Berita

Strategi Bisnis dengan Trend Marketing Tahun 2021

Memiliki bisnis dan memulai bisnis disaat seperti ini bukanlah perkara mudah. Kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya stabil sangat memberikan tantangan bagi pebisnis saat ini. Di saat-saat seperti ini kita tahu bahwa Pandemi membuat kita mengganti pola hidup kita. Dengan adanya new normal kita semua memiliki tatananan kebiasaan baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari memakai masker, menggunakan hand sanitizer, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan masih banyak lagi. Pandemi membuat kita harus menyusun langkah strategi baru dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari. Beberapa kantor bekerja dari rumah, para murid sekolah melakukan pembelajaran lewat media daring. Semua kebiasaan dalam aspek kehidupan telah berubah. Perlahan kita belajar beradaptasi untuk bagaimana dapat bertahan di situasi Pandemi seperti saat ini.Saatnya kamu belajar juga tentang Strategi Bisnis dengan Trend Digital Marketing Tahun 2021.

Begitu pula dengan bisnis, dulu kita terbiasa berbisnis dengan menggunakan metode lama. Metode-metode bisnis dulu jika diterapkan sekarang tentu sangatlah sulit. Dulu pada masanya kita dapat menjemput pelanggan langsung dengan menawarkan brosur-brosur promo dari produk barang atau jasa kita. Namun, sekarang semua promo dan brosur bertransformasi menjadi selebaran dengan berbasis digital atau online. Penyebarannya dilakukan lewat sosial media, aplikasi chatting online, dan media lainnya. Dulu memiliki bisnis dengan banyak cabang sangatlah menguntungkan. Mengajak pembeli untuk datang ke outlet kita sangatlah memberikan dampak pemasukan yang sangat signifikan. Sekarang sudah tidak bisa seperti itu lagi. Dengan adanya PSBB kita dibatasi dengan jumlah pengunjung yang bisa datang ke tempat kita dan juga banyak daerah diterapkannya jam malam sehingga banyak outlet bisnis tidak bisa buka sampai malam.
Kita harus sadari bahwa pola bisnis saat ini juga harus berubah. Cara-cara dulu tidak bisa kita terapkan sepenuhnya di masa kini. Perlu ada media lain dan cara lain agar bisnis kita dapat bertahan. Setidaknya bisa menghasilkan pemasukan untuk menutup kerugian dari bisnis kita. Teknologi hadir di kehidupan kita untuk mempermudah permasalahan yang terjadi dalam hidup kita. Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang permasalahan bisnis. Bagaimana kita dapat belajar untuk menjalankan bisnis kita yang dibantu dengan teknologi? Sesuatu yang baru bagi Anda untuk meyatukan strategi bisnis menggunakan teknologi.
Sudah bukan zamannya lagi orang harus datang ke outlet dan toko kita untuk dapat membeli produk atau memesan jasa kita. Sekarang semua berbasin digital online. Dari pemesanan online,pengantaran bisa kita pantau via online,menjual makanan lewat aplikasi ojek online, dan semua berbasis online. Sampai pada akhirnya kita mau promosi produk barang atau jasa kita semua lewat online. Seperti sosial media Facebook, Instagram, Youtube dan lain-lain. Promosi produk dan jasa lewat online harus didukung dengan bsinis strategi berbasis online pula agar tercipta pola bisnis online yang baik dan tidak merepotkan. Trend digital marketing 2021 pada saat ini yang wajib Anda tahu agar bisnis Anda bertahan disaat seperti ini sebagai berikut :

1. SEO (Search Engine Optimization)
Menurut platform teknologi SEO atau Search Engine Optimization menjadi kebutuhan utama produk saat ini. Ketika orang mencari produk Anda di internet orang perlu tau dan mengerti detail dari produk dan jasa yang Anda tawarkan. Melalui SEO Anda harus memiliki website yang di optimasi agar lebih gampang dicari oleh konsumen.
Memiliki website yang berkualitas menjadi faktor pendukung untuk produk dan jasa Anda memiliki nilai kredibilitas tinggi ketika konsumen mencari produk Anda. Website harus bersifat informatif dan edukatif agar konsumen mengerti dan paham betul tentang produk Anda, sehingga konsumen ingin membeli produk barang atau menggunakan jasa Anda.

2. Trend Sosial Media
Menurut platform kini setiap aktivitas manusia terekspose di sosial media. Mencari dan membuat hal-hal menjadi trend sangatlah mudah di sosial media. Produk atau jasamu haruslah memilki akun sosial media. Dengan itu maka orang akan lebih mudah mencari tentang produkmu di sosial media. Mereka akan menilai seberapa penting dan butuh konsumen terhadap produk Anda di saat seperti ini.
Membuat konten sesuai dengan trend sosial media sangatlah penting. Dengan begitu orang-orang akan tertarik melihat akun sosial media Anda dan mencari tahu tentang produk Anda. Harus memiliki ide kreatif agar bisa mengemas trend saat ini agar cocok dengan produk kita. Dengan mengikuti trend sangatlah penting untuk mendapat perhatian dari konsumen tetapi ingat juga untuk selalu menjadi kreatif agar para pengguna sosial media tidak bosan dengan konten yang Anda berikan.
Dengan desain dan foto yang menarik dapat membuat sosial media Anda dilirik oleh para pengguna sosial media. Dengan itu juga dapat menambah jumlah pengikut Anda di sosial media sehingga banyak yang mengetahui dan ingin membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Konten Video Marketing juga sangat membantu untuk memberikan eksistensi produk dan jasa Anda di sosial media. Jangan lupa memberikan penulisan-penulisan untuk berinteraksi dengan para pengguna sosial media di profil Anda itu juga sangat penting menjaga interaksi antara Anda dengan para pengikut Anda di sosial media.

3. Google Ads dan Facebook Ads
Platform digital saat ini terbesar dipegang oleh Google dan Facebook. Google sebagai alat pencarian internet terbesar di dunia. Saat ini Google memiliki banyak pengguna internet yang bisa diberikan iklan tentang produk atau jasa Anda. Google Ads dan Facebook Ads menjadi alat digital paling terjangkau saat ini untuk beriklan di media digital. Facebook sebagai penyedia produk dengan pengguna sosial media terbesar di dunia. Dengan begitu kita juga bisa memasarkan produk dan jasa Anda lewa fitur Facebook bisnis yang dapat membantu bisnis Anda.
Google Ads adalah alat dalam dunia digital bisnis yang dimana Anda bisa memasarkan produk Anda kepada target konsumen yang sedang mencari produk sejenis atau yang berkaitan dengan produk Anda. Google Ads menggunakan metode ketika konsumen menjari produk atau solusi dari permasalahan mereka disitu Google bekerja untuk memberikan iklan yang Anda rancang sesuai dengan kebutuhan orang yang mencari solusi di Google. Dengan begitu nanti Anda akan berurusan dengan data-data statistik, tentang berapa banyak konsumen mencari produkmu atau seberapa pentingkah produk atau jasamu dibutuhkan oleh konsumen. Dari Google Anda akan mempelajari tren-tren yang terjadi lewat data-data analitik kuantitatif yang akan membantu Anda menyusun strategi bisnis baru di saat seperti ini.
Facebook Ads sebagai sosial media memiliki kerja berbeda dengan Google Ads. Facebook sebagai platform sosial media lebih memberikan iklan produk dan jasamu pada klasifikasi ketertarikan konsumen. Dengan begitu Anda harus sudah tahu kira-kira bagaimana produk Anda disukai dengan tipe konsumen yang tertarik pada hal apa. Di Facebook Anda juga akan berususan dengan data-data ketertarikan konsumen saat ini. Data trend menjadi penting di sosial media untuk akun bisnis Anda.

Untuk memulai digital marketing memang harus melakukan proses belajar dan uji coba yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama bagi Anda untuk belajar dari awal dan mulai memasarkan produk Anda lewat online. Kami paham memikirkan cara untuk dapat mempertahankan bisnis Anda saja sudan membutuhkan effort yang cukup besar, apalagi harus menghandle sendiri campaign digital marketing Anda. Tentu hal yang ttidak mudah bukan?
Sun Media Digital Agency hadir untuk Anda para pebisnis yang ingin menggunakan ikut serta mengikuti trend marketing 2021 baik itu untuk bisnis online dalam bisnis Anda maupun sebagai penunjuang marketing bisnis offline yang telah Anda miliki. Team kami bekerja dengan sangat professional dan teliti dalam menganalisa produk dan jasa Anda yang ingin kami marketingkan pada segment target konsumen Anda. Kami akan membantu Anda lewat team kami yang handal dalam melakukan pekerjaannya dan juga menemukan solusi kreatif dari permasalahan promosi Anda di dunia digital. Untuk pelayanan dan infomasi lebih lanjut segera hubungi CS kami sekarang.