blog, Marketing

Ide Bisnis Selama New Normal di Dukung Dengan Strategi Digital Marketing

Memasuki New Normal atau tatanan kehidupan baru kini orang-orang sudah banyak yang melakukan aktivitas reguler mereka kembali. Melewati masa karantina selama tiga bulan dengan hanya berdiam di rumah saja, tentu sangat lah tidak mudah untuk dilakukan bagi sebagian besar orang. Banyak aktivitas ekonomi yang terpaksa harus diberhentikan sementara untuk meghindari penyebaran virus semakin meluas. Hal ini sangat berpengaruh terhadap jumlah penghasilan ekonomi dari segala sektor. Sehingga banyak orang harus memikirkan cara lain untuk bertahan, salah satunya dengan beralih ke dunia bisnis.

Percaya atau tidak faktanya, kebanyakan orang menjadi lebih kreatif disaat sudah terdesak. Banyak dari mereka yang merupakan korban PHK menjadi pengusaha atau berwiraswasta untuk tetap bertahan. Perilaku konsumtif orang-orang yang kini berubah secara signifikan dapat dijadikan inspirasi untuk membuat usaha-usaha baru, seperti menyediakan barang-barang yang diperlukan orang-orang di tengah pandemi. Selain dengan memilih bisnis yang tepat untuk dilakoni, strategi pemasaran juga harus menjadi hal yang telah dipikirkan dengan matang agar dapat meraup penghasilan dengan maksimal. Nah berikut ini adalah rangkuman ide bisnis yang bisa menjadi inspirasi untuk dilakukan di masa New Normal ini.

  1. Bisnis alat kesehatan

Alat kesehatan yang dimaksudkan disini adalah berupa barang-barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang di tengah pandemi. Adapun jenis perlengkapan kesehatan ini yaitu seperti masker wajah, face shield, hand-sanitizer, vitamin C, anti-bacterial wipe tissue, dan disinfektan spray. Semua jenis alat perlengkapan ini merupakan jenis perlengkapan yang sangat dicari dan sangat laris bila dijual. Selain menjualnya secara satuan kamu juga bisa menjualnya dalam bentuk paket stater kit new normal yang wajib orang-orang bawa ketika bepergian. Untuk dapat menjual seluruh jenis produk kesehatan di atas, kamu juga harus kreatif dalam memasarkan produkmu. Hanya menjualnya dengan cara konvensional saja mungkin tidak akan memberikan omset yang cukup maksimal. Kamu bisa mencoba memasarkan produk tersebut secara online.

  1. Jasa online

Jasa online kini memang menjadi trend. Apapun barang dan produknya semua hal tersebut bisa dipasarkan secara online. Jenis jasa online yang dimaksud disini adalah jasa promotion yang dilakukan oleh influencer atau selebgram di media sosial. Jenis media sosial yang paling sering digunakan adalah instagram. Bagi para pemilik bisnis kini sudah mulai kreatif dan jeli melihat peluang. Banyak sekali jenis bisnis yang menggunakan jasa paid promote untuk memasarkan produknya. Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih influencer dan selebgram untuk memasarkan produknya adalah melihat jumlah follower dan melakukan research kecil. Apakah produk yang akan kamu pasarkan sesuai dengan influencer atau selebgram tersebut. Karena mereka biasanya memiliki standar personal branding terhadap jenis-jenis barang apa saja yang dipasarkan. Jangan sampai kamu ingin memasarkan produk kosmetikmu kepada food influencer ya!

  1. Jasa titip

Jastip atau jasa titip merupakan jenis pelayanan terbaru yang sedang mencuat belakangan ini. Akibat dari sulitnya keluar rumah banyak orang tidak bisa keluar rumah dengan sesuka hati dan membeli apapun yang mereka butuhkan atau inginkan selama pandemi. Tempat-tempat perbelanjaan juga banyak yang menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Jadi situasi ini bisa kamu jadikan peluang untuk mengadakan jasa titip sekaligus kurir untuk orang-orang yang membutuhkan jasa ini. Kamu bisa menaikkan harga perbarang dan menyisipkan ongkos kirim pada setiap sekali jalan pada saat berbelanja.

  1. Menjual makanan dan minuman herbal

Bisnis lainnya yang berkembang dan banyak diminati masyarakat adalah makanan dan minuman herbal. Mengingat semua orang harus mempertahankan imun tubuhnya agar tetap stabil dan fit, banyak orang berlomba-lomba menyetok jenis-jenis makanan dan minuman herbal. Seperti jenis-jenis makanan yang memiliki banyak kandungan bahan-bahan obat traditional sampai segala jenis jamu-jamuan. Kreatifitas dalam membuat kemasan juga sangat berpengaruh terhadap daya jual suatu produk. Jadi pastikan kemasan produkmu premium dan menarik di mata konsumen ya!

  1. Menjual frozen food

Frekuensi prilaku orang-orang saat ini yang kebanyakan menghabiskan waktu di rumah membuat mereka juga beralih mengkonsumsi frozen food. Selain karena produk olahan frozen food ini bisa bertahan cukup lama dan dapat mengurangi frekuensi orang-orang untuk keluar rumah, harga dari produk ini juga terbilang murah dan terjangkau. Jika kamu ingin membangun jenis usaha ini kamu bisa mencari supplier frozen food yang menyediakan harga tangan pertama. Kamu juga harus menyediakan 1 unit freezer untuk menyimpan produk frozen foodmu.

  1. Menjual sayur dan buah online

Bagi kamu yang memiliki lahan perkebunan untuk sekedar menanam sayur dan buah. Kamu bisa memanfaatkan lahan dan menghasilkan produk sayur-sayuran dan buah-buahan organik. Minimnya pembeli yang datang ke pasar pada saat situasi ini juga bisa kamu manfaatkan dengan menyediakan jasa pesan online dan langsung antar ke rumah konsumen. Pastikan kamu memiliki produk organik yang baik dan maksimalkan media digital untuk mempromosikan bisnismu.

  1. Menjual dessert box

Menghabiskan banyak waktu di rumah pasti membuat keinginan orang-orang untuk mencemil makanan yang manis-manis. Dessert box kini banyak diminati orang-orang. Biasanya kita harus pergi ke cafe untuk mencicipi hidangan dessert. Jika kamu bisa menyediakan jasa dan produk ini, dengan strategi promosi yang tepat, kemungkinan penjualan produk dessert box ini sangatlah tinggi. Yang terpenting sesuaikan target pasarmu dengan tepat, sehingga mempermudah melakukan promosi atau periklanan.

  1. Layanan spa dan salon home

Setalah berbulan-bulan di rumah saja, tentu banyak orang yang memerlukan jasa Spa atau salon untuk perawatan. Biasanya saat situasi normal orang-orang hampir melakukan perawatan sebanyak 2 sampai 3 kali sebulan. Entah itu memotang rambut, facial, massage dan perawatan lainnya. Mengingat treatmen fasilitas ini harus menyentuh konsumen secara langsung, hal ini membuat konsumen semakin enggan untuk datang langsung ke tempat perawatan. Jika kamu sebelumnya memiliki pengalaman bekerja pada jasa tersebut, kamu bisa membuka jasa spa dan salon home service dengan datang langsung ke rumah konsumen. Konsumen juga akan merasa lebih aman jika kamu datang langsung ke rumah. Dan pastikan kamu terbebas dari virus serta menerapkan protokol kesehatan saat melakukan pelayanan.

Cara Menaikkan Omset Bisnis dengan Strategi Digital Marketing

Setelah memilih jenis bisnis yang ingin kamu jalani, tentu masih banyak langkah-langkah lanjutan yang harus kamu lakukan untuk membentuk bisnis barumu. Salah satunya adalah branding, bagaimana kamu bisa mengenalkan produk atau jasamu ke masyarakat luas. Sehingga bisnis baru ini dapat dikenal dan bisa segera mendatangkan konsumen. Jika kita mengandalkan cara lama yang cenderung kovesional pada situasi new normal, ini tentu bukan pilihan yang tepat. Mengingat ruang gerak kita yang semakin terbatas untuk melakukan kegiatan pemasaran secara normal.

Daripada bergantung dengan cara lama, ada baiknya kini kamu mulai beralih ke dunia digital untuk dapat menghasilkan omset yang maksimal. Trend digital marketing atau pemasaran secara digital menggunakan internet melalu media sosial merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan. Dengan membuat satu akun instagram dan mengelola akun bisnismu dengan baik, kamu tentu bisa menghasilkan omset jauh di atas target yang mungkin pernah kamu bayangkan. Jika kamu tidak cukup berpengalaman mengelola media sosial untuk mengembangkan bisnis, kamu juga bisa menggunakan jasa sosial media manajemen dari “agensi digital marketing” yang telah banyak tersedia saat ini.

Pastikan kamu telah memilih vendor agensi digital marketing yang tepat untuk menghandle akun bisnis instagrammu. Kamu bisa melalukan survei terlebih dahulu ke setiap calon agensi dengan mengecek websitenya dan melihat klien-klien yang pernah dihandle. Dengan melihat review dari klien tersebut kamu bisa memiliki sekilas gambaran, akan bagaimana desain maupun konten yang cocok untuk kamu terapkan nantinya. Sehingga bisnismu menjadi lebih cepat berkembang dan dapat menghasilkan secara maksimal.

Related Posts