{"id":2846,"date":"2019-07-16T09:29:09","date_gmt":"2019-07-16T09:29:09","guid":{"rendered":"https:\/\/www.sunmedia.co.id\/?p=2846"},"modified":"2021-10-26T13:08:07","modified_gmt":"2021-10-26T06:08:07","slug":"strategi-pemasaran-ini-bantu-umkm-go-international","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/strategi-pemasaran-ini-bantu-umkm-go-international\/","title":{"rendered":"Strategi Pemasaran Ini Bantu UMKM Go International"},"content":{"rendered":"
Keterbukaan akses pasar global berpengaruh pada iklim usaha di Indonesia. Peluang usaha baru<\/u> pun bermunculan. Seperti yang dialami oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Perkembangan UMKM di Indonesia berkontribusi sebesar 60 persen dalam pertumbuhan ekonomi nasional.<\/p>\n
Selain memerlukan modal minim, UMKM terbukti tangguh menghadapi persaingan global. Buktinya, banyak pelakunya yang mampu menembus pasar internasional. Schmiley Mo misalnya, produk fashion berbasis UMKM ini terkenal di Inggris.<\/p>\n
Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal brand ini. Schmiley Mo<\/a> merupakan brand fashion yang didirikan oleh pengusaha asal Indonesia bernama Dina Rikasari. Produk yang menerapkan fashion design<\/u> untuk kaum urban modern ini bahkan sudah dipamerkan di Pure London, Olympia, sebuah ajang fashion ternama dunia.<\/p>\n Hal serupa juga dialami oleh Ghendis Bag, produk berupa tas berbahan eceng gondok ini berhasil menembus pasar Jepang dan Amerika Serikat. Produk ini diciptakan oleh seorang dokter gigi, Ferry Yuliana. Siapa sangka, berkat tangan dinginnya, eceng gondok yang dianggap sebagai tanaman hama dapat mendatangkan keuntungan.<\/p>\n Jadi jangan menganggap remeh sektor usaha ini, karena jika ditunjang oleh digital strategy <\/strong>yang tepat, produk UMKM berpeluang besar go international. Berikut sejumlah strategi yang bisa diterapkan :<\/p>\n Contents<\/p> Produk adalah komponen utama dalam sebuah bisnis. Namun, untuk menentukan produk yang sesuai selera pasar bukanlah perkara mudah. Lakukanlah riset mengenai tren yang berkembang, produk apa yang sedang diminati, dan perilaku konsumen terhadap sebuah produk.<\/p>\n Tak hanya berkualitas, produk yang menjual juga harus menjawab kebutuhan konsumen. Pernahkah anda mendengar tentang produk minuman kopi susu kekinian yang sedang hits?<\/p>\n Kenapa produk itu bisa laris di pasaran? Jawabannya karena sesuai selera pasar. Selain itu kopi susu kekinian yang akhir-akhir ini hits itu menerapkan strategi digital marketing yang mumpuni. Sebuah produk yang disukai menerapkan berbagai kemudahan untuk konsumen.<\/p>\n Misalnya layanan pesan antar melalui aplikasi digital. Konsumen tidak perlu lagi mengantri di caf\u00e9, atau di sebuah gerai untuk sekadar menikmati kopi susu. Cukup membuka ponsel, memilih menu, melakukan pembayaran, dalam lima menit produk tersebut sudah sampai di depan anda.<\/p>\n Ini yang perlu diperhatikan, jangan sampai salah menentukan harga jual produk agar tidak mengalami kerugian. Ada sejumlah metode yang diterapkan untuk menentukan harga jual, antara lain :<\/p>\n Karena posisi menentukan prestasi. Hal ini berguna saat anda ingin membuka gerai, atau etalase untuk produk anda secara offline. Pilihlah lokasi yang menjangkau target pasar anda. Antara lain :<\/p>\n Lokasi yang dekat pusat keramaian memberi anda peluang yang besar untuk menjangkau calon konsumen. Pilihlah yang sesuai target pasar anda, misalnya anda membuka sebuah butik, pilihlah lokasi yang dekat kawasan wisata. Butik atau gerai busana menyediakan produk yang terbatas dan eksklusif, maka pangsa pasar produk ini adalah kalangan menengah ke atas dan wisatawan asing.<\/p>\n Atau misalnya anda membuka kedai kopi, anda harus mencari lokasi yang diminati kaum milenial, atau pekerja kantoran. Intinya, lokasi yang ramai berpeluang untuk mendatangkan konsumen lebih banyak. Lokasi yang ramai juga menjadi pertimbangan bagi para investor untuk menanamkan modal pada usaha anda.<\/p>\n Di era digital seperti sekarang, setiap barang dan jasa menjadi mudah dijangkau konsumen. Namun, bukan berarti anda membuka usaha di pelosok daerah yang tidak dijangkau transportasi.<\/p>\n Faktor ini berkaitan dengan tampilan produk yang anda jual. Buatlah kemasan yang menarik dan sedap dipandang. Karena kemasan yang menarik sangat berpengaruh pada selera konsumen.<\/p>\n Misalnya produk yang anda jual adalah tempe goreng. Produk yang sangat sederhana dan biasa saja. Namun, jika anda mengemas tempe goreng lebih menarik, seperti memberi tambahan keju dan cokelat, atau dibaluri cabai berbagai level, tentunya produk yang biasa saja menjadi luar biasa.<\/p>\n Untuk menembus pasar internasional, tentunya produk yang anda jual harus mudah diakses secara global. Memanfaatkan pasar online dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengembangkan bisnis anda. Digital marketing <\/strong>bisa menjadi solusi bagi UMKM yang ingin meninkatkan brand awareness sebuah produk.<\/p>\n Namun, untuk memenangkan persaingan digital, anda harus menerapkan sejumlah strategi, antara lain :<\/p>\n Memanfaatkan pemasaran digital akan menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang anda keluarkan untuk mempromosikan produk. Pemasaran digital memiliki tujuan yang jelas, dan terpantau secara langsung (real-time).<\/p>\n Anda bisa menerapkan strategi yang sesuai untuk menjaring konsumen melalui variabel yang disajikan oleh website anda. Misalnya berapa banyak pengunjung situs anda, dan kapan mereka melihat produk anda. Berdasarkan data tersebut, promosi yang anda lakukan lebih efektif.<\/p>\n Bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan digital marketing, tentunya sudah akrab dengan konten. Konten yang berkualitas dapat menarik minat konsumen.<\/p>\nSesuai Selera Pasar<\/span><\/h4>\n
Harga Jual<\/span><\/h4>\n
\n
Lokasi Yang Strategis<\/span><\/h4>\n
\n
\n
\n
Gunakan Digital Marketing<\/span><\/h4>\n
\n
\n