari kesuksesan kompetitor mereka, TikTok dan YouTube yang berfokus pada konten yang bersifat menghibur.

Bagaimana dengan manfaat promosi Live Streaming? Menurut Vimeo Live Streaming, 80% pengunjung ternyata justru lebih tertarik menonton live stream dibandingkan membaca tulisan panjang di blog. 82% audiens juga lebih menyukai live video dari brand dibandingkan postingan sosial. Alhasil, terjadi peningkatan penjualan sebesar 97% dan 139% kesadaran akan merek tertentu.

Lalu, Manfaat Promosi Live Streaming Apa Saja Sih?

Bahkan banyak selebgram tanah air yang melirik live streaming sebagai media promosi yang ciamik banget untuk pemasaran, misalnya Nagita Slavina yang ikut meramaikan live streaming perdana di fitur TikTok Shop di Toko Mama Gigi. Dalam live streaming yang berlangsung, Nagita menjual sekaligus memberikan review bermacam-macam barang dari produk kecantikan hingga elektronik. Ditonton 1,4 juta pengguna aktif TikTok yang antusias melariskan dagangan Toko Mama Gigi. Menyimak satu contoh dari sekian yang belum kami cover dalam artikel kali ini, mari kita bahas manfaat promosi dengan live streaming di bawah ini.

#1 Meningkatkan kesadaran merek atau brand

Sudah tidak diragukan lagi bahwa salah satu manfaat promosi juga termasuk meningkatkan kesadaran akan adanya suatu merek atau brand. Promosi yang berkesan mampu memberikan ingatan yang baik bagi para audiens tentang brand yang menjual produk tertentu. Seperti yang dilakukan banyak bisnis misalnya, jika kita berbicara mengenai minuman boba enak dan harganya terjangkau mungkin yang terlintas di kepala adalah Chatime, atau Xiboba, atau merek lainnya.

#2 Meningkatkan loyalitas pelanggan dengan interaksi yang lebih ekstensif, spontan, autentik

Ini tergantung pada keahlian si host. Pembawaan seorang host yang menghibur, kreatif, interaktif, dengan kemampun public speaking yang baik dalam menggiring calon pelanggan untuk merasakan manfaat produk menjadi kunci dalam live streaming. Oleh karena konten live streaming bersifat terencana namun di saat yang bersamaan juga spontan, host live streaming juga harus siap dengan product knowledge untuk memberikan gambaran yang baik dan detail terkait produk yang dijajakan. Misalnya terdapat sesi QnA atau review produk, penjual tentunya tidak ingin host yang mengisi acara live streaming justru terlihat kebingungan. Host dapat berasal dari penjual langsung maupun selebgram.

#3 Menekankan sense urgensi untuk mendapatkan konversi atau penjualan

Kebanyakan dari penjual melakukan live streaming bertepatan dengan momentum tertentu. Ini untuk memberikan efek urgensi yang lebih gila-gilaan seperti momen akhir tahun, 12.12, 11.11, saat launching produk baru, dan lain sebagainya. Dengan gaung momen-momen tersebut, umumnya calon pembeli memiliki ekspektasi bahwa akan terdapat lebih banyak bonus ataupun diskon. Apalagi saat live streaming, biasanya akan terlihat secara live juga jumlah penjualan yang diraih dari sang penjual. Efeknya benar-benar menyihir lho karena calon pembeli seperti melihat ajang cepat-cepatan untuk mendapatkan produk utama yang sedang diperlombakan. Tugas host adalah membuat agar promosi tersebut seperti suatu kesempatan langka yang mungkin tidak datang lagi kedepannya.

Bagaimana, setelah mengetahui manfaat promosi dengan live streaming, apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikan tren ini untuk memasarkan produk Anda?

Tunggu Dulu, Ketahui Strategi Digital Marketing Umum yang Kerap Digunakan untuk Memancing Leads

Leads adalah audiens Anda. Namun, tidak semua audiens berpotensi sebagai pembeli. Maka dari itu, beberapa pertimbangan untuk mendapatkan hot leads ini juga menyangkut membangkitkan rasa percaya dan loyalitas mereka. Bagaimana caranya?

Persyaratan utama untuk mulai berjualan online adalah memiliki aset digital yang terkelola dengan baik. Digital asset bahkan tak hanya 1 kuantitasnya. Bayangkan, saat ini saja suatu toko yang ingin mulai bergerilya mengikuti perkembangan jaman setidaknya harus memiliki akun Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, TikTok, website atau landing page sendiri, dan mendaftar akun seller di platform e-commerce, yang tentunya telah memiliki jumlah pengguna aktif yang menjanjikan.

Ingin beriklan di Facebook? Anda harus memiliki page tersendiri sebelum bisa beriklan. Mengelola digital asset dan beriklan juga hal yang harus dilakukan secara pararel, bersamaan, dan masing-masing memiliki strategi tersendiri.

Baca Lebih Lanjut: 7 Tips Digital Marketing untuk Memburu Leads Potensial

Semisal untuk feed media sosial, Anda mungkin ingin memperhatikan konten apa yang disukai calon pembeli Anda entah microblog, konten interaktif, dll. Selain penataan yang diperhatikan, postingan juga harus melihat tren yang sedang booming dan relatable untuk pembaca Anda. Di sisi lainnya, untuk pembuatan iklan, terdapat beberapa hal teknis yang harus dipersiapkan. Beberapa diantaranya seperti tahapan persiapan akun, pembuatan strategi marketing yang tertarget agar cost yang dikeluarkan tidak boncos, dan tentunya pendekatan copywriting yang sesuai dengan ranah dan iklan apa yang ingin ditampilkan; entah untuk brand awareness, konversi, atau yang lainnya dalam bentuk single image, carousel, atau video. Dengan segala kebutuhan tersebut, mungkin saja Anda dapat menyediakannya namun juga tugas-tugas tersebut akan menyita banyak waktu Anda.

Raih Manfaat Promosi di Era Digital Sekarang

Delegasikan segala kegundahan Anda pada spesialis Digital Marketing di Bali, Sun Media Creative Agency. Kami hadir karena Anda. Sun Media telah ikut berkontribusi dalam majunya perkembangan segala skala bisnis di Indonesia. Utamanya untuk memulai jejak awal mereka di dunia digital. Kami lebih dari konsultan marketing namun juga partner bisnis Anda.

Mulai projek pertama Anda dengan Sun Media Digital Marketing Agency Bali dengan menghubungi +628113862388  |   [email protected].