{"id":5041,"date":"2020-09-02T13:14:51","date_gmt":"2020-09-02T06:14:51","guid":{"rendered":"https:\/\/www.sunmedia.co.id\/?p=5041"},"modified":"2020-10-02T13:16:08","modified_gmt":"2020-10-02T06:16:08","slug":"buyer-persona","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/buyer-persona\/","title":{"rendered":"Pentingnya Menciptakan Buyer Persona untuk Kesuksesan Bisnismu"},"content":{"rendered":"

Semakin berkembangnya dunia bisnis, maka semakin banyak pula kompetitor yang mulai bermunculan. Di antara banyaknya pengusaha bisnis yang berlomba-lomba dalam meluncurkan berbagai strategi. Marketing untuk mendapatkan simpati dari konsumen atau klien. Baik strategi marketing melalui digital maupun konvensional. Strategi digital marketing kini pun kian marak digunakan sebagai media promosi dengan memanfaatkan social media untuk beriklan bahkan membayar influencer<\/em> untuk promosi. Selain kedua cara tersebut, cara lain yang juga digunakan saat ini adalah menggunakan buyer persona<\/em>. Namun, pernahkah kamu mendengar kata buyer persona<\/em> ini?<\/p>\n

 <\/p>\n

Pengertian Buyer Persona<\/strong><\/p>\n

Buyer persona adalah tokoh fiktif yang sengaja diciptakan berdasarkan riset untuk menggambarkan karakteristik tertentu sebagai target kosumen bisnismu. Buyer persona ini mewujudkan siapa konsumen terbaik di dalam bisnismu yang dapat dengan mudah terpengaruh untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa kita. Tokoh fiktif ini divisualisasikan melalui bagaimana sifatnya, dan bagaimana kecendrungannya dalam mengambil suatu keputusan. Orang yang dapat menciptakan konsumen fiktif ini adalah kamu sendiri sebagai pemilik bisnis atau tim marketing. Hal ini karena kamu adalah orang yang paham betul terkait dengan detail produk yang akan kamu pasarkan. Untuk dapat membuat buyer persona ini kamu perlu menggunakan imajinasi pikiran untuk berkhayal dan kemudian menulisnya. Meskipun terlihat mudah, banyak yang perlu kamu pikirkan untuk menciptakannya.<\/p>\n

 <\/p>\n

Detail Buyer Persona<\/strong><\/p>\n

Untuk menciptakan buyer persona ada beberapa hal mendetail yang harus kamu tentukan dan pikirkan seperti:<\/p>\n

1.Data Pribadi<\/p>\n

Untuk mengetahui buyer persona dalam bayanganmu, kamu harus mampu menjawab pertanyaan berikut ini untuk menggambarkan orang tersebut.<\/p>\n