blog, Marketing, SEO, Social Media

Hadapi New Normal, Transformasikan Bisnismu dengan Strategi Digital Marketing

Masa pandemi telah banyak memberikan dampak yang merugikan bagi sebagian masyarakat dunia. Merosotnya sektor ekonomi di segala penjuru mengakibatkan segala aspek ekonomi di Indonesia dan khususnya Bali kian morat-marit sampai saat ini. Banyak pegawai menjadi koban PHK, sedangkan mereka masih memiliki anggota keluarga untuk dinafkahi, hal ini tentu memaksa mereka untuk memutar otak untuk memikirkan cara agar bisa terus bertahan. Selama masa pandemi banyak sekali usaha-usaha kecil yang bermunculan sebagai salah satu alternatif untuk bisa bertahan hidup. Para pemilik bisnis juga tidak tinggal diam, mereka melakukan segala upaya untuk terus dapat memutar uang dan menghindari kebangkrutan.

Kini kita telah memasuki New Normal per bulan Juli 2020. Terus bertahan dengan cara lama tidak akan dapat menghasilkan profit secara maksimal seperti dulu lagi. Sebagai pebisnis tentu kita harus jeli melihat segala peluang. Selama pandemi orang akan tetap membatasi diri untuk sering ke luar rumah. Lalu bagaimana kita bisa tetap menjangkau konsumen yang notabena menghabiskan waktu lebih banyak di rumah? Tentu saja dengan media digital marketing! Kita tidak lagi hanya bisa termenung dan menunggu. Tapi sebagai pebisnis kamu harus berinovasi dan melangkah ke depan untuk menyambut dunia baru yang kita sebut era digital. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat beralih ke dunia digital marketing.

Omset pendepatan akan jauh meningkat

Mendapatkan omset yang bekali-kali lipat tentu merupakan impian semua pebisnis. Dengan memanfaatkan strategi digital marketing, para pelaku usaha dari segala golongan baik kecil, menengah, maupun besar bisa meningkatkan konversi penjualan secara signifikan. Namun, menyusun strategi yang tepat tentu harus dilakukan terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia digital. Memikirkan strategi digital sama halnya dengan strategi perang. Tanpa strategi kita tidak akan bisa maju. Maka penting halnya kamu menemukan konsultan digital marketing atau “digital marketing agency” yang berpengalaman di bidangnya untuk dapat membantu bisnismu berkembang dengan benar.

Menjangkau target pasar yang lebih luas

Menemukan calon konsumen dari internet merupakan pekerjaan yang cukup mudah, apalagi jika dilakukan melalui search Engine. Staf dari agensi digital umumnya akan membuatkan website atau media sosial dengan memperhatikan konten yang SEO friendly. Dengan demikian, target marketing yang mencari via Google bisa langsung terhubung dengan website dan media sosial yang bersangkutan. Melalui berbagai macam media digital yang dapat kamu jadikan tempat mempromosikan produk, memungkinkan kamu menjangkau calon konsumen yang berada di luar daerah sekali pun. Contoh saja melalui search engine seperti Google, seseorang biasanya akan mencaritahu mengenai produk yang mereka butuhkan. Nantinya Google akan menampilkan website/blog dari bisnis kamu secara otomatis. Namun, sekali lagi, ini hanya bisa terjadi apabila kamu sudah menerapkan teknik digital marketing pada web atau sosial media bisnismu dengan tepat. Dari hasil pencarian yang muncul, seseorang kemudian akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Memudahkan interaksi dengan pelanggan

Dulu untuk mencari informasi mengenai sebuah produk/layanan tertentu, orang-orang harus mencarinya di media cetak, brosur atau mendatangi tempat bisnis tersebut secara langsung. Namun, sekarang siapapun bisa dengan mudah memperoleh informasi tentang apa saja melalui media online. Selain itu, bagi para pemilik usaha juga tidak perlu lagi mendatangi konsumen secara langsung. Cukup dengan mengoptimalkan akun sosial media bisnis kamu menggunakan Instagram, Facebook atau yang lainnya. Dengan strategi digital marketing, kita dapat lebih berinteraksi secara dunia maya dengan customer yang langsung dengan cepat merespon permintaan customer dalam percakapan dan menjangkau pelanggan yang potensial. Konsumen yang dilayani dengan cepat dan tanggap, tentu akan merasa senang dan puas. Mereka mungkin tak sungkan untuk menawarkan produk/jasa kamu pada kerabat dan teman terdekatnya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bukan? terlebih pada situasi pendemi yang mengakibatkan orang lebih sering berdiam di rumah.

Kamu dapat mengetahui traffic situs bisnismu

Dengan digital marketing, kita dapat melihat jumlah pengunjung yang mengakses situs kita hingga grafik peningkatan jumlah pelanggan atau calon pelanggan. Digital marketing juga memungkinkan kita untuk menerapkan campaign atau iklan dengan cepat, jadi tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk approval dan melihat bagaimana perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari digital marketing adalah hasil analisa sementara iklan yang dapat diakses sekitar 24 jam sebelumnya, sehingga memungkinkan kita dalam melakukan penyesuaian atau adjustment iklan tersebut untuk hasil yang lebih baik.

Membantu menjangkau pengguna smartphone

Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone yang juga sudah terhubung dengan akses internet. Nah, keuntungan menggunakan digital marketing adalah kamu dapat dengan mudah menjangkau orang-orang yang lebih sering berkutat dengan gadget-nya. Tanpa batasan ruang dan waktu, selama mereka bisa mengakses internet, produk kita akan mudah ditemui melalui berbagai media sosial yang saat ini banyak digunakan. Keberadaan toko online belakangan memang memudahkan seseorang dalam berbelanja. Tak perlu lagi pergi ke toko secara langsung, konsumenmu dapat dengan mudah memesannya melalui ponsel yang kemudian nantinya barang bisa kamu kirimkan sesuai alamat.

Biaya promosi yang jauh lebih murah

Banyak yang mengira jika biaya menggunakan jasa digital marketing di Indonesia itu mahal, padahal jauh lebih murah. Pemasaran secara digital dianggap jauh lebih efisien daripada memasarkan produk secara konvensional menggunakan media cetak atau media penyiaran televisi. Selain bisa melakukan penghematan budget, pelaku bisnis juga bisa menjaring banyak konsumen baru sehingga rating atau penjualannya terus mengalami peningkatan. Biasanya promosi secara konvensional hanya bersifat komunikasi satu arah saja, sedangkan digital marketing ada banyak medium yang bisa digunakan, seperti; email, media sosial, dan iklan banner yang bersifat komunikasi dua arah.

Membantu bisnis kamu bersaing dengan kompetitor

Jika dulu nampaknya mustahil bagi bisnis kecil maupun menengah bersaing dengan bisnis atau perusahaan yang sudah besar. Kini dengan digital marketing, memenangkan persaingan dengan kompetitor masih bisa dilakukan. Cukup dengan menyediakan konten-konten berkualitas pada website, blog ataupun akun sosial media bisnis kamu. Pastikan juga konsumenmu bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan seperti pelayanan yang baik dan ramah serta promo-promo menarik lainnya.

Dari pembahasan keuntungan digital marketing di atas, startegi ini tidak hanya dapat membantu memasarkan produk dari pelaku usaha bisnis dengan skala prioritas atau kelas atas. Namun, juga bermanfaat untuk mempromosikan produk usaha kecil menengah. Saat ini telah banyak agensi digital marketing bermunculan digital marketing agency bali salah satunya yang telah banyak membantu bisnis besar maupun kecil untuk memasarkan produknya secara digital. Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan jasa dari agensi digital marketing cukup mahal dan kurang efektif. Padahal memasarkan produk melalui jasa agensi digital merupakan keputusan yang tepat. Dengan ide kreatif dari agensi digital produk dan jasa bisa dipasarkan dengan lebih mudah dan cepat. Kini kamu pun tidak perlu lagi takut untuk bersaing secara langsung dengan bisnis-bisnis kelas atas. Walaupun kita baru saja mengawali New Normal, kamu harus segera memiliki strategi digital yang terstruktur untuk memperkenalkan produk yang ingin kamu pasarkan kepada konsumen. Selamat menjemput rejeki barumu dengan digital marketing!

Related Posts