Berita

Perbedaan Content Writing dan Copywriting

Saat ini profesi penulis menjadi profesi yang menjanjikan. Ada banyak jenis penulis, misalnya content writing dan copywriting. Walaupun terlihat sama ada perbedaan content writing dan copywriting ini.  

Perbedaan content writing dan copywriting dilihat dari apa yang dikerjakan. Kedua profesi ini banyak dicari perusahaan besar, ini menjadi peluang emas bagi kamu yang punya kemampuan menulis.

Lalu apa saja perbedaan content writing dan copywriting? 

Baca juga Rahasia Copywriting Efektif Ala Cici Konten

Perbedaan Content Writing dan Copywriting 

Perbedaan content writing dan copywiriting dilihat dari pengertian, isi konten, tujuan pembuatan konten, dan tugas lainnya. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini merupakan perbedaan di antara keduanya, yaitu:

Perbedaan dari Pengertian 

Perbedaan content writing dan copywiriting bisa dilihat dari pengertiannya. Content writing adalah tulisan yang berisikan tips, informasi dan lainnya dalam bentuk artikel dan di-upload pada website. 

Sedangkan copywriting adalah tulisan yang berisi informasi tentang produk atau jasa dari perusahaan. Yang dimana digunakan untuk mempromosikan kepada masyarakart. 

Mempunyai Tujuan yang Berbeda

Perbedaan selanjutnya berdasarkan tujuan yang ingin disampaikan. Copywriting bertujuan menarik konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan dalam tulisan. 

Ada dua tujuan copywriting, yaitu jangka pendek dan panjang dengan satu target yang sama, untuk mendatangkan konsumen agar mencapai penjualan. 

Konten copywriting fokus pada iklan, sales, Cost per Click, landing page, email, dan lainnya. 

Sedangkan content writing bertujuan membangun kepercayaan, minat, dan memberikan informasi pada pembaca. Contohnya, yaitu artikel, podcast, radio, konten media sosial, ebook, email, dan newsletter.

Perbedaan Tugas

Tugas content writing dan copywriting bukan hanya menulis. Ada tugas lain yang berbeda. Seorang copywriting melakukan observasi pada produk maupun jasa. Mulai dari keunggulan dan kelemahan produk hingga target pasar dan lainnya.

Sedangkan content writing menggunakan SEO dan editing dalam tulisan untuk menaikkan pembaca konten. 

Gaya Penulisan 

Gaya penulisan content writing lebih panjang dan detail, serta pakai rumus “5W + 1H” dan menggunakan penulisan jurnalistik. Sedangkan copywriting lebih pendek dengan ciri khas slogan, tagline dan headline.

Walau demikian content writing dan copywriting harus memiliki wawasan luas, kreatif dan menyunting tulisan agar enak dibaca. 

Penggunaan Media 

Media yang digunakan pun berbeda. Umumnya content writing dipublikasi di media web atau blog. Sedang copywriting menggunakan poster, web, banner, billboard, social media campaign, social media ads, dan lainnya. 

Itulah perbedaan content writing dan copywriting yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui perbedaan ini, kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat mu dalam bidang menulis. 

Sun Media Creative Agency, salah satu digital marketing agency terpercaya di Bali yang menyediakan jasa Content Writing dan Copywriting. Tidak hanya itu, kami juga akan melakukan research serta optimasi agar website kamu menjadi pertama dalam pencarian Google. 

Dengan hasil pencarian yang baik di Google, maka akan memperbesar kemungkinan bisnis kamu akan semakin dikenal oleh users. Semoga artikel kali ini bermanfaat!