Key Opinion Leader vs Influencer
branding, Marketing

Key Opinion Leader vs Influencer: 3 Perbedaan Yang Kamu Harus Tahu

Pernahkah anda dengar tentang key opinion leader (KOL)? Apakah anda bingung apa yang membedakan KOL dengan influencer?

Jika anda belum mengetahui apa-apa tentang KOL dan bedanya dengan influencer, tidak apa-apa. Ini karena KOL adalah sebuah konsep yang tidak hanya mudah untuk dipahami, tetapi juga sangat penting diketahui demi perkembangan bisnis dan brand anda.

Tanpa basa-basi lagi, mari simak penjelasan lebih lanjut tentang key opinion leaders oleh Sun Media.

Pengertian Key Opinion Leader

Key Opinion Leaders, atau sering disebut juga KOL, adalah suatu aspek strategi pemasaran yang beberapa tahun ini menjadi sorotan berbagai macam bisnis.

Menurut Influencer Marketing Hub, key opinion leader adalah seorang individu atau kelompok yang bisa mengutarakan pendapat yang dapat dipercaya masyarakat umum dikarenakan pengetahuan, pengalaman, dan keahliannya.

Salah satu contoh Key Opinion Leader yang terkenal dari Indonesia adalah orang-orang seperti Juna Rorimpandey. KOL yang lebih terkenal dengan panggilan Chef Juna ini adalah seseorang yang tidak hanya popular namun memiliki latar belakang dan keahlian yang terbukti dan terpercaya, terutama dalam hal maupun bisnis yang terkait dengan dunia kuliner.

Beberapa orang terkenal lainnya seperti Najwa Shihab (Jurnalis) maupun Raditya Dika (Penulis dan Komedian) juga bisa disebut sebagai Key Opinion Leaders terutama dalam segi bidang-bidang keahlian mereka tersendiri.

Bisa disimpulkan bahwa Key Opinion Leaders adalah sosok masyarakat yang terkenal dan dipercaya dalam suatu bidang karena keahlian mereka.

Mengapa Key Opinion Leader Penting Bagi Bisnis Anda

Ketika anda sakit, apakah anda akan mengikuti rekomendasi seorang dokter professional atau seseorang yang kebetulan terkenal sering membuat konten kesehatan tanpa pengalaman medis?

Sebenarnya, jawaban pertanyaan diatas ini memanglah tergantung dari selera audiens kita. Tetapi, dengan memahami pertanyaan diatas, kita bisa melihat bahwa KOL dapat memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan terhadap brand anda.

Hal ini dikarenakan oleh keahlian seorang Key Opinion Leader terhadap bidang mereka. Maka dari itu opini dan rekomendasi mereka sangatlah penting karena dapat mempengaruhi pendapat dan kepercayaan publik terhadap suatu produk atau merek.

Jadi, ketika seorang KOL yang ahli dalam bidang yang sama dengan bisnis anda memberi ulasan positif sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman mereka, dia bisa membantu anda dalam meningkatkan trust terhadap produk ataupun merek anda.

Anda mungkin tertarik untuk membaca Manfaat dan Strategi Word of Mouth untuk Brand Anda

3 Perbedaan Key Opinion Leader dan Influencer

Konsep key opinion leader mungkin terkesan sangat mirip dengan konsep influencer. Tetapi, kita harus tahu bahwa keduanya memiliki beberapa aspek dan keunggulan yang sangat berbeda bagi bisnis anda. Tiga perbedaan key opinion leader dan influencer adalah:

  1. Keahlian vs Popularitas
    Perbedaan pertama yang perlu anda ingat untuk membedakan KOL dari influencer adalah keahlian dan popularitas.Tidak semua KOL popular pada awalnya, namun semua KOL harus menjadi ahli dalam bidang yang mereka dalami. Sebaliknya, semua influencer seharusnya populer, namun tidak semua influencer harus menjadi ahli dalam suatu bidang.Perbedaan inilah yang sangat penting untuk kita ketahui karena tergatung dari kebutuhan bisnis anda, strategi pemasaran anda perlu dioptimalkan dengan mendapat promosi dari pihak yang tepat.

    Jika target bisnis anda adalah membangun lalu lintas pembeli atau meningkatkan jangkauan produk anda, akan lebih baik jika anda menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk anda.

    Namun, jika target bisnis anda adalah membangun branding terhadap kualitas produk anda sebagai produk yang terbaik dan terpercaya dibandingkan kompetitor bisnis anda, melakukan promosi melalui KOLs adalah strategi yang tepat untuk mencapai target ini.

  2. Informatif vs Interaktif
    Yang kedua adalah perbedaan dari segi cara komunikasi antara KOL dan Influencer terhadap masyarakat umum.Pada umumnya, Influencers adalah kumpulan orang yang dapat berkomunikasi secara interaktif dengan audiens mereka. Ini karena Influencers biasanya sangat aktif secara online untuk menjawab maupun mendengarkan tanggapan para penggemar mereka untuk konten-konten lainnya yang akan mereka buat. Komunikasi dua arah interaktif inilah yang jadi keunggulan influencer dalam dunia pemasaran.Hal ini berbeda dengan KOLs yang biasanya melakukan komunikasi secara searah terhadap penggemar atau audiens mereka. KOLs biasanya bisa menjelaskan suatu materi secara informatif berdasarkan pengetahuan, keahlian, dan pengalaman mereka. Mereka bisa melakukan ini melalui konten media sosial, acara seperti seminar, maupun media lainnya seperti blog dan berita.

    Dibandingkan dengan influencers, sebagai seorang profesional yang bekerja full-time KOL biasanya tidak seaktif influencer dalam berinteraksi dengan masyarakat umum di media sosial.

    Oleh karena itu, jika anda ingin membeli jasa influencer atau KOL dalam mempromosikan produk bisnis anda, anda harus memastikan bahwa strategi pemasaran anda melibatkan pihak yang tepat dengan tujuan strategi anda.

  3. Pola vs Tren
    Terakhir adalah perbedaan jenis konten yang mungkin dibawakan oleh seorang KOL dan influencers.Karena influencer adalah individu, atau kelompok, yang sangat berfokus terhadap jangkauan konten mereka, mereka cenderung membuat konten-konten yang sedang viral / trending di media sosial.Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak penggemar baru dan meningkatkan interaksi para influencers tersebut dengan penggemar lama mereka melalui konten-konten yang mereka buat.

    Sebaliknya, Key Opinion Leader adalah ahli yang profesional. Ketimbang membuat konten yang viral atau mengikuti tren, mereka cenderung lebih fokus terhadap membuat konten yang mengkomunikasikan ide atau opini mereka terhadap suatu topik yang berhubungan dengan keahlian mereka – walaupun konten tersebut mungkin tidak atau belum viral.

    Artinya, berbeda dengan influencer yang dapat membuat konten secara fleksible dan tak terduga dengan penggemar yang mungkin memiliki latar belakang yang berbeda-bead, KOL cenderung membuat konten dengan pola dan ditujukan kepada suatu target audiens yang spesifik.

    Jadi, jika anda ingin bisnis atau produk anda dapat mencapai suatu target pasar yang lebih spesifik, berkolaborasi dengan seorang KOL mungkin bisa menjadi strategi yang lebih tepat, terutama jika bisnis anda berhubungan dengan keahlian KOL tersebut.

Sun Media Digital Marketing Bali merupakan sebuah digital marketing agency yang berpengalaman dan terpercaya di Bali yang siap membantu bisnis anda dengan strategi digital terbaik.

Konsultasikan strategi digital bisnis anda bersama Sun Media jika anda tertarik untuk mengembangkan bisnis anda melalui kolaborasi bersama key opinion leader maupun influencer. Hubungi kami sekarang melalui email [email protected] atau telp +628113862388.