Digital Marketing

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics untuk Bisnis Web Anda

Apakah Anda seorang blogger atau Anda memiliki sebuah website? Jika jawabannya iya, apakah penggunaannya untuk pribadi atau bisnis? Entah untuk keperluan pribadi maupun bisnis, Anda memerlukan Google Analytics untuk mengoptimalkan kinerjanya.

 

Apa itu Google Analytics?

Sebelum membahas lebih jauh mengenaik teknis cara menggunakan Google Analytics, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu Google Analytics. Google Analytics adalah layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google yang mampu melacak dan menganalisis traffic situs web Anda.

Google Analytics menawarkan cara mudah dan gratis untuk melacak dan menganalisis pengunjung di situs web Anda. Selain itu, Anda juga bisa memiliki ribuan atau bahkan jutaan pengunjung setiap bulan. Dengan fitur analisis dan pelaporan web yang canggih, Google Analytics dapat membantu Anda memaksimalkan pengunjung dan berpotensi mengubah mereka menjadi pelanggan.

Selain melacak jumlah pengunjung, Google Analytics juga memberikan wawasan penting tentang kinerja situs web Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi target. Anda pun dapat melacak berbagai hal, mulai dari berapa banyak lalu lintas yang diperoleh situs web Anda hingga dari mana lalu lintas itu berasal.

Dan lagi, Anda dapat melacak bagaimana perilaku pengunjung. Anda bahkan dapat memantau aktivitas media sosial, melacak traffic aplikasi seluler, mengidentifikasi tren, dan mengintegrasikan sumber data lain untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis yang terbaik.

 

Istilah Penting dalam Google Analytics

Ada istilah penting Google Analytics yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menggunakannya. Sebab, Google Analytics memiliki banyak sekali menu dan bagian. Tanpa mengetahui dengan baik beberapa istilah penting, Anda bisa-bisa bingung dan tak menggunakan service ini secara maksimal.

Berikut adalah beberapa istilah penting dalam Google Analytics:

  • Account — tempat setiap properti berada di dasbor Anda. Anda dapat mengatur beberapa properti dalam satu akun atau memiliki beberapa akun untuk properti yang berbeda.
  • Property — situs web atau aplikasi seluler yang ingin Anda lacak.
  • Tracking ID — kode unik yang ditambahkan ke situs Anda yang memungkinkan Google Analytics untuk melacaknya.
  • Convertion — kunjungan yang berubah menjadi pelanggan atau calon pelanggan.
  • Channel/Traffic Source — menunjukkan dari mana lalu lintas Anda berasal, seperti rujukan atau tautan dari situs lain, mesin telusur, media sosial, dan email.
  • Session Duration — berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs Anda.
  • Bounce Rate — persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman dan kemudian pergi.
  • Event — perilaku pengunjung tertentu, seperti saat pengunjung mengeklik iklan, menonton atau menghentikan video, mengunduh file, dan lainnya.
  • Landing Page — halaman pertama yang dilihat pengunjung saat mengunjungi situs web Anda.
  • Organic Search — pengunjung yang mengunjungi situs Anda dari tautan di laman hasil penelusuran.
  • Segment — berguna untuk memfilter data, seperti menurut kategori dan jenis pengunjung.

 

Cara Menggunakan Google Analytics untuk Situs Web Anda

Setelah mengetahui secara singkat apa itu Google Analytics dan istilahnya, saatnya membahas bagaimana cara menggunakan Google Analytics.

1. Memantau Data Pengunjung Real Time

Dalam menu Realtime > Overview, Anda bisa mengecek metrik realtime web. Ketika Anda yang membuka web, aplikasi, atau device Anda di saat itu, data yang terekam bisa langsung diakses.

Dalam halaman Overview, ada beberapa data yang akan nampak:

  • Jumlah user yang membuka web secara realtime.
  • Pembagian user berdasarkan device yang digunakan untuk akses web (dekstop vs. mobile).
  • Pageview per menit.
  • Pageview per detik.
  • Top referral
  • Top social traffic
  • Top keywords
  • Top active pages
  • Top locations

Semua data di atas tersedia dalam bentuk sederhana. Untuk tampilan yang lebih lengkap, Anda bisa akses Submenu Locations, Traffic Sources, Content, Events, dan Conversions di bawah Realtime.

 

2. Demografi Audiens

Siapa yang mengunjungi website Anda? Dari mana saja mereka berasal? Topik bahasan apa yang mereka minati?

Itu semua bisa diketahui dengan Google Analytics. Bahkan, dibandingkan empat menu utama lainnya, bagian Audience memberikan Insight yang sangat lengkap.

 

3. Perilaku Pengunjung

Jangan kira interaksi pengunjung dengan konten web tak bisa dipetakan. Lewat Audience > Behaviour, Anda bisa tahu bagaimana sebetulnya audiens merespon setiap halaman di website.

Karena data ini sangat penting untuk Anda ketahui. Di sini, Anda bisa mendeteksi jumlah pengunjung unik atau audiens yang baru pertama kali mengunjungi web. Di samping itu, Anda juga bisa tahu berapa banyak pengunjung setia Anda.

Bukan cuma angka mentah saja yang bisa diketahui, terdapat keterangan lebih lengkap tentang bounce rate, jumlah halaman per sesi, dan durasi rata-rata per sesi.

Semua keterangan tersebut bisa membantu Anda memetakan perilaku audiens baru dan audiens lama.

 

4. Frekuensi dan Ketertarikan

Frekuensi berarti seberapa sering pengunjung kembali pengunjung web dalam waktu tertentu. Google akan merekam setiap kali audiens mengunjungi web Anda.

Katakanlah, seorang pengunjung membuka web Anda empat kali dalam seminggu. Google akan memisahkan setiap sesinya dan menghitungnya secara terpisah. Setiap sesi itu diberi nama “sesi pertama”, “sesi kedua”, “sesi ketiga”, dan seterusnya.

Berbeda lagi dengan keterkinian. Data ini menunjukkan jangka waktu (dalam hari) sejak pertama kali audiens berkunjung ke web. Jika seorang pengunjung membuka web di hari Senin, lalu membukanya lagi di hari Kamis — ia akan dihitung sekali berkunjung sejak sesi pertama.

 

5. Semua Traffic

Jumlah traffic adalah satu aspek penting yang perlu Anda tahu. Data ini menunjukkan seberapa banyak website Anda dikunjungi dalam jangka waktu tertentu. Dari sini, Anda bisa tahu seberapa populer web yang dimiliki.

Namun, jumlah traffic berbeda dengan jumlah pengunjung unik. Pada bagian ini, Google hanya menghitung berapa kali halaman dibuka. Jika pengunjung membuka satu halaman hingga 10 kali, jumlah buka itu jugalah yang akan dihitung.

Untuk mencari tahu semua traffic, Anda bisa klik menu Acquisition > All Traffic. Di bawah All Traffic masih ada pilihan Channel, Treemaps, Source/Medium, dan Refferals. Keempat opsi tersebut bisa Anda gunakan untuk melihat secara detail traffic web.

Misalnya, di bagian Channel atau Saluran, Anda bisa lihat Channel Marketing apa saja yang menyumbang kunjungan ke web.

 

6. Sumber Traffic

Ada banyak jalan untuk sampai ke website Anda. Cara paling umum adalah dengan mengetikkan URL ke address bar di browser. Tapi bisa juga, pengunjung menemukan web lewat mesin pencari, website lain yang memberi backlink, atau pun iklan.

“Jalan-jalan” yang ditempuh pengunjung bisa Anda ketahui dengan Google Analytics. Dengan mengetahui data ini, Anda bisa mengevaluasi sumber traffic. Anda juga bisa gunakan data sebagai bahan pertimbangan dalam membuat promo atau strategi menjangkau audiens.

Untuk tahu sumber traffic website, klik Acquisition > All Traffic > Channels

 

7. Kecepatan Website

Selain Google Page Speed Insight dan tools lain, Anda bisa sekalian mengecek kecepatan website lewat Google Analytics. Untuk itu, cukup klik Behaviour > Site Speed. Jika Anda menginginkan tampilan sederhana, Anda bisa pilih menu Overview atau Ringkasan.

Berikut beberapa data yang ditampilkan di halaman ringkasan:

  • Waktu muat halaman rata-rata;
  • Waktu pengalihan rata-rata;
  • Waktu pemata data rata-rata;
  • Waktu sambungan server rata-rata;
  • Waktu download halaman rata-rata;
  • Kecepatan situs berdasarkan browser, negara, dan halaman.

Di luar data di atas, waktu load setiap halaman juga bisa dicari pada bagian Page Timings atau Waktu Halaman. Google sengaja mengurutkan dari halaman populer dan menyebutkan waktu yang dibutuhkan untuk load halaman tersebut.

 

Siap untuk Meningkatkan Situs Web Anda agar Lebih Unggul dengan Google Analytics?

Sudahkah Anda meningkatkan situs web bisnis Anda? Kalau belum tingkatkanlah sekarang! Dengan Google Analytics akan membantu Anda untuk memantau produk Google Anda serta meningkatkan situs pengunjung web Anda.

Sun Media Digital Marketing Bali merupakan Agency Digital Marketing siap membantu bisnis Anda dengan strategi digital terbaik dan lebih unggul!