Digital Marketing, Marketing, Social Media

Mengenal Lebih Jauh tentang TikTok Ads untuk Membangun Bisnis Kamu

Di era digital saat ini, TikTok telah menjadi salah satu platform terpopuler untuk pemasaran digital. Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh TikTok adalah TikTok Ads, yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan bisnis secara efektif melalui iklan digital.

TikTok Ads

Apa Itu TikTok Ads?

Sebelum kita membahas berbagai jenis dan cara penggunaannya, ada baiknya kita mengulas definisi TikTok Ads terlebih dahulu. Menurut informasi dari laman Later, TikTok Ads adalah sebuah perangkat yang menyediakan fitur untuk targeting, pembuatan iklan, laporan insight, dan manajemen iklan bagi para kreator di TikTok. Platform ini memberikan dukungan yang kuat untuk membantu merek mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia. Saat ini, TikTok Ads memiliki dua pilihan budgeting yang dapat dipilih, baik harian maupun seumur hidup, yang memberikan fleksibilitas anggaran untuk disesuaikan selama berlangsungnya kampanye.

Alat ini juga memungkinkan target audiens berdasarkan berbagai kriteria seperti jenis kelamin, lokasi, usia, minat, dan faktor lain yang unik. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur “Custom Audiences” dan “Lookalike Audiences” untuk menjangkau audiens baru dengan profil serupa kepada yang telah ada.

Apa Saja Keuntungan Jika Kita Menggunakannya?

Mungkin kita semua sepakat bahwa alasan kita membuka aplikasi ini, tanpa disadari, seringkali berakhir dengan kita menghabiskan waktu belasan hingga puluhan menit di FYP (‘For YouPage). Di homepage tersebut, algoritmanya bekerja, sehingga dalam waktu satu sampai dua hari, FYP kita umumnya diisi dengan konten yang sesuai dengan minat kita sendiri.

Dengan keistimewaan membuat aplikasi ini diminati banyak orang, termasuk para pengiklan. Di Indonesia, Datareportal mencatat pada Januari 2023, pengguna aplikasi ini mencapai 110 juta. Kemampuan algoritmanya untuk memahami preferensi pengguna membantu pemasar meningkatkan interaksi dengan merek, daya ingat merek, dan konversi.

Selain jumlah pengguna aktif yang besar, alat ini juga menawarkan beberapa manfaat bagi bisnis kamu, termasuk:

  1. Sangat Efektif untuk Menjangkau Audience dan Membangun Relasi

Strateginya terbukti efektif dalam menjangkau audiens dan membangun hubungan. Media Sosial ini telah menjangkau lebih dari 150 negara dan menjadi aplikasi yang paling banyak di-download di dunia. Selain itu, TikTok Ads dapat ditempatkan di berbagai platform lain seperti Pangle. Dengan menggunakan platform ini, kamu dapat langsung melihat respons dari audiens terhadap iklanmu, seperti jumlah like, share, dan komentar. Feedback langsung ini sangat berharga untuk mengevaluasi kinerja iklanmu selain dari dashboard yang tersedia.

  1. Bisa Mentargetkan Secara Lebih Spesifik dan Berpotensial

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap hari, iklan kamu memiliki potensi untuk menjangkau lebih banyak orang sesuai dengan karakteristik yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih target audiens berdasarkan usia mulai dari 13 hingga lebih dari 55 tahun, serta menargetkan mereka berdasarkan lokasi, gender, minat, perangkat, dan cara mereka berinteraksi dengan konten di FYP mereka.

  1. Tampilan Iklan yang Menyerupai Konten Organik

Dengan tampilan yang seamless, yang menyatu dengan konten organik di FYP audiens, dapat membantu para pengiklan untuk menarik perhatian audiens sebelum mereka menyadari bahwa yang mereka lihat adalah iklan. Keberadaan konten berkualitas yang mampu meningkatkan rata-rata durasi menonton kamu juga sangat berpengaruh. Tentu saja, integrasi tersebut tetap dilengkapi dengan CTA (Call-To-Action) pada video yang ditampilkan.

  1. Pengukuran Data-nya Transparan dan Terpercaya

Dengan beberapa elemen yang mudah diamati dan diukur seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iklan ini juga dilengkapi dengan alat untuk melacak performa iklan kamu. Seperti Facebook Ads yang menggunakan Facebook Pixel atau yang sekarang dikenal sebagai Meta Pixel, TikTok Ads menggunakan TikTok Pixel untuk memantau performa iklan dan mengukur hasil iklan dengan melacak perilaku pengunjung website.

Baca artikel yang serupa Ingin Uang Tambahan? Ini Dia Cara Mendapatkan Uang dari TikTok!

Bagaiman Cara Memasangnya?

Setelah kamu memahami konsep serta keuntungannya, berikut cara yang bisa kamu gunakan untuk memasang TikTok Ads:

  1. Membuat Akun

Pertama, kamu bisa mengunjungi situs TikTok Ads. Kemudian, klik tombol ‘Create an Ad’ yang terletak di pojok kanan atas halaman.

  1. Membuat Campaign 

Setelah kamu memiliki akun TikTok Ads, kamu akan menemukan berbagai macam menu di dashboard. Pilihlah menu ‘Campaign’, kemudian klik tombol ‘Create’ untuk memulai pembuatan TikTok Ads. Setelah itu, kamu harus memilih tujuan campaign kamu terlebih dahulu. Menurut Social Media Examiner, ada tiga opsi yang dapat kamu pilih: traffic, conversions, dan app install.

  1. Menetapkan tempat TikTok Ads, Detail, dan Target

Langkah berikutnya adalah menentukan penempatan iklan serta target pasar yang akan kamu jangkau dari iklanmu. Pastikan penempatan iklanmu tepat untuk menjangkau lebih banyak pasar, termasuk di platform TikTok dan platform lain seperti BuzzVideo, News Republic, dan lainnya. Selanjutnya, lengkapi informasi seperti nama tampilan, gambar, kategori relevan, dan lainnya untuk menjalankan iklanmu.

Kamu juga perlu mendeskripsikan aplikasi atau website-mu dalam 20 kata untuk memperjelas apa yang kamu iklankan. Setelah itu, tetapkan target pasar yang tepat dengan menyesuaikan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, dan lain-lain untuk memastikan target audiens yang sesuai.

Baca artikel yang serupa Bangun Brand Bisnis Kamu dengan YouTube Ads

  1. Menentukan Budget Tiktok Ads dan Jadwal

Langkah berikutnya adalah kamu perlu menetapkan anggaran serta jadwal yang ingin kamu buat untuk kampanye iklan. Kamu dapat memilih apakah ingin menjalankan iklan dalam satu hari atau seminggu dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya sesuai kebutuhanmu.Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan anggaran agar sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Setelah semuanya teratur dengan baik, kamu tinggal menunggu persetujuan dari TikTok. Setelah iklanmu disetujui oleh TikTok, kamu dapat memantau performa iklanmu melalui dashboard.

Dengan memahami konsep TikTok Ads serta manfaatnya, kamu dapat mengoptimalkan bisnis digitalmu melalui TikTok Ads. Jika tertarik untuk mengembangkan bisnismu melalui platform ads lain seperti Google atau Meta, kamu bisa menghubungi Sun Media. Kami siap membantu meningkatkan bisnis digitalmu sesuai dengan target dan potensinya