Chatbot<\/a>?<\/p>\nBagi anda yang gemar berbelanja online tentunya pernah menanyakan informasi produk di platform e-commerce. Namun, jika status penyedia produk tidak online pada saat anda menanyakan informasi, anda akan mendapatkan balasan otomatis.<\/p>\n
Chatbot dibuat untuk melayani percakapan secara objektif dan responsif. Bagi pelaku usaha, fitur ini bermanfaat untuk menggantikan peran customer service. Chatbot berbentuk aplikasi yang bisa digunakan kapan pun. Tentunya kehadiran fitur ini dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan sebuah perusahaan untuk mempekerjakan seorang customer service.<\/p>\n
Teknologi AI penjawab pesan ini juga bisa digunakan untuk membalas email. Sistem AI akan menganalisa kata-kata yang digunakan untuk memberikan jawaban yang relevan.<\/p>\n
Kemampuan analisa yang dimiliki AI bisa dimanfaatkan untuk memprediksi penjualan melalui tren yang berkembang dan data perilaku konsumen. AI bahkan mampu melakukan penawaran produk kepada pengunjung potensial. Karena berbasis big data, AI mampu melakukan pengamatan terhadap data personal pengunjung, demografi, histori pencarian, bahkan kesukaan pengunjung.<\/p>\n
Maka tak heran, jika anda kerap menjumpai informasi yang sesuai dengan minat dan kesukaan anda. Misalnya, anda sedang mencari informasi mengenai ponsel, maka iklan yang muncul pada platform e-commerce mengarahkan anda kepada produk ponsel. Kemampuan ini tentunya memudahkan anda menentukan target pasar yang sesuai dengan bisnis yang anda tawarkan.<\/p>\n
AI Untuk Perbankan<\/strong><\/p>\nDi dunia perbankan saat ini berkembang konsep everyday bank. Konsep ini diterapkan untuk menganalisa perilaku nasabah terhadap kebutuhan dan transaksi perbankan.<\/p>\n
Pihak perbankan ingin mengenal nasabahnya secara personal. Penggunaan AI memungkinkan perbankan mendapatkan data berupa perilaku konsumen, selera, bahkan gaya hidup konsumen. Melalui data ini, perbankan akan mengeluarkan produk yang sesuai dengan minat dan kegemaran konsumen.<\/p>\n
Sebelum kehadiran teknologi AI, perbankan kerap melakukan analisa secara manual menggunakan wawancara dan survey. Metode konvensional ini tentu memakan waktu dan biaya. Fitur kecerdasan buatan membantu perbankan menganalisa kebutuhan nasabah secara lebih detail, sehingga membantu perbankan mengambil keputusan yang tepat saat meluncurkan suatu produk atau layanan.<\/p>\n
Penerapan AI Pada Kehidupan Sehari Hari<\/strong><\/p>\nArtifficial Intelligence (AI) saat ini sudah diterapkan di beragam perangkat, smartphone satu di antaranya. Berikut merupakan penerapan kecerdasan buatan pada smartphone:<\/p>\n
\n- Siri<\/li>\n<\/ul>\n
Siri merupakan contoh teknologi AI paling populer. Fitur ini berupa asisten pribadi virtual yang diaplikasikan pada produk Apple, seperti iPhone dan iPad. Siri dapat membantu anda menemukan informasi, mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, membuka aplikasi, bahkan melakukan panggilan suara.<\/p>\n