{"id":4980,"date":"2020-08-06T16:55:29","date_gmt":"2020-08-06T09:55:29","guid":{"rendered":"https:\/\/www.sunmedia.co.id\/?p=4980"},"modified":"2021-10-26T12:48:24","modified_gmt":"2021-10-26T05:48:24","slug":"strategi-marketing-instagram","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/strategi-marketing-instagram\/","title":{"rendered":"Update Strategi Bisnis dengan Strategi Marketing Instagram!"},"content":{"rendered":"
Penggunaan sosial media kini telah menjadi rutinitas semua orang. Hampir setiap hari kita temui orang-orang yang asik bermain dengan gadget digenggamannya. Banyak sekali jenis sosial media yang telah berkembang dan setiap jenisnya memiliki fungsi dan tujuan berbeda pula atau bahkan dapat mencakup semuanya. Instagram merupakan salah satunya yang memiliki angka pengguna terbanyak dibanding jenis sosial media lainnya. Secara global pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 1 miliar dihimpun dari HootSuite<\/a>. Kemudian setidaknya ada sekitar 61juta lebih pengguna bulanan aktif di Indonesia, data ditunjukkan dari NapoleonCat. Angka ini tentu saja bukan bilangan yang sedikit. Jumlah pengguna yang berkembang pesat juga sangat mempengaruhi aktifitas publik dalam penggunaanya.<\/p>\n Penggunaan sosial media Instagram kini tidak lagi hanya sebatas mengeshare foto dengan tambahan caption sabagai pemanis konten individual. Namun, penggunaan Instagram kini juga telah banyak dimanfaatkan untuk berbisnis mengingat jumlah penggunanya yang fantastis. Nah, bagi kamu yang sedang atau baru memiliki sebuah bisnis, kini sudah saatnya kamu mengetahui teknik yang benar dalam mengelola akun bisnis Instagram untuk mendapatkan perhatian audience dan meningkatkan profit secara maksimal. Karena mendapatkan pembeli di Instagram sama halnya seperti di dunia nyata, jika keberadaan bisnismu tidak diketahui, aktivitas jual dan beli juga tidak akan dapat berlangsung begitu saja. Di dalam artikel ini akan membahas semua hal tentang Instagram untuk bisnis yang dapat membantu mengembangkan bisnis barumu.<\/p>\n Contents<\/p> <\/p>\n Akun bisnis telah tersedia di Instagram secara gratis. akun Instagram bisnis juga mempunyai beberapa fitur yang tak ada di akun Instagram pribadi. Beberapa di antaranya adalah kamu bisa membuat Instagram Ads. Profil bisnis juga memungkinkanmu untuk melihat\u00a0Insights\u00a0dan kemampuan untuk mempromosikan.<\/p>\n Jika masih menggunakan akun pribadi, kamu bisa mengubahnya dengan mudah. Masuk ke menu\u00a0Pengaturan,\u00a0klik\u00a0Akun\u00a0dan\u00a0Beralih ke Akun Profesional.<\/p>\n Insights di Instagram membantu memberi tahu informasi penting tentang followers dan postingan mana yang memiliki jangkauan dan engagement atau keterlibatan pelanggan paling tinggi. Dengan informasi-informasi ini, kamu bisa mengenal lebih dalam tentang perilaku (behaviour) dan demografis audience pada bisnismu. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai untuk audience.<\/p>\n Fitur promote pada Instagram memperbolehkan untuk menjadikan postingan pada akunmu sebagai ads atau iklan di aplikasi Instagram. Ads tentunya membantu untuk berhubungan dengan pelanggan bisnismu. Hanya dengan memilih salah satu postingan yang sudah dishare di Instagram dan menambahkan action button. Kamu bisa memilih target audience dan memperbolehkan Instagram menyarankan target audience untukmu. Setelah itu, postingan tersebut akan dipromosikan sebagai iklan selama period yang sudah dipilih.<\/p>\n <\/p>\n Setelah beralih ke akun bisnis, kini saatnya kamu mengoptimasi kembali profil instagrammu untuk dapat menarik konsumen dan mengubahnya menjadi konsumen tetap. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat akun bisnismu menjadi lebih menarik.<\/p>\n username Instagram bisnismu sebaiknya sama dengan username di profil social media bisnis lainnya agar mudah ditemukan. Selain username, informasi yang muncul di profil publik adalah website bisnismu (kolom untuk URL, yang bisa digunakan untuk mempromosikan campaign atau link yang terhubung langsung ke WA atau e-commerce) dan bio pendek. Gunakan bio untuk menjelaskan apa bisnismu dan apa yang orang-orang bisa harapkan dari akun Instagram tersebut. Call-to-action (CTA) harus ada dalam akhiran bio bisnismu. CTA ini untuk mendekatkan konsumen agar membeli produk Anda.\u00a0Contohnya dengan menambahkan kalimat \u201cDapatkan diskonnya sekarang!\u201d.<\/p>\n Foto profil adalah hal pertama yang orang-orang lihat saat mengunjungi akun bisnismu. Selain itu, foto profil juga akan muncul di setiap komentar atau postingan yang kamu buat. Jadi, foto profil merupakan elemen terpenting dalam sebuah profil akun instagram. Maka dari itu, pilihlah foto profil yang menggambarkan brand atau bisnismu. Umumnya, akun bisnis menggunakan logo bisnis\/perusahaan sebagai foto profil mereka. Namun, kamu juga bisa melakukan riset pada para pesaing untuk mengetahui foto profil apa yang mereka gunakan.<\/p>\n <\/p>\n Dengan akun bisnis, kamu perlu menyusun rencana marketing untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil yang konkrit untuk bisnismu.<\/p>\n Memilih waktu posting yang tepat dapat mempengaruhi jumlah like atau view dari postingan foto kita. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement paling tinggi. Setelah kamu melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calender atau kalender editorialmu untuk menjadwalkan waktu posting Instagram akun bisnismu.<\/p>\nInstagram For Business<\/strong><\/span><\/h3>\n
\n
Insights<\/strong><\/span><\/h4>\n<\/li>\n<\/ul>\n
\n
Promote<\/strong><\/span><\/h4>\n<\/li>\n<\/ul>\n
Optimasi Profil Bisnismu<\/strong><\/span><\/h3>\n
\n
\n
Strategi Konten Instagram Bisnis<\/strong><\/span><\/h3>\n
\n