{"id":3991,"date":"2019-11-13T16:38:56","date_gmt":"2019-11-13T09:38:56","guid":{"rendered":"https:\/\/www.sunmedia.co.id\/?p=3991"},"modified":"2019-11-13T17:27:10","modified_gmt":"2019-11-13T10:27:10","slug":"teknologi-ai-untuk-pemasaran-online","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/teknologi-ai-untuk-pemasaran-online\/","title":{"rendered":"Manfaat Teknologi AI Untuk Masa Depan Pemasaran Online"},"content":{"rendered":"

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) diprediksi akan mempengaruhi tren pemasaran online di masa depan. Teknologi AI<\/strong> yang dirancang sebagai sistem yang mampu mensimulasikan kecerdasan manusia, saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku bisnis.<\/p>\n

\"\"

Teknologi AI Mampu Menganalisa Target Pasar Anda. (Ilustrasi: Adi Prayoga)<\/p><\/div>\n

Teknologi AI yang disematkan pada sistem komputer, memungkinkan penggunanya melakukan berbagai perintah tanpa harus bersentuhan dengan perangkat tertentu. Kemampuan meniru cara berpikir dan bertindak seperti manusia pada AI, memudahkan pelaku bisnis untuk menentukan strategi pemasaran, hingga menganalisa kompetitor.<\/p>\n

Google Voice<\/a> misalnya, teknologi AI yang diterapkan pada algoritma Google ini mampu mengenali dan membaca perintah melalui suara. Lewat teknologi ini, anda bisa mengucapkan perintah untuk mencari referensi bisnis, strategi pemasaran yang sesuai dengan bisnis anda, bahkan menganalisa tren yang sedang berkembang.<\/p>\n

Bayangkan saja, saat anda ingin mencari informasi sebuah produk, anda tinggal mengucapkannya, kemudian Google Voice akan memunculkan informasi terkait yang anda inginkan.<\/p>\n

Selain Google Voice, Google juga membuat kecerdasan buatan untuk mengenali gambar. Anda bisa menggunakan teknologi bernama Google Lens ini untuk meneliti gambar. Melalui kamera ponsel, anda bisa menidentifikasi informasi pada sebuah objek gambar, seperti merk, perusahaan, atau nama objek tersebut. Anda bahkan bisa mengubah bahasanya sesuai keinginan.<\/p>\n

Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna smartphone yang semakin meningkat juga berpengaruh terhadap penggunaan AI. Contoh yang paling sering digunakan adalah prediksi di mesin telusur Google. Sadar atau tidak, pada saat anda mengetikkan suatu kata kunci di mesin pencarian, secara otomatis Google memberikan referensi atau prediksi berupa kata kunci lainnya.<\/p>\n

Misalnya anda mengetikkan kata kunci \u201cBeli Handphone\u201d, Google juga akan menyertakan kata kunci turunan misalnya, \u201cBeli Handphone Murah, Beli Handphone Terbaru, Beli Handphone Android\u201d dan lain sebagainya. Teknologi untuk memprediksi pencarian ini lah yang disebut kecerdasan buatan.<\/p>\n

Teknologi AI Untuk Bisnis<\/strong><\/p>\n

Pada dasarnya, teknologi AI diciptakan untuk memudahkan manusia. Sistem ini dirancang untuk lebih cepat memecahkan masalah, teliti, dan efektif dalam menerima perintah. Berikut merupakan kelebihan kecerdasan buatan:<\/p>\n