Digital Marketing

Pentingnya KPI Social Media untuk Bisnis Kamu!

Key Performance Indicator (KPI) adalah cara yang digunakan oleh social media marketing untuk mencapai tujuan. KPI menjadi bagian terpenting dalam membangun pemasaran di social media maupun lainnya. Oleh karena itu banyak perusahaan pemasaran yang menggunakan KPI dalam mengukur keberhasilan mereka untuk mencapai tujuan perusahaan.

Apa itu KPI Social Media ?

KPI Social Media adalah metric yang digunakan untuk menentukan apakah strategi social media marketing kamu sudah berjalan efektif memenuhi tujuan atau belum. 

Dengan kata lain, KPI melakukan monitoring jalannya campaign social media serta menganalisis dampaknya bagi perusahaan atau bisnis kamu.

KPI akan melacak secara kolektif data yang berhubungan dengan berbagai platform social media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

 

Bagaimana Cara Menentukan KPI Social Media ?

Ketika hendak menetapkan KPI Social Media, pastikan KPI tersebut mencerminkan tujuan bisnis kamu secara menyeluruh.

Untuk menentukannya, kamu bisa menggunakan metode SMART sebagai berikut:

Specific

Pastikan kamu memiliki target dan tujuan sejelas mungkin. Jelaskan bagaimana mengukur KPI dapat membantu perusahaan dalam mencapai target bisnis tersebut. 

Misalnya, berapa target followers yang ingin kamu capai bulan depan atau berapa rasio CTR yang kamu targetkan di akhir tahun.

Measurable

Measurable mengartikan kamu harus bisa melacak dan mengukur semua kemajuan social media yang kamu jalankan. Sebagai contoh, selama evaluasi bulanan, ketahui sudah seberapa dekat kamu dengan tujuan awal dan target yang ingin dicapai.

Attainable

Bersikaplah realistis dengan menetapkan KPI yang benar-benar bisa kamu jangkau. Jangan membuat tujuan yang terlalu jauh dengan sumber daya dan cakupan tim kamu untuk menjangkaunya.

Relevant

Pastikan setiap KPI social media yang kamu  tentukan dapat terhubung dengan tujuan bisnis yang lebih besar dan relevan dengan tujuan perusahaan.

Timely

Buatlah timeline yang jelas untuk mencapai tujuan kamu. Misalnya, kamu menargetkan KPI tersebut dalam jangka waktu satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun.

 

KPI Social Media yang Perlu Diukur

KPI Reach adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang melihat akun dan postingan social media. Hal ini juga berhubungan dengan jumlah potensial orang yang bisa dijangkau dengan strategi marketing kamu.

Meski interaksi yang dilakukan masih bersifat pasif, namun data ini akan menunjukkan siapa audiens yang potensial dalam menaikkan pertumbuhan dari waktu ke waktu dan meningkatkan brand awareness.

 

KPI Reach Perlu untuk Diukur

Follower Count

Setiap platform social media tentu memiliki pengikut atau penggemarnya sendiri. Angka followers tersebut bisa ditemukan tepat di halaman profil akun kamu.

Follower count atau jumlah pengikut dapat memberi tahu berapa banyak akun yang mengikuti brand atau perusahaan kamu.

Impressions

Impressions menunjukkan berapa kali postingan kamu muncul dan terlihat di feed atau timeline user. Namun, hal ini bukan berarti user benar-benar memperhatikan atau melihat postingan tersebut.

Apabila suatu akun melihat postingan yang sama sebanyak 5 kali, ini berarti 5 impressions.

Potential Reach

Dalam social media, potential reach akan mengukur jumlah potensi orang yang bisa melihat postingan kamu selama periode tertentu. Dengan kata lain, jika followers kamu membagikan postingan kamu dengan jaringan atau followers mereka, maka 2% hingga 5% followers akun tersebut diperkirakan masuk dalam potential reach postingan kamu.

Web Traffic

Web traffic digunakan untuk melihat seberapa baik kinerja postingan kamu yang berhasil membawa audiens ke website. Metric ini menunjukkan berapa kali seseorang mengklik dari akun social media kamu untuk kemudian membuka salah satu halaman website yang tersedia.

Share of Voice

Metric ini melacak seberapa banyak orang yang menyebutkan brand kamu dibanding brand kompetitor. Sederhananya, ini menunjukkan seberapa relevan brand kamu di industri terkait.

 

KPI Social Media Engagement

KPI untuk social media engagement akan mengukur kualitas interaksi antara platform social media kamu dengan followers

KPI berikut ini menunjukkan seberapa interaktif konten dan brand-mu dengan audiens.

Likes

Likes mengukur berapa banyak followers kamu yang berinteraksi dengan konten social media dengan cara mengklik tombol suka.

Likes menunjukkan bahwa audiens menyukai atau menghargai postingan kamu. Semakin banyak likes yang didapatkan bisa saja mengartikan bahwa audiens tertarik dengan konten yang kamu buat atau brand yang kamu promosikan.

Comments 

Comment atau komentar juga merupakan salah satu interaksi penting bagi setiap platform bisnis social media. Komentar yang masuk akan membantu kamu mengetahui pendapat audiens serta apa saja yang diharapkan dan dibutuhkan audiens dengan bisnis kamu. 

Kamu juga harus mengetahui apakah komentar yang masuk merupakan komentar positif atau negatif. Dengan begitu, perusahaan bisa mempertimbangkannya untuk mengembangkan strategi bisnis di masa mendatang.

Mentions

Mention adalah langkah yang dilakukan audiens saat menyebutkan atau menandai akun social media kamu dalam sebuah postingan, komentar, story, atau juga direct message.

Shares

Mengetahui berapa banyak orang yang membagikan postingan atau profil social media brand kamu merupakan salah satu cara efektif untuk mengukur engagement. Hal ini mengartikan postingan atau profil kamu dianggap menarik hingga mereka merasa harus membagikannya ke orang atau platform lain.

Profile Visits

Saat seseorang baru mengetahui perusahaan atau brand kamu, mereka biasanya akan melakukan pencarian dan memeriksa halaman profil dengan cara mengunjungi platform social media kamu.

Jumlah kunjungan profil ini akan memberi tahu seberapa sering halaman social media bisnis dilihat audiens dalam jangka waktu tertentu.

Rata-rata Engagement Rate

Metric ini membagi semua engagement yang diterima dalam suatu postingan social media (likes, comments, share, save, dan favorites) dengan jumlah total followers akun kamu. Dengan ini, kamu bisa mengetahui apakah konten kamu sudah sudah cukup menarik.

 

Apakah kamu sudah menggunakan KPI untuk bisnis social media kamu?

SunMedia merupakan digital marketing agency di Bali dengan pengalaman mengelola social media marketing dari brand berbagai sektor bisnis.

 

SunMedia Digital Marketing siap membantu kamu untuk merancang dan menerapkan strategi Instagram marketing yang tepat untuk membantu bisnis kamu mencapai performa penjualan yang lebih baik lewat jasa social media marketing kami.