{"id":6082,"date":"2022-09-20T16:32:43","date_gmt":"2022-09-20T09:32:43","guid":{"rendered":"https:\/\/sunmedia.co.id\/?p=6082"},"modified":"2022-09-20T16:32:43","modified_gmt":"2022-09-20T09:32:43","slug":"pentingnya-kpi-social-media-untuk-bisnis-kamu","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/pentingnya-kpi-social-media-untuk-bisnis-kamu\/","title":{"rendered":"Pentingnya KPI Social Media untuk Bisnis Kamu!"},"content":{"rendered":"
Key Performance Indicator<\/em> (KPI) adalah cara yang digunakan oleh social media marketing<\/em> untuk mencapai tujuan. KPI menjadi bagian terpenting dalam membangun pemasaran di social media<\/em> maupun lainnya. Oleh karena itu banyak perusahaan pemasaran yang menggunakan KPI dalam mengukur keberhasilan mereka untuk mencapai tujuan perusahaan.<\/span><\/p>\n Contents<\/p> KPI Social Media<\/em> adalah metric<\/em> yang digunakan untuk menentukan apakah strategi social media<\/em> marketing<\/em> kamu sudah berjalan efektif memenuhi tujuan atau belum.\u00a0<\/span><\/p>\n Dengan kata lain, KPI melakukan monitoring jalannya campaign social media<\/em> serta menganalisis dampaknya bagi perusahaan atau bisnis kamu.<\/span><\/p>\n KPI akan melacak secara kolektif data yang berhubungan dengan berbagai platform social media<\/em>, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.<\/span><\/p>\n <\/p>\n Ketika hendak menetapkan KPI Social Media, pastikan KPI tersebut mencerminkan tujuan bisnis kamu secara menyeluruh.<\/span><\/p>\n Untuk menentukannya, kamu bisa menggunakan metode SMART sebagai berikut:<\/span><\/p>\n Pastikan kamu memiliki target dan tujuan sejelas mungkin. Jelaskan bagaimana mengukur KPI dapat membantu perusahaan dalam mencapai target bisnis tersebut.\u00a0<\/span><\/p>\n Misalnya, berapa target followers<\/em> yang ingin kamu capai bulan depan atau berapa rasio CTR yang kamu targetkan di akhir tahun.<\/span><\/p>\n Measurable mengartikan kamu harus bisa melacak dan mengukur semua kemajuan social media<\/em> yang kamu jalankan. Sebagai contoh, selama evaluasi bulanan, ketahui sudah seberapa dekat kamu dengan tujuan awal dan target yang ingin dicapai.<\/span><\/p>\n Bersikaplah realistis dengan menetapkan KPI yang benar-benar bisa kamu jangkau. Jangan membuat tujuan yang terlalu jauh dengan sumber daya dan cakupan tim kamu untuk menjangkaunya.<\/span><\/p>\n Pastikan setiap KPI social media<\/em> yang kamu\u00a0 tentukan dapat terhubung dengan tujuan bisnis yang lebih besar dan relevan dengan tujuan perusahaan.<\/span><\/p>\n Buatlah timeline<\/em> yang jelas untuk mencapai tujuan kamu. Misalnya, kamu menargetkan KPI tersebut dalam jangka waktu satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun.<\/span><\/p>\n <\/p>\n KPI Reach adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang melihat akun dan postingan social media<\/em>. Hal ini juga berhubungan dengan jumlah potensial orang yang bisa dijangkau dengan strategi marketing kamu.<\/span><\/p>\n Meski interaksi yang dilakukan masih bersifat pasif, namun data ini akan menunjukkan siapa audiens yang potensial dalam menaikkan pertumbuhan dari waktu ke waktu dan meningkatkan brand awareness<\/em>.<\/span><\/p>\n <\/p>\n Setiap platform\u00a0social media<\/em>\u00a0tentu memiliki pengikut atau penggemarnya sendiri. Angka followers<\/em> tersebut bisa ditemukan tepat di halaman profil akun kamu.<\/span><\/p>\n Follower count<\/em> atau jumlah pengikut dapat memberi tahu berapa banyak akun yang mengikuti brand atau perusahaan kamu.<\/span><\/p>\n Impressions<\/em> menunjukkan berapa kali postingan kamu muncul dan terlihat di feed<\/em> atau timeline user<\/em>. Namun, hal ini bukan berarti user<\/em> benar-benar memperhatikan atau melihat postingan tersebut.<\/span><\/p>\n Apabila suatu akun melihat postingan yang sama sebanyak 5 kali, ini berarti 5 impressions.<\/span><\/p>\n Dalam social media<\/em>, potential reach<\/em> akan mengukur jumlah potensi orang yang bisa melihat postingan kamu selama periode tertentu. Dengan kata lain, jika followers<\/em> kamu membagikan postingan kamu dengan jaringan atau followers<\/em> mereka, maka 2% hingga 5% followers akun tersebut diperkirakan masuk dalam potential reach<\/em> postingan kamu.<\/span><\/p>\n Web traffic<\/em> digunakan untuk melihat seberapa baik kinerja postingan kamu yang berhasil membawa audiens ke website<\/em>. Metric<\/em> ini menunjukkan berapa kali seseorang mengklik dari akun social media<\/em> kamu untuk kemudian membuka salah satu halaman website<\/em> yang tersedia.<\/span><\/p>\nApa itu KPI Social Media ?<\/strong><\/span><\/h3>\n
Bagaimana Cara Menentukan KPI Social Media ?<\/strong><\/span><\/h3>\n
Specific<\/strong><\/em><\/span><\/h5>\n
Measurable<\/em><\/span><\/h5>\n
Attainable<\/strong><\/em><\/span><\/h5>\n
Relevant<\/strong><\/em><\/span><\/h5>\n
Timely<\/strong><\/em><\/span><\/h5>\n
KPI Social Media yang Perlu Diukur<\/strong><\/span><\/h2>\n
KPI Reach Perlu untuk Diukur<\/strong><\/span><\/h2>\n
Follower Count<\/b><\/span><\/h4>\n
Impressions<\/b><\/strong><\/span><\/h4>\n
Potential Reach<\/b><\/strong><\/span><\/h4>\n
Web Traffic<\/b><\/strong><\/span><\/h4>\n