Digital Marketing

Manfaat Google Ads untuk Meningkatkan Bisnis Kamu

Manfaat google ads adalah meningkatkan penjualan bisnis. Selain itu manfaat google ads lainnya ialah website bisnis dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. 

Selain itu manfaat google ads lainnya bisa menampilkan iklan kepada orang yang tertarik dengan produk dan layanan kamu, sambil menyaring orang yang tidak tertarik.

Ada banyak cerita sukses dari manfaat google ads. Salah satu manfaat yang disebut di google economic impact adalah, bisnis yang mengeluarkan 1 dolar AS untuk google ads, dan mendapatkan 2 dolar AS untuk pemasukan bisnisnya. 

Sebelum kita bahas manfaat google ads, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu google ads.

Apa itu Google Ads?

Merujuk pada definisi dari Google sendiri, Adwords adalah program periklanan yang memungkinkan Anda (sebagai pengiklan) untuk memunculkan informasi dan tautan ke situs kamu pada laman hasil pencarian di Google.

Hasil pencarian dengan kotak kecil bertuliskan Ad itu adalah salah satu contoh Google Ads. Iklan ini bisa muncul di bagian atas hasil pencarian, atau pada area bawah.

Untuk itu, kamu bisa menentukan penempatan iklan berdasarkan keyword (kata atau frasa kunci) tertentu, waktu, ataupun lokasi. Dan soal biaya, Google menentukan model pay-per-click (PPC); artinya, kamu membayar sesuai dengan harga dan jumlah klik terhadap iklan tersebut. Contohnya, kamu beriklan dengan dana 50 ribu rupiah per hari, dengan tarif per klik Rp1.000. Maka, jika kita mendapatkan 50 klik, dana iklan kita habis terpakai.

Baca juga Optimasi SEO vs Google Ads : Mana yang Lebih Efektif?

5 Manfaat Google Ads untuk Bisnis

  • Mendapatkan Target Audiens secara Spesifik

Menampilkan iklan di Google tentu saja banyak keuntungannya, terutama karena pengguna mesin pencari tersebut jumlahnya semakin tinggi dari waktu ke waktu. Melalui program periklanan tersebut, kamu bisa mendapatkan audiens sesuai yang ditargetkan.

Pengguna internet yang mencari informasi dengan kata kunci tertentu berarti memiliki ketertarikan dengan hal tersebut. Jika pencariannya relevan dengan promosi kamu, maka iklan tersebut dapat muncul dan ditemukan pengguna.

Manfaat Google Ads yang lebih menarik ialah pemasang iklan bisa mengelola dan mengatur target secara spesifik. Misalnya menentukan waktu kapan iklan tersebut ditampilkan. Pengaturan target juga meliputi jenis kelamin, usia, hingga menentukan wilayah.

Mengatur tampilan iklan berdasarkan wilayah memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens dari kota atau provinsi tertentu secara lebih akurat. Dengan begitu, kampanye yang dilakukan akan lebih efektif dan tepat sasaran. 

Pengelolaan iklan bahkan juga bisa diatur berdasarkan jenis device pengguna, seperti komputer desktop, smartphone, hingga tablet. Kamu dapat menampilkan campaign pada semua device atau memilih jenis device tertentu saja.

  • Meningkatkan Trafik secara Cepat dan Mudah

Manfaat Google Ads selanjutnya adalah advertiser dapat menampilkan iklannya secara cepat, mudah, serta fleksibel. Ketika kami memutuskan untuk mempromosikan bisnis melalui program Google Ads, maka iklan dapat segera ditampilkan. 

Kemudahan proses ini membuat trafik website perusahaan bisa terus meningkat secara cepat dan efektif. Lain halnya jika hanya memanfaatkan teknik SEO. Dimana kamu harus melakukan banyak strategi SEO.  

Misalnya riset kata kunci sebanyak mungkin, membuat artikel yang SEO friendly, membangun backlink, dan lain sebagainya. Ini tentunya menguras tenaga serta membutuhkan waktu agar website bisnis bisa naik dan mendapatkan trafik.  

Oleh sebab itu, Google Ads menjadi solusi yang efektif untuk menghemat waktu serta tenaga. Program periklanan tersebut membantu bisnis kamu memperoleh trafik secara masif untuk kemudian mengkonversinya menjadi konsumen loyal.

  • Google Ads Memiliki Jangkauan yang Luas

Manfaat Google Ads lainnya ialah dapat menjangkau audiens secara luas. Google adalah mesin pencari yang paling populer di dunia saat ini. Penggunanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh dunia. Ini artinya, kamu dapat membuat beberapa macam campaign dan menjalankannya sekaligus. 

Kemudian menyebarkannya secara luas dengan memanfaatkan potensi jangkauan Google. Ini adalah kesempatan emas jika kamu menargetkan pasar luar negeri. Tentunya masing-masing campaign harus disesuaikan dengan tiap-tiap target audiens yang memiliki karakteristik berbeda. Di samping itu, kamu juga perlu melakukan riset kata kunci secara tepat agar menjangkau pencarian yang relevan.

  • Biaya Iklan Lebih Terkontrol

Kelebihan atau manfaat Google Ads lainnya yaitu kamu dapat mengatur dan mengontrol alokasi anggaran. Program periklanan ini memiliki cara kerja pay per click atau PPC. Pengiklan akan dikenai biaya apabila pengunjung atau pengguna Google melakukan klik terhadap iklan tersebut. 

Ini artinya campaign yang dijalankan lebih efisien karena hanya mengeluarkan budget sesuai tampilan ads. Menariknya, kamu dapat mengatur sendiri alokasi budget untuk tampilan ads di halaman pencarian Google. 

Pantau kinerja campaign apakah sudah sesuai dengan harapan atau tidak. Iklan dengan performa buruk bisa dikurangi budgetnya. Sebaliknya, kampanye yang menghasilkan performa bagus mungkin perlu ditambah anggaran biayanya. Ini akan menghasilkan trafik atau engagement lebih tinggi secara efektif dan efisien.

  • Mengukur Return on Investment (ROI)

Persentase Return on Investment atau ROI tinggi menunjukkan performa bisnis yang dapat di ukur. Ini menandakan bahwa perusahaan kamu bisa mendapatkan data keuntungan atas investasi, yakni mengiklankan atau mempromosikan produk maupun jasa. 

Manfaat Google Ads yang tidak kalah penting yaitu memungkinkan optimalisasi ROI. Ini dikarenakan dukungan ketersediaan data di fitur periklanan tersebut yang dapat dipelajari serta dievaluasi. Data tersebut bisa diolah untuk menyusun strategi pemasaran terbaru yang lebih efektif serta optimal.

 

Jika kamu sedang mencari digital agency yang dapat membantu mengembangkan bisnis, Sun Media digital marketing Bali hadir untuk menjadi solusi kamu!

Sun Media Bali memiliki jasa Google Ads yang dapat membantu meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu. Jika kamu tertarik dengan layanan jasa kami dan ingin mengetahui lebih lanjut, kamu dapat menghubungi kami melalui email [email protected] atau telp +628113862388.