{"id":4010,"date":"2019-11-22T03:17:50","date_gmt":"2019-11-21T20:17:50","guid":{"rendered":"https:\/\/www.sunmedia.co.id\/?p=4010"},"modified":"2021-12-21T15:23:19","modified_gmt":"2021-12-21T08:23:19","slug":"mengoptimalkan-seo-lokal-di-tahun-2020","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/mengoptimalkan-seo-lokal-di-tahun-2020\/","title":{"rendered":"Mengoptimalkan SEO Lokal di Tahun 2020"},"content":{"rendered":"
Apakah anda ingin bisnis anda dapat bersaing di pencarian lokal google pada tahun 2020? atau anda ingin mengetahui teknik SEO<\/strong><\/a> lokal apa saja yang berkembang pada pencarian lokal di tahun 2020? simak artikel berikut ini ya. Pada tahun 2020 SEO lokal di prediksi akan menjadi komponen paling penting pada pencarian di mesin pencari, hal ini dapat menyebabkan persaingan yang lebih intens pada bisnis lokal yang tentunya akan berdampak pada lebih sulitnya bisnis lokal untuk dapat mencapai puncak pada laman mesin pencari.<\/p>\n Pencarian lokal pada laman mesin pencari akan terus tumbuh seiring berkembang nya fitur Smartphone yang terhubung dengan kecerdasan buatan (Artificial intelligence<\/em>), tahun 2019 pencarian lokal melalui Smartphone tumbuh sebesar 46% dan 54% melalui Desktop dan di prediksi pada tahun 2020 pencarian lokal melalui Smartphone pada laman mesin pencari google akan mengalahkan pencarian pada platform Desktop.<\/p>\n Hampir setiap pencarian lokal selalu terkonversi menjadi penjualan, baik itu offline maupun online. Dalam hal ini berarti akan semakin banyak pebisnis lokal yang akan mempromosikan layanan maupun produk nya untuk dapat bersaing di halaman satu pada laman mesin pencari dan hal ini akan membuat SEO lokal<\/a> lebih sulit dari sebelumnya.<\/p>\n Contents<\/p> Pada tahun 2020 lebih dari 50% pencarian akan berbasis suara sehingga penggunaan ketikan akan lebih berkurang dari sebelumnya sehingga berefek pada jumlah pencarian menggunakan long tail keyword.<\/p>\n Ulasan pada Google Map akan memainkan peranan paling penting dalam pencarian lokal, Bisnis yang memiliki ulasan positif lebih banyak akan memiliki Kepercayaan yang lebih baik dan akan memiliki peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian lokal di laman mesin pencari.<\/p>\n Keterlibatan oleh pengguna juga akan menjadi salah satu kunci keberhasilan SEO lokal, Google akan memberikan ranking yang lebih tinggi kepada Bisnis yang menerima keterlibatan penggunanya secara maksimal.<\/p>\n Beberapa perubahan lama maupun baru yang akan berdampak pada pencarian lokal di tahun 2020.<\/p>\n RDP sendiri adalah singkatan dari Relevance (Relevansi), Distance (Jarak) dan Prominence (Keunggulan). Faktor RDP pada dasar nya akan di pertahankan oleh Google dan hal ini akan banyak berpengaruh pada keberadaan Bisnis anda secara keseluruhan di hasil pencarian lokal pada laman mesin pencari.<\/p>\n Relevansi berarti Apakah bisnis anda sudah memiliki kecocokan dan sesuai dengan keinginan si pengguna. Contohnya, apabila anda ingin mencari restoran yang dekat dengan anda maka google hanya akan memasukan daftar restoran yang dekat dengan anda secara geo lokasi, apabila anda ingin mencari Restoran padang, maka Google hanya akan memasukan beberapa daftar restoran padang yang paling terdekat dengan anda.<\/p>\n Distance berarti mengukur seberapa jauh jarak anda dari pada saat pencarian dilakukan. Bisnis maupun tempat atau restoran yang paling terdekat akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Contohnya, apabila anda berada di Denpasar, Bandung atau Jakarta dan mencari \u201crestoran padang di dekat saya\u201d dan Google akan mendeteksi geo lokasi anda maka restoran padang yang paling dekat dengan anda akan memiliki peringkat yang lebih tinggi.<\/p>\n Prominence berarti keunggulan bisnis anda dalam hal ini popularitas baik itu secara offline maupun online. Contohnya, jika anda mencari Restoran Pizza maka perusahaan yang telah memiliki popularitas seperti \u201cDomino\u2019s Pizza\u201d atau \u201cPizza Hut\u201d akan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan restoran pizza lokal lainnya.<\/p>\n Faktor utama yang akan membuat perbedaan terbesar pada SEO lokal di tahun 2020:<\/p>\n Google saat ini terus melakukan update secara berkala pada Algoritma mesin pencari nya, update pada Algoritma google tersebut dapat menentukan peringkat bisnis lokal yang lebih di sukai dan menjadi favorit oleh pengguna nya.<\/p>\n Oleh sebab itu, tidak perduli seberapa besar anggaran iklan anda, Bisnis yang memiliki produk dan layanan terbaik akan keluar sebagai pemenang di mesin pencari lokal. Oleh sebab itu cara-cara curang seperti ulasan, komentar dan like palsu tidak akan membantu peringkat bisnis anda pada hasil pencarian lokal maka segera ubah strategi bisnis anda dengan membuat produk yang \u201cngangenin\u201d atau memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan lebih mengutamakan pendekatan kepada pelanggan anda.<\/p>\n Penyebutan merek akan lebih berperan penting pada algoritma pencarian lokal google,<\/p>\n Seberapa populer merek anda? Apakah orang mendiskusikannya di forum, di komunitas atau di tulis pada artikel? Apabila orang-orang menyebutkan merek atau nama situs anda, nama bisnis anda, lokasi geografis bisnis anda namun tidak menautkan situs anda, hal tersebut mungkin dihitung dan membantu \u00a0Bisnis anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian Google.<\/p>\n Cara terbaik untuk mempopulerkan merek anda pada pencarian lokal adalah menghasilkankan konten yang relevan dengan target audiens anda.<\/p>\n Google mengendalikan hampir semua sumber daya yang di butuhkan untuk menilai popularitas dan reputasi bisnis anda, semua layanan Google melacak data pengguna yang akan di teruskan ke hasil pencarian lokal. Layanan Google tersebut mulai dari Google Chrome, Android, Google Maps, Gmail, Google Assistant dll akan mencatat data para pengguna sehingga bisnis dengan peringkat terbaik akan mendapatkan posisi teratas di pencarian lokal.<\/p>\n Fitur berbagi lokasi juga ikut berperan dalam pencarian lokal, Google juga menghitung berapa banyak orang yang telah menyematkan lokasi bisnis anda pada kontak mereka atau berapa banyak orang yang meminta lokasi bisnis dengan menggunakan fitur berbagi lokasi.<\/p>\n <\/p>\n Pencarian melalui suara meningkat 56% dalam 12 Bulan terakhir<\/em><\/p>\n Hasil survei BrightLocal<\/a> mengungkapkan bahwa sekitar 56% pengguna melakukan pencari bisnis lokal melalui Smartphone dalam 12 Bulan terakhir. Selain itu, survei yang sama juga mengungkapkan bahwa tiga pencarian lokal teratas melalui suara adalah restoran, toko kelontong, dan pengiriman makanan.<\/p>\n Hasil survei ini menunjukkan bahwa penggunaan suara sudah mulai menguasai pencarian lokal dan bisnis yang terlambat mengoptimalkan lokal SEO nya untuk pencarian suara akan memerlukan usaha yang lebih untuk meraih peringkat tertinggi di hasil pencarian lokal pada laman mesin pencari.<\/p>\n Berikut langkah-langkah yang perlu anda ambil agar dapat mengoptimalkan bisnis anda pada pencarian menggunakan suara:<\/p>\n Daftarkan bisnis anda pada laman Google Bisnisku<\/a> secara akurat, penyebutan nama bisnis, alamat lengkap bisnis, waktu buka dan tutup, harga yang tertera pada produk, menggunakan gambar dan video yang tepat, mengundang pengunjung untuk memberikan ulasan dan mencantumkan semua informasi lengkap yang mungkin di cari pada saat mereka mencari bisnis anda di laman mesin pencari. Google mungkin akan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum mengeluarkan hasil pencariannya seperti ulasan, popularitas bisnis, penyebutan nama bisnis, waktu buka dan tutup sebelum memberikan hasil pencarian yang paling relevan.<\/p>\n Teliti Kata kunci Long tail yang paling mungkin dicari oleh pengguna dalam menemukan bisnis anda di Google, sebagian besar kata kunci akan berbasis pada pertanyaan bisa dimulai dengan \u201capa\u201d, \u201cbagaimana\u201d, \u201ckapan\u201d, \u201cdi mana\u201d, dll. Gunakan tool seperti keywordtool<\/a> untuk mencari kata kunci long tail yang unik.<\/p>\nApabila anda pebisnis yang ingin bersaing pada SEO lokal maka beberapa hal berikut ini sangat perlu anda pertimbangkan:<\/strong><\/span><\/h2>\n
Faktor dasar pada SEO Lokal seperti RDP tidak akan berubah.<\/strong><\/span><\/h3>\n
\n
Bisnis yang memiliki Produk atau Layanan terbaik akan memiliki Peringkat tinggi pada laman mesin pencarian lokal.<\/strong><\/span><\/h3>\n<\/li>\n<\/ol>\n
\n
Penyebutan merek anda menjadi faktor kunci yang paling penting.<\/strong><\/span><\/h3>\n<\/li>\n<\/ol>\n
\n
Fitur berbagi lokasi akan ikut berperan pada pencarian Lokal.<\/strong><\/span><\/h3>\n<\/li>\n<\/ol>\n
\n
Voice SEO akan berperan lebih dominan pada pencarian Lokal<\/strong><\/span><\/h3>\n<\/li>\n<\/ol>\n
Daftar bisnis yang akurat<\/strong><\/span><\/h2>\n
Mengoptimalkan Long Tail Keywords<\/strong><\/span><\/h2>\n
Membuat bisnis Anda terdaftar di bawah panel pengetahuan<\/strong><\/span><\/h2>\n