{"id":2817,"date":"2019-07-11T03:23:39","date_gmt":"2019-07-11T03:23:39","guid":{"rendered":"https:\/\/www.sunmedia.co.id\/?p=2817"},"modified":"2021-10-26T14:14:54","modified_gmt":"2021-10-26T07:14:54","slug":"6-trik-jitu-raih-keuntungan-dari-facebook-marketing","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/sunmedia.co.id\/blog\/6-trik-jitu-raih-keuntungan-dari-facebook-marketing\/","title":{"rendered":"6 Trik Jitu Raih Keuntungan Dari Facebook Marketing"},"content":{"rendered":"
Siapa yang tak kenal Facebook, social media yang memiliki 2,2 miliar pengguna aktif ini masih diminati sampai saat ini. Berdasarkan riset dari We Are Social<\/em><\/a>, dan Hootsuit<\/em>, pengguna media sosial (medsos) di Indonesia mencapai 150 juta. 80 persen diantaranya merupakan pengguna Facebook, disusul Instagram, Twitter, dan Snapchat.<\/p>\n Kepopuleran medsos ini juga berdampak positif bagi iklim usaha di Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya pelaku usaha yang menggunakannya sebagai sarana pemasaran. Namun, bukan berarti menggunakan medos menjamin keberhasilan anda dalam menghasilkan keuntungan yang signifikan.<\/p>\n Ada beragam strategi yang harus diperhatikan. Banyak pula yang beranggapan bahwa memasarkan produk di Facebook harus membayar iklan. Memang betul, tapi jika anda memiliki strategi digital marketing yang baik, jumlah modal yang anda keluarkan untuk Facebook Ads akan menghasilkan keuntungan yang berkalilipat.<\/p>\n Bagaimana caranya?, anda hanya perlu mempelajari sejumlah tips berikut agar strategi pemasaran anda efisien dan tepat sasaran :<\/p>\n Contents<\/p> Permasalahan yang kerap timbul ketika anda mengunakan Facebook adalah minimnya riset terhadap saingan anda. Banyak pelaku usaha yang gagal memasarkan produknya karena salah langkah, atau tepatnya tidak memahami yang disukai oleh calon konsumen mereka.<\/p>\n Sebagian besar karena terlalu banyak mengunggah barang dagangan secara membabi buta, tanpa mempelajari perilaku saingan mereka dalam memasarkan produk di Facebook.<\/p>\n Carilah sedikitnya 5 pesaing anda, dan jadikan mereka referensi. Usahakan untuk mencari halaman (page) saingan anda yang memiliki banyak follower. Dari situ, anda akan belajar mengenai :<\/p>\n Social media besutan Mark Zuckerberg ini telah menyediakan bermacam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Fan Page dipersiapkan Facebook untuk berbagai tujuan, satu di antaranya untuk keperluan bisnis.<\/p>\n Daripada menggunakan Fan Page untuk akun pribadi, lebih baik anda memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk mempromosikan produk. Setelah anda membuat Fan Page, yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :<\/p>\n Ulasan yang positif dapat memancing minat konsumen anda. Misalnya mengenai kualitas produk yang disertai bukti bahwa produk anda layak dibeli mereka. Ingat, tingkat kepercayaan konsumen adalah yang utama dalam sebuah bisnis.<\/p>\n Buatlah ulasan secara rutin. Apabila produk anda banyak diminati di situs lain, manfaatkanlah fitur tangkapan layar (screenshoot<\/em>) di ponsel anda untuk dibagikan ke Fan Page. Usahakan produk anda mendapatkan ulasan yang positif.<\/p>\n Jangan sungkan untuk meminta tanggapan dari para pelanggan anda. Mintalah feedback yang positif. Karena tidak sedikit pelanggan yang gemar mengulas suatu produk secara detail jika mereka puas terhadap produk tersebut.<\/p>\n Fan Page tidak selamanya menjadi sarana berjualan. Anda harus lihai menyajikan konten menarik dan berkualitas pada Fan Page yang anda miliki. Sebaiknya, konten yang dibagikan relevan dengan produk anda, juga memberikan manfaat kepada para pengikut (follower<\/em>) nya.<\/p>\n Konten yang menarik berfungsi sebagai selingan agar calon konsumen tidak sekadar lewat begitu saja di Fan Page anda. Simak ulasan mengenai content marketing di sini<\/p>\n Facebook menyediakan fitur grup untuk penggunanya. Grup adalah sarana yang tepat untuk menciptakan komunitas yang sesuai target pasar anda. Misalnya, anda memiliki bisnis di bidang kuliner, anda bisa bergabung dengan grup kuliner, atau komunitas penggemar kuliner. Sehingga, target pasar yang anda tuju terbangun dalam komunitas yang terfokus pada satu tema.<\/p>\n\n
Pelajari Saingan Anda<\/span><\/h4>\n<\/li>\n<\/ol>\n
\n
\n
Gunakan Fan Page<\/span><\/h4>\n<\/li>\n<\/ol>\n
\n
\n
\n
Bagikan Konten Berkualitas<\/span><\/h4>\n<\/li>\n<\/ol>\n
\n
Manfaatkan Grup dan Mainkan Tanda Pagar<\/span><\/h4>\n<\/li>\n<\/ol>\n