SEO

Cara Research Keywords Agar Tembus Halaman Google!

Sebagian mungkin  orang belum tahu cara research keywords yang benar bagaimana. Padahal research keywords itu penting dilakukan di era yang serba digital sekarang. 

Pasalnya, dengan cara research keywords yang benar, konten kamu dia tembus halama pertama di google, jadi nantinya banyak orang yang klik konten kamu. 

Lantas gimana cara research keyword yang tepat agar menguasai halaman pertama google? Tenang, SunMedia akan memberikan penjelasannya buat kamu. 

Cara Research Keywords yang Benar untuk Website

Pelajari niche-mu

Menurut keyword tool cara research keyword itu kamu harus pelajari dulu tentang niche atau topik dari konten kamu. 

Hal ini dilakukan supaya kamu mendapatkan ide yang out of the box untuk mengatur strategi SEO dengan baik. 

Ada beberapa tips untuk mempelajari niche, yaitu: 

  • Interaksi dengan pengunjung yang setia denganmu. Tanyakan istilah apa yang mereka gunakan saat mencari produk kamu. 
  • Coba berpikir dari perspektif pengunjung. 
  • Sesekali terlibat dalam komunitas online topik atau niche secara online. 
Buat Keywords yang Relevan 

Cara research keyword selanjutnya, cobalah untuk membuat daftar istilah yang relevan dengan topik kamu. 

Misal, topikmu membahasa “jual pakaian wanita”, maka buatlah daftar istilah yang relevan dengan topik kamu. Contohnya seperti: 

  • Pakaian Wanita
  • Jual Pakaian Wanita Murah 
  • Pakaian Wanita Bali 
  • Pakaian Wanita Bali yang Murah 

Buat daftar sebanyak mungkin, agar ketika melakukan research keyword gak menggunakan cara yang sulit. Dan jika kamu berada di suatu domisili bisa kamu ditambahkan agar lebih spesifik. 

Membuat Daftar Seed Keywords 

Cara research keyword ketiga, selanjutnya kamu membuat seed keyword. 

Seed keyword adalah kata kunci fokus atau kata kunci unggulan dari daftar keyword yang sudah kamu buat sebelumnya. 

Seed keyword memiliki peren penting karena ini menjadi dasar research keyword dan bisa dikatakan sebagai istilah yang akan sering dicari oleh audience lewat google. 

selain itu, seed keyword kamu bisa mengetahui siapa kompetitor dari topik kamu dan kamu akan bisa menemukan titik lemah dari kompetitor mu. 

Gunakan Keywords Tools yang Bagus 

Cara research keyword selanjutnya menggunakan keyword tools sebagai pendukung keyword research-mu. 

Saat ini sudah banak keyword tools yang bisa kamu gunakan seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan lainnya. 

Kamu bisa pilih yang cocok dan nyaman untuk digunakan. Secara spesifik tools seperti SPyFu dan SEMrush bisa memperlihatkan apa yang ditawarkan oleh kompepitro mu. 

Ingat, jangan sampai kamu tidak menggunakan keyword tools karena menggunakan keyword tools kamu bisa mengetahui berapa volume kesulitan untuk bisa tembus halaman google. 

Cari Tahu Tentang Kompetitor

Research keyword aja gak cukup, kamu harus tahu kompetiot agar bisa mendapatkan cara supaya bisa di halaman pencarian google. 

Dengan cari tahu kompetitor, kamu bisa tahu celah apa yang bisa kamu masuki untuk membuat strategi SEO yang kuat. 

Hal ini bisa kamu ketahui ketika kamu sedang melakukan research keyword dengan keyword tools. Semakin sedikit keyword difficulty-nya, maka semakin besar peluang kamu bisa masuk ke halaman pertama google. 

Mungkin kamu tertarik untuk baca Apa Itu SEO Audit? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Metrik yang Harus Diperhatikan Saat Research Keyword

Ada beberapa metrik kamu perhatikan saat research keyword, seperti: 

Volume Pencarian 

Pertama volume pencarian, saat melakukan research kamu harus lihat berapa banyak orang yang menggunakan keyword tersebut. 

Biasanya jumlah keyword ditampilkan di keyword tools adalah jumlah pencarian tiap bulan dan kamu bebas menentukan jumlah volume pencarian yang ditargetkan, setidaknya volume pencarian diatas 500 perbulan. 

Keyword Difficulty

Metrik ini menunjukkan tingkat kesulitan keyword agar bisa tembus halama pertama google, semakin tinggi nilainya maka sulit untuk bersaing di halama pertama dan biasanya ditunjukkan dengan nilai 1-100. 

Metrik ini harus kamu perhatikan karena semakin kecil tingkat kesulitan KD (Keyword Difficulty) maka semakin mudah buat kamu untuk tembus halama pertama pencarian google. 

Keyword Suggestion 

KS (Keyword Suggestion) menunjukkan saran keyword dari keyword utama yang kamu targetkan. Umumnya KS akan memberikan saran long tail keyword yang relevan dengan keyword yang ditargetkan. 

Long tail adalah keyword yang mengandung tiga kata atau lebih dan bisa menjadikannya keyword suggestion untuk judul konten kamu, menggunakan long tail keyword berpotensi menarik banyak audience. 

Search Engine Result Page

SERP (Search Engine Result Page) fungsinya untuk melihat laman yang menduduki page one hasil pencarian berdasarkan keyword yang kamu research. 

Metrik ini bermanfaat buat kamu supaya bisa melihat siapa saja yang berada di halaman pertama google. 

Baca artikel lainnya Pentingnya SEO On Page Untuk Meningkatkan Bisnis Website Kamu!

Tingkatkan SEO Website Kamu Sekarang!

Cara research keyword yang efektif adalah kunci keberhasilan SEO website kamu. Untuk itu, terapkan penjelasaan di atas agar website kamu bisa berhasil tembus halam pertama google dan mendulang traffic yang besar. 

Takut keyword yang kamu buat gak tembus halaman pertaman google dan kalah bersaing dengan kompetitor mu? Tenang, Sun Media Digital Marketing hadir sebagai solusi kamu untuk meningkatkan keyword dan SEO website kamu agar berhasil di halaman pertama google. Hubungi kami melalui email [email protected] atau telp +628113862388.