Cara Ampuh Untuk Mendapatkan Uang dari Facebook
Digital Marketing, Social Media

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook: Hindari 3 Kesalahan Ini!

Facebook. Siapa sih yang belum pernah mendengar sosial media ini?

Dibangun oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004, Facebook telah tumbuh menjadi salah satu platform sosial paling sukses di dunia dan bahkan sekarang Facebook telah membeli media sosial popular lainnya seperti Instagram dan Whatsapp.

Di Indonesia sendiri, lebih dari 203 juta orang sudah memiliki akun Facebook menurut statistik napoleoncat.com pada bulan Mei 2022. Ini berarti lebih dari 73% orang Indonesia punya akun Facebook dan hal in membuka banyak sekali peluang anda untuk membuat Facebook sebagai tambang emas anda.

Bagaimana sih cara ampuh untuk mendapatkan uang dari Facebook? Apa saja yang perlu kita ketahui? Dan kesalahan-kesalahan apa saja yang perlu kita hindari? Ayo, baca lebih lanjut untuk mengetahui jawabannya.

3 Cara Untuk Mendapatkan Uang dari Facebook

Di era digital ini, kesempatan bagi anda untuk mendapat keuntungan dari berbagai macam media sosial sangatlah banyak. Bahkan, memulai bisnis anda sendiri secara digital tidak hanya bisa jadi gratis, tetapi juga menjangkau pasar internasional.

Anda mungkin tertarik untuk membaca Bongkar Strategi Social Media Marketing dalam 8 Langkah

Maka dari itu, beberapa kunci dari membangun bisnis digital yang sukses bisa diringkas sebagai konten berkualitas, jangkauan yang interaktif, dan kreativitas dalam menerapkan strategi digital bisnis anda.

Mari kita simak 3 cara mendapatkan uang dari Facebook berikut ini.

  1. Membuat Online Shop atau Menjadi Dropshipper
    Apakah anda memiliki barang yang anda ingin jual? Daripada menyewa sebuah tempat untuk membangun toko dengan biaya yang mahal, anda bisa saja mulai menjual melalui Facebook.E-Commerce atau jualan online sudah menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Facebook yang paling booming di seluruh dunia, terutama di Indonesia setelah pandemic COVID-19. Berjualan secara online tidak hanya murah untuk dimulai, tetapi juga mudah untuk dijalankan.

    Yang anda perlu lakukan adalah tinggal mendaftar akun Facebook secara gratis dan mulai mem-posting barang-barang apa saja yang anda jual. Tidak hanya itu, Facebook juga bisa menjadi media dimana anda bisa berinteraksi dengan pembeli dengan sangat mudah secara daring.

    Anda bisa saja aktif berjualan secara daring selagi menikmati keuntungan anda baik di rumah maupun saat anda sedang berjalan-jalan.

    Lalu, apa itu bedanya membangun online shop dengan menjadi dropshipper?

    Jika anda punya skill dalam menjual produk secara online, namun tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli dan menjual produk secara langsung, anda mungkin bisa menjadi seorang dropshipper.

    Menjadi seorang dropshipper berarti menjadi seorang pemasar dan anda bisa saja berkolaborasi dengan seorang pemasok, atau produsen, dan membantu menjualkan produk mereka kepada pembeli secara daring untuk mendapat komisi

  2. Menjual Jasa Paid Promote atau Affiliate Marketing
    Apakah anda punya followers yang banyak di Facebook? Jika iya, cara mendapatkan uang dari Facebook lain yang bisa anda coba adalah dengan menawarkan jasa paid promote atau affiliate marketing.Jasa paid promote adalah sebuah jasa dimana pengguna membantu mempromosikan produk yang dijual seorang produsen kepada followers mereka melalui berbagai macam cara seperti membagikan postingan produk yang dijual diakun mereka, memberi like dan komentar positif demi membangun kredibilitas suatu produk, maupun cara kreatif lainnya.

    Paid promote berbeda dengan dropshipper karena tugas mereka hanyalah untuk mempromosikan produk yang anda jual dan memperluas jangkauan produk anda agar sebanyak mungkin mencapai pengguna Facebook lainnya – bukan menjual produk tersebut.

    Jika anda tertarik untuk menjadi lebih terlibat dalam mempromosikan suatu produk dari suatu brand tertentu, anda bisa saja memulai jasa affiliate marketing, atau pemasaran afiliasi.

    Mirip seperti paid promote, jasa ini juga bertujuan untuk membantu penjualan suatu produk. Tetapi, pemasaran afiliasi berbeda dari paid promote karena bisanya bersifat lebih terikat.

    Salah satu contoh jasa affiliate marketing adalah ketika anda menjadi seorang ‘duta produk’ dimana anda memberikan testimoni pengalaman positif anda saat menggunakan produk yang anda jual dan membantu meningkatkan minat pembeli untuk mencoba produk tersebut juga.

    Tergantung dari performa promosi anda, anda bisa mendapatkan komisi yang banyak dan meningkatkan personal branding anda sebagai seorang ahli paid promoter maupun affiliate marketer.

  1. Menjadi Influencer dan Content Creator
    Influencer dan Content Creator. Dua hal ini sepertinya sudah tidak asing didengar oleh masyarakat.Dengan nama-nama terkenal seperti Atta Halilintar, Reza Oktovian, dan Tasya Farasya, banyak orang ingin mencoba untuk memulai karir atau bisnis sebagai influencer atau content creator diberbagai platform media sosial seperti Facebook.

    Menjadi seorang influencer maupun menjadi content creator adalah sebuah cara mendapatkan uang dari Facebook, dan media sosial lainnya, yang sangat bertumpuan pada kreativitas dan kemahiran dalam membuat konten yang tidak hanya popular, alias viral, tetapi juga disukai oleh orang banyak.

    Bisnis influencer dan content creator pun relatif sangat luas. Maka, Penting bagi anda untuk menjadi seorang influencer maupun content creator yang berfokus terhadap suatu pasar spesifik maupun pasar yang sangat umum.

    Sebagai contoh, kepopuleran Reza Oktovian dimulai dengan konten dan skill gaming-nya yang lucu dan keren bagi penontonnya. Sementara, Tasya Farasya menjadi populer sebagai influencer yang berfokus terhadap dunia kecantikan.

    Walaupun mereka memilih untuk focus bidang yang berbeda, keduanya telah di-follow oleh jutaan akun baik di Facebook, maupun sosial media lainnya.

    Untuk menjadi seorang influencer maupun content creator, anda perlu meningkatkan jangkauan anda dengan membuat konten-konten berkualitas dan membangun sebuah fanbase yang besar agar dapat mendapatkan keuntungan yang besar.

Hindari 3 Kesalahan Ini Agar Bisnis Anda Cuan di Facebook

Memulai bisnis secara digital melalui media sosial, mungkin memang terkesan mudah dan membutuhkan investasi yang sangat minim.

Namun, membangun bisnis digital yang sukses tidaklah mudah. Anda akan bersaing dengan ribuan kompetitor lainnya yang juga ingin mencapai kesuksesan yang sama seperti anda.

Jadi, bagaimanakah cara agar anda bisa menjadi lebih unggul saat menjalankan bisnis digital anda? Berikut adalah 3 tips ala Sun Media terkait hal yang harus di hindari jika anda ingin bisnis anda sukses di Facebook.

  1. Tidak Membuat Konten Yang Unik dan Berkualitas
    Dalam dunia media sosial, content is king. Tanpa konten, anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan apa-apa di media sosial manapun.Tetapi, membuat konten yang ‘ala kadarnya’ tanpa mementingkan keunikan maupun kualitas pun bukanlah sebuah cara mendapatkan uang dari Facebook yang bagus.

    Maka dari itu, penting bagi kita untuk menentukan secara jelas tema dan pesan seperti apa yang ingin kita komunikasikan secara jelas dan menarik melalui konten unik yang bisa kita buat.

    Apakah konten ini ditujukan agar orang ingin membeli barang atau jasa anda? Apakah konten ini ditujukan untuk menjadi konten yang menarik perhatian banyak orang? Atau apakah konten seperti ini terlalu sering dipakai dan kurang unik?

    Membuat rencana pembuatan konten, atau content planning, yang jelas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas adalah kunci dari proses pembuatan konten yang akan membawa kesuksesan pada bisnis anda.

  1. Tidak Menggunakan Fitur Facebook Ads
    Walaupun konten yang unik dan berkualitas sangatlah penting, hal ini tidak akan ada artinya jika konten tersebut tidak bisa mencapai target pasar yang tepat.Terkait dengan cara mendapatkan uang dari Facebook, salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah keengganan pembisnis untuk berinvestasi dalam fitur pengiklanan seperti Facebook Ads.

    Salah satu kekuatan fitur Facebook Ads adalah betapa mudahnya konten anda untuk mencapai target pasaran anda dengan akurat. Dalam fitur Facebook Ads, anda bisa menentukan tujuan kampanye iklan anda dan kepada siapa iklan anda ditujukan.

    Detil seperti umur, lokasi, dan jenis kelamin pengguna bisa juga di setting agar konten ada bisa mencapai target pasar yang lebih spesifik.

    Anda mungkin tertarik untuk membaca Cara Kerja Facebook Ads – Panduan Belajar Digital Marketing

  1. Tidak Memiliki Strategi Digital Yang Matang
    Perlu diketahui bahwa penting bagi kita untuk mempersiapkan strategi yang tepat agar investasi digital marketing anda tidak boncos, alias rugi, dan dapat memaksimalkan returns atau pendapatan bagi pertumbuhan bisnis anda.Maka dari itu, bisnis anda perlu mempersiapkan strategi digital yang matang berawal dari segi pembuatan konten serta strategi pengiklanan.

    Cara terbaik untuk mempersiapkan strategi digital anda, terutama jika bisnis anda masih merintis, adalah dengan menggunakan jasa konsultasi strategi digital, seperti yang kami tawarkan di Sun Media Digital Marketing Agency Bali.

    Konsultasi strategi digital bisnis anda dengan agensi pemasaran digital yang berpengalaman dan telah terbukti sukses membantu membangun branding klien-kliennya bisa memberi anda banyak peluang untuk menjalankan bisnis secara sukses melalui media digital seperti Facebook dan lainnya.

    Melalui digital strategy consultation, anda bisa menganalisa tren terkait bisnis anda dan juga strategi pemasaran kompetitor-kompetitor anda. Tujuannya adalah agar anda dapat mendapat lebih banyak data sebagai konsiderasi untuk mengoptimalkan strategi digital bisnis ada agar dapat membangun brand bisnis anda serta menghasilkan pendapatan yang maksimal.