SEO

Pentingnya SEO On Page Untuk Bisnis Kamu!

Jika kamu seorang Blogger atau pemilik website tentunya sudah tidak asing lagi dengan Search Engine Optimization (SEO). Tentunya semua orang ingin website-nya berada di peringkat pertama dihalaman pencarian Google. Pasalnya , itu sangat penting karena dapat meningkatkan traffic website, brand awereness, dan meningkatkan penjualan.

SEO On Page merupakan hal penting untuk optimalisasi website kamu  agar bisa berasa di posisi teratas Google maupun Search Egine lainnya.

Di artikel ini, Sun Media akan membahas mengenai apa itu SEO On Page dan bagaimana cara optimasinya.

 

Apa Itu SEO On Page? 

Ini merupakan cara optimalisasi SEO yang dilakukan pada sebuah konten atau artikel yang akan di-publish, dimana cara ini berfokus pada faktor-faktor yang terdapat dalam sebuah konten, seperti keywords, tag, kode HTML dan sebagainya.

Selain itu, SEO On Page juga bisa ningkatin kualitas konten yang ada dalam website, sehingga konten tersebut lebih mudah dibaca dan dipahami oleh web visitors nantinya. Supaya nantinya web kamu bakalan lebih reliable juga buat mereka.

 

Mengapa SEO On Page Penting?

SEO On Page menjadi penting karena dapat membantu mesin pencari untuk memahami situs dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah relevan dengan kueri penelusuran.

Mengoptimasikan SEO On Page harus diprioritaskan. Karena Algoritma Google Search terus mengalami perkembangan untuk menyajikan hasil pencarian yang sesuai dengan keinginan pencari.

Hal itu menunjukan bahwa, aspek penataan struktur dan isi konten pada halaman page kamu sangat krusial untuk memberikan sinyal kepada mesin pencarian bahwa konten yang kamu sediakan relevan dengan pencarian tertentu.

 

Cara Optimasi SEO On Page 

Setelah mengetahui mengapa SEO on page itu penting, sekarang saatnya untuk mulai mengoptimalkan konten dan website kamu. Ada beberapa cara optimasi SEO On Page yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah:

1. Konten yang Berkualitas 

Pengguna menggunakan Google Search untuk mencari konten yang berkualitas. Google Search harus memahami konten sebelum menunjukkannya kepada pengguna.

Apakah informasi bisa dipercayai?

Apakah penulis artikel itu ahli dan memberikan perspektif yang unik?

Apakah konten yang disertakan asli dengan analisis yang orisinil?

Apakah konten itu duplikat atau dibuat secara otomatis?

Apakah kualitas dan gaya penulisan unik, berharga dan menarik?

Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (EAT) adalah kerangka kerja yang digunakan penilai Google untuk menilai pembuat konten, halaman web, dan situs web secara keseluruhan. 

Google selalu mengutamakan konten berkualitas tinggi. Ia ingin memastikan bahwa situs yang menghasilkan konten berkualitas tinggi dihargai dengan peringkat yang lebih baik dan situs yang membuat konten berkualitas rendah mendapatkan visibilitas yang lebih rendah.

 

2. Buat Judul yang Menarik 

Saat user mencari informasi lewat Google, yang muncul di hasil pencarian adalah judul dan deskripsi dari konten atau web atau dikenal Search Engine Result Page (SERP.) Membuat judul yang menarik dapat membuat orang tertarik untuk membaca konten atau halaman web kamu.

Selain itu judul juga membantu Google untuk memahami konten atau halaman sebuah web. Sebuah tag title HTML yang ada di bagian head dari setiap halaman web, memberikan isyarat atau konteks awal tentang materi pokok topik dari masing-masing halaman itu.

Sebagian besar CMS (seperti WordPress) secara otomatis menambahkan tag H1 ke judul posting blog kamu. Ini ditampilkan secara mencolok di halaman hasil mesin pencari (biasanya digunakan sebagai link yang dapat diklik) serta di jendela browser.

Tag judul yang hilang, duplikat, dan ditulis dengan buruk dapat berdampak negatif pada hasil SEO kamu, jadi pastikan untuk mengoptimalkan elemen ini.

 

3. Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah tag meta yang memberikan deskripsi tentang apa halaman itu, sering kali ditampilkan dalam SERP di bawah judul halaman. Meta deskripsi menjadi poin pengoptimalan yang penting untuk SEO.

Mengoptimalkan deskripsi meta dengan benar dapat membantu meningkatkan:

  • Rasio klik-tayang (CTR).
  • Persepsi kualitas hasil.
  • Persepsi tentang apa yang ditawarkan situs web kamu.

 

4. Heading dan Subheading

Tag heading adalah elemen HTML (H1-H6) yang digunakan untuk mengidentifikasi judul dan sub judul dalam konten kamu dari jenis teks lain (Teks paragraf).

Tag heading tidak terlalu penting untuk peringkat situs kamu seperti dulu, tetapi tag ini masih memiliki fungsi penting untuk pengguna dan SEO kamu.

Mereka secara tidak langsung dapat memengaruhi peringkat kamu dengan:

  • Membuat konten kamu lebih mudah dan menyenangkan untuk dibaca pengunjung.
  • Memberikan konteks yang kaya kata kunci tentang konten kamu untuk mesin pencari.
5. Penulisan SEO 

Penulisan SEO berarti menulis konten dengan mempertimbangkan mesin pencari dan pengguna. Ada strategi di balik menulis konten SEO yang solid -dan ini lebih dari sekadar penelitian kata kunci dan mengisi kekosongan.

Hanya memproduksi konten untuk kepentingan itu saja tidak akan berhasil. Ingatlah bahwa kamu menulis konten untuk orang-orang , oleh karena itu, konten tersebut harus berkualitas tinggi, penting, dan relevan.

6. Optimasi Gambar

Menambahkan gambar adalah cara yang baik untuk membuat laman web kamu lebih menarik. Tetapi tidak semua gambar dibuat sama, beberapa bahkan dapat memperlambat situs web kamu.

Mengoptimalkan gambar dengan benar akan membantu kamu memaksimalkan aset SEO yang berharga. Optimasi gambar memiliki banyak keuntungan, seperti: Peluang peringkat tambahan (muncul di Penelusuran Gambar Google).

Pengalaman pengguna yang lebih baik. Dan pastikan untuk memasukkan gambar yang mendukung konten kamu dan gunakan judul deskriptif dan teks alt.

 

7. Audit Konten 

Sebagian besar pembuat konten berfokus pada pembuatan konten baru yang mereka lupa untuk mengaudit konten mereka yang sudah ada. Dan ini adalah kesalahan.

Mengaudit konten yang ada sangat penting karena membantu kamu. Evaluasi apakah konten kamu yang ada mencapai tujuannya dan memperoleh ROI. Identifikasi apakah informasi dalam konten kamu masih akurat atau sudah basi (atau bahkan ketinggalan zaman)

Tentukan jenis konten yang cocok untuk kamu. Audit konten dapat sangat membantu strategi SEO kamu dan harus dilakukan secara teratur.

 

Meskipun proses dan hal-hal terkait optimalisasi SEO On Page ini terlihat rumit, namun penerapannya sendiri sebetulnya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Dengan memperhatikan dan melakukan hal-hal yang di jabarkan kamu udah melakukan SEO On Page dengan baik.

Tapi kalau kamu tidak mau repot, bisa langsung menghubungi Sun Media melalui WhatsApp buat obrolin ini lebih lanjut. Dengan senang hati kami akan membantu kamu untuk mengoptimasi agar website anda memiliki hasil pencarian yang bagus di Google. Dengan hasil pencarian yang baik di Google, maka akan memperbesar kemungkinan bisnis kamu akan semakin dikenal oleh user