{"id":5779,"date":"2021-10-28T11:25:40","date_gmt":"2021-10-28T04:25:40","guid":{"rendered":"https:\/\/www.sunmedia.co.id\/?p=5779"},"modified":"2021-10-28T11:31:39","modified_gmt":"2021-10-28T04:31:39","slug":"bongkar-strategi-social-media-marketing-dalam-8-langkah","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/bongkar-strategi-social-media-marketing-dalam-8-langkah\/","title":{"rendered":"Bongkar Strategi Social Media Marketing dalam 8 Langkah"},"content":{"rendered":"
Membuat campaign media sosial merupakan suatu proses yang panjang. Lalu, bagaimana yah cara untuk membuat strategi social media marketing yang efektif? Pelajari yuk kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan efektivitasnya melalui artikel di bawah ini.<\/p>\n
Contents<\/p>
Bisa saja, namun, kemungkinan buruk yang terjadi adalah akun bisnis Anda terlihat berantakan sehingga pesan yang ingin disampaikan juga tidak dapat ditangkap pembaca. Alih-alih berminat, calon pelanggan Anda justru bisa langsung kabur karena manajemen media sosial yang tidak meyakinkan.<\/p>\n
Memiliki strategi social media marketing terbaik untuk menjalankan akun Anda memberikan visualisasi terkait apa saja yang Anda rencanakan dan harapkan untuk capai. Strategi ini menentukan aksi Anda sekaligus memberikan petunjuk apakah aksi tersebut telah mencapai target Anda atau justru sebaliknya.<\/p>\n
Semakin spesifik rencana tersebut, semakin terarah dan rapi alur yang akan Anda terapkan. Usahakan meski spesifik namun setiap poin rencana tersebut mudah untuk diukur keberhasilannya.<\/p>\n
Strategi media sosial sudah meliputi goals<\/em> utama dan spesifik yang ingin dicapai, taktik yang ingin Anda gencarkan untuk mewujudkan goals tersebut, dan metrik untuk mengukur progress Anda. Selain itu, di dalamnya juga berisi strategi pemasaran yang akan disertakan, peranan dan tanggung jawab team, serta alur reporting<\/em>.<\/p>\n Mengapa Anda perlu mengaplikasikan strategi digital marketing juga dalam media sosial? Channel media sosial Anda merupakan wadah terbaik untuk mengimplementasikan strategi branding<\/em>, maupun promosi produk dan layanan. Strategi digital marketing<\/em>, dalam hal ini membantu bisnis Anda: meningkatkan brand awareness,<\/em> membangun komunitas, menggaet pelanggan agar tertarik membeli produk atau menggunakan layanan Anda, mengukur bagaimana reaksi calon pelanggan dan pelanggan terhadap brand Anda, dan mempromosikan produk dan layanan Anda dengan target yang tepat.<\/p>\n Kali ini, Sun Media Digital Agency akan memberikan kaidah yang dapat Anda implementasikan untuk membuat strategi media sosial yang ampuh dan berhasil dengan di-boost <\/em>strategi digital marketing berdasarkan artikel yang kami kutip dari hootsuite.com<\/em><\/a>.<\/p>\n Langkah pertama untuk membuat strategi social media marketing adalah menentukan goals. Tanpa adanya goals, Anda tidak punya tujuan untuk mengukur kesuksesan strategi social media marketing Anda dan tentunya berdampak pada sulitnya untuk mencapai ROI (return on investment<\/em>). Salah satu kerangka dalam pembuatan goals ini adalah S.M.A.R.T. Goals. Tujuan Anda haruslah S<\/strong>(pecific), M<\/strong>(easurable), A<\/strong>(ttainable), R<\/strong>(elevant), T<\/strong>(ime-bound). Bagaimana contohnya?<\/p>\n \u201cBisnis kami akan menggunakan Instagram untuk menunjang customer support sehingga kami menjamin bahwa semua pertanyaan customer terkait produk dan layanan kami dapat kami respon kurang dari 24 jam.\u201d<\/p><\/blockquote>\n Atau<\/p>\n \u201cBisnis kami ingin menggunakan Instagram untuk brand awareness agar bisnis kami lebih dikenal dan peningkatan pengikut baru sebanyak X% dalam jangka waktu 1 bulan.\u201d<\/p><\/blockquote>\n Membuat goals<\/em> juga harus diikuti dengan metrik untuk mengetahui progressnya. Seumpama untuk brand awareness<\/em> di Instagram, Anda dapat mengacu pada story views, followers growth<\/em>, jumlah shares<\/em> pada postingan Anda, dan fitur insights<\/em> yang lainnya.<\/p>\n Penting dalam strategi social media marketing untuk mengetahui lebih dalam target pasar Anda. Mengapa? Hal ini akan berhubungan dengan persiapan konten (topik yang ingin dibahas, tone<\/em>, dan pendekatan bahasa) yang akan disajikan agar sebisa mungkin relate <\/em>dan menggaet target kita. Untuk itu, kita perlu melakukan analisis pasar melalui buyer personas untuk memaksimalkan kemungkinan followers<\/em> atau subscribers<\/em> kita di media sosial menjadi pelanggan yang prospek. Hal ini meliputi: umur, lokasi, rata-rata pendapatan, pekerjaan, ketertarikan, dan yang lainnya. Dapatkan materi lengkap terkait buyer personas disini.<\/a><\/p>\n Informasi calon buyer ini dapat Anda raih melalui fitur \u2018analytics\u2019 di media sosial, bisa juga melalui Facebook Analytics.<\/p>\n Fungsi dari Competitor Analysis<\/em> memberikan pemahaman tentang persaingan Anda di media sosial, apa yang berhasil dari kompetitor Anda, dan apa yang diharapkan di ranah Anda, sehingga Anda dapat melihat celah yang ada dan mengisi poin yang belum disentuh kompetitor Anda.<\/p>\n Jika Anda tengah menggunakan media sosial Anda, coba amati bagaimana hasil usaha Anda sejauh ini dengan menjawab pertanyaan berikut ini:<\/p>\n Dengan demikian, Anda akan mulai memikirkan strategi untuk memperbaiki kekurangan Anda.<\/p>\n Dari sekian media sosial yang Anda gunakan, tentukan tujuan masing-masing akun tersebut. Jika tujuannya tidak jelas, pikirkan apakah akun tersebut masih layak untuk Anda pertahankan. Untuk membantu Anda, coba pikirkan apakah audiens Anda memang ada disana? Bagaimana audiens Anda menggunakan platform tersebut? dan terakhir, tanyakan ke diri Anda apakah mempertahankan akun tersebut akan membantu mewujudkan goals<\/em> Anda?<\/p>\n Dalam beberapa kasus, banyak akun bisnis juga alih-alih ditipu akun-akun palsu yang mengatasnamakan akun resmi dan justru dapat membahayakan citra brand Anda. Segera usut kasus tersebut hingga tuntas dan edukasi para audiens Anda untuk senantiasa berhati-hati. Jika memungkinkan, usahakan akun Anda telah memiliki logo \u2018verified\u2019 untuk membantu audiens Anda bahwa mereka berhadapan dengan akun resmi sebagai suatu strategi social media marketing yang ciamik.<\/p>\n Berkaitan dengan poin di atas, strategi social media marketing yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah mengoptimasi profil akun Anda. Diantaranya adalah dengan mengisi semua kolom terkait ranah Anda dan menyertakan keywords yang orang-orang gunakan untuk mencari bisnis Anda. Profil bisnis merupakan media branding Anda, maka dari itu selalu konsisten untuk menyertakan logo dalam berbagai postingan maupun profil Anda dengan kualitas tinggi.<\/p>\nPengaplikasian Strategi Digital Marketing melalui Media Sosial<\/strong><\/span><\/h2>\n
Membuat Strategi Social Media Marketing dalam 8 Langkah<\/strong><\/span><\/h2>\n
#1 Menetapkan S.M.A.R.T Goals dari Strategi Social Media Marketing yang Ingin Dicapai<\/strong><\/span><\/h3>\n
#2 Mempelajari dengan Saksama Target Audiens dengan Buyer Personas<\/strong><\/span><\/h3>\n
#3 Membuat Competitor Analysis<\/strong><\/span><\/h3>\n
#4 Melakukan Audit untuk Akun Media Sosial<\/strong><\/span><\/h3>\n
\n
#5 Aplikasikan juga Strategi Social Media Marketing saat Mengoptimasi Profil Anda<\/strong><\/span><\/h3>\n
#6 Menemukan Inspirasi <\/strong><\/span><\/h3>\n