Yuk intip artikel ini untuk cari tahu cara menulis copywriting yang menarik!
Digital Marketing, Marketing, SEO

Cara Menulis Copywriting yang Menarik Perhatian Audience!

Kamu pasti pernah bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya cara menulis copywriting yang efektif? Menyusun kata-kata dengan daya persuasif adalah kunci untuk membuat pesanmu melekat dalam benak pembaca. Di dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep dasar copywriting, berbagai jenisnya, perbedaan antara copywriting dan content writing, serta memberikan 10 cara menulis copywriting yang menarik dan 10 cara menulis Copywriting Call To Action (CTA) yang efektif. Mari kita mulai!

Cara Menulis Copywriting yang Menarik Perhatian Audience!

Apa itu Copywriting?

Copywriting bukan sekadar menyusun kata-kata secara acak. Ini adalah seni menulis yang bertujuan untuk memikat dan membujuk pembaca agar melakukan tindakan tertentu. Tindakan tersebut bisa berupa pembelian produk, pendaftaran layanan, atau bahkan sekadar mengisi formulir.

Dalam dunia copywriting, kata “copy” bukanlah salinan, melainkan tulisan yang merayu dan meyakinkan. Kamu perlu menjadi seorang ahli dalam memahami audiensmu dan menyusun kata-kata yang membuat mereka terhubung dengan brand atau produk yang kamu promosikan..

7 Jenis Copywriting yang Perlu Kamu Ketahui

  • Copywriting Penjualan: Copywriting ini fokus pada penjualan produk atau layanan. Kamu perlu membuat deskripsi yang meyakinkan dan menonjolkan manfaat produk agar pembaca tertarik untuk membeli.
  • Copywriting Iklan Digital: Dalam era digital seperti sekarang, copywriting iklan digital sangat penting. Ini melibatkan penulisan iklan untuk platform online seperti Facebook, Instagram, atau Google Ads.
  • Copywriting Branding: Memperkenalkan dan membangun citra brand adalah fokus copywriting jenis ini. Kamu perlu menciptakan pesan yang mencerminkan nilai dan identitas brand.
  • Copywriting SEO: Dalam dunia online, SEO menjadi kunci. Copywriting SEO melibatkan penggunaan kata kunci untuk meningkatkan peringkat pencarian.
  • Copywriting Sosial Media: Menulis untuk platform sosial media memiliki gaya tersendiri. Kamu perlu membuat konten yang singkat, padat, dan menarik.
  • Copywriting Produk: Fokus pada menjual fitur dan manfaat produk tertentu, copywriting produk membantu pembaca melihat nilai tambah yang mereka dapatkan.
  • Copywriting Cerita (Storytelling): Manusia secara alamiah tertarik pada cerita. Copywriting jenis ini menggabungkan unsur cerita untuk menciptakan koneksi emosional dengan pembaca.

Perbedaan Copywriting dan Content Writer

Seringkali, orang bingung antara copywriting dan content writing. Namun, keduanya memiliki tujuan dan gaya penulisan yang berbeda.

Copywriting berfokus pada persuasi dan mengajak pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar layanan. Sementara itu, content writing lebih fokus pada memberikan informasi dan membangun pemahaman tanpa tujuan langsung untuk menjual.

Baca artikel yang serupa 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendlt yang Bisa Kamu Ikuti

10 Cara Menulis Copywriting yang Menarik

  • Kenali Target Audiensmu: Sebelum mulai menulis, pahami siapa target audiensmu. Apa kebutuhan mereka? Bagaimana kamu bisa memenuhi keinginan atau masalah mereka?
  • Gunakan Bahasa Sederhana: Hindari penggunaan jargon atau bahasa yang sulit dipahami. Tujuanmu adalah membuat pesanmu sampai dengan jelas kepada pembaca.
  • Fokus pada Manfaat Produk: Saat menulis copy, jangan hanya merinci fitur produk. Ceritakan juga bagaimana produk tersebut memberikan manfaat langsung kepada pembaca.
  • Ciptakan Judul yang Menarik: Judul adalah kunci untuk menarik perhatian pembaca. Gunakan judul yang memikat dan membuat mereka ingin tahu lebih lanjut.
  • Buat Paragraf Pendek dan Padat: Pembaca online cenderung malas membaca teks panjang. Buat paragraf pendek dan padat agar pembaca tidak kehilangan minat.
  • Tambahkan Bukti atau Testimoni: Menggunakan bukti atau testimoni dari pelanggan sebelumnya dapat meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan.
  • Gunakan Kata “Kamu” atau “Anda”: Personalisasi pesanmu dengan menggunakan kata-kata yang langsung terhubung dengan pembaca, seperti “kamu” atau “anda”.
  • Beri Tahu Pembaca Apa yang Harus Dilakukan: Jangan biarkan pembaca bingung. Jelaskan dengan jelas langkah-langkah yang harus mereka ambil setelah membaca copywritingmu.
  • Gunakan Visual yang Menarik: Gambar atau grafis dapat menambah daya tarik pada copywritingmu. Pastikan visual yang kamu pilih relevan dengan pesan yang ingin disampaikan.
  • Uji dan Evaluasi: Setelah menulis copy, uji respons pembaca. Pelajari apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan. Teruslah mengembangkan gaya penulisanmu.

10 Cara Menulis Copwiriting Call To Action (CTA)

  • Gunakan Kata-Kata Bertindak: CTA harus mengandung kata-kata yang mendorong pembaca untuk bertindak segera, seperti “beli sekarang” atau “daftar gratis”.
  • Buat Tawaran Spesial: Berikan insentif kepada pembaca dengan menambahkan tawaran khusus, diskon, atau bonus untuk mereka yang mengikuti CTA.
  • Gunakan Urgensi: Tanamkan rasa urgensi agar pembaca merasa perlu bertindak segera. Contohnya, “promo berakhir dalam 24 jam!”
  • Buat CTA yang Jelas dan Tegas: Pastikan CTA terlihat dengan jelas dan memberi instruksi yang tegas. Gunakan warna atau gaya yang membedakan CTA dari teks lainnya.
  • Gunakan Personalisasi: Jika memungkinkan, personalisasi CTA sesuai dengan preferensi atau perilaku pembaca.
  • Sederhana dan Singkat: CTA sebaiknya singkat dan langsung to the point. Pembaca tidak ingin membaca paragraf panjang sebelum tahu apa yang diharapkan dari mereka.
  • Gunakan Testimoni atau Review pada CTA: Menambahkan testimoni atau review positif di sekitar CTA dapat meningkatkan kepercayaan dan mendorong tindakan.
  • Beri Pilihan: Jika memungkinkan, berikan beberapa pilihan CTA yang sesuai dengan berbagai preferensi pembaca.
  • Lakukan A/B Testing: Uji berbagai versi CTA untuk melihat mana yang paling efektif. A/B testing dapat memberikan wawasan berharga.
  • Pantau dan Analisis: Setelah meluncurkan copywriting dengan CTA, pantau dan analisis performanya. Perbarui CTA jika diperlukan untuk meningkatkan hasil.

Dengan memahami cara menulis copywriting dan menerapkan tips yang sudah dibahas, kamu bisa menghasilkan tulisan yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mendorong pembaca untuk bertindak.

Sun Media adalah agency digital marketing yang siap membantu kamu untuk membuat konten artikel website yang menarik! Dengan berbagai layanan yang ditawarkan, seperti desain grafis yang eye-catching, strategi pemasaran digital, dan pengoptimalan SEO, Sun Media dapat membantu meningkatkan daya tarik konten artikel website kamu. Dengan solusi yang terjangkau dan efektif, Sun Media adalah kunci kesuksesan konten onlinemu.