BELAJAR SEO PEMULA - Fungsi SEO & Dasar Optimasi
SEO

BELAJAR SEO PEMULA – Fungsi SEO & Dasar Optimasi

Belajar SEO itu tidak sulit, yang sulit adalah menjadi tekun untuk mempelajari perubahan di era digital ini.

Memenuhi kebutuhan informasi kini sangat mudah berkat kehadiran mesin pencari (search engine). Jika Anda ketik pertanyaan maupun topik yang Anda sedang minati disana, Anda akan dihadapkan dengan jutaan hasil pencarian yang dihadirkan dalam bentuk web pages. Informasi yang didapat juga beragam. Tidak hanya mengedukasi namun bisa juga memancing minat beli dan berlangganan. Tidak khayal Anda juga akan menemukan iklan dari para penjual yang lihai menggecarkan pemasaran digital marketing melalui mesin pencari dengan pemicu kata yang Anda ketikkan tersebut.

Kredibilitas Halaman 1 dalam Mesin Pencari

Waktu adalah uang. Hal ini pun teraplikasikan dari kegiatan menelusuri mesin pencari. Lebih mudah bukan untuk menelisik informasi yang dibutuhkan hanya di halaman 1 mesin pencari? Karena pada umumnya, Anda telah menemukan jawaban yang dicari hanya dengan mengunjungi 1-3 website yang berada di halaman pertama. Dengan demikian, potensi untuk semakin lebih sering diklik menjadi lebih besar. Bagi penyedia informasi, tentunya ini menjadi suatu tantangan karena jumlah pesaing yang terlampau banyak. Selain itu, algoritma Google juga selalu mengalami perubahan. Menjadi suatu pertanyaan bagaimana ya kriteria agar bisa menjadi salah satu dari sekian banyak yang berada dalam posisi teratas tersebut? Disini lah kita menerapkan teknik SEO.

Belajar SEO Pemula Bukan Hanya Tentang Peringkat – Ketahui Apa itu SEO dan Fungsinya?

SEO adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengoptimasi aset digital Anda. Penerapannya bukan hanya untuk website dan blog namun juga di segala lini digital baik media sosial, online market place, dll. Teknik SEO ini juga sering dikaitkan dengan kata kunci (keywords) dan bagaimana membuat kata kunci yang kita tanam meroket menuju posisi teratas. Namun, hal tersebut hanya permukaannya saja. Nyatanya, terdapat hal yang lain menjadi tujuan utama SEO selain ranking, yaitu mendatangkan traffic pengunjung.

Sayangnya, algoritma mesin pencarian Google misalnya, merupakan suatu hal yang tidak dibeberkan ke publik. Namun, jika kita meninjau setiap halaman teratas Google, rata-rata mereka memiliki konten dalam tiap halaman yang memuat informasi bermanfaat dan relevan menjawab segala pertanyaan yang menjadi para kekhawatiran audiens serta website yang responsif dengan loading page yang cepat.

SEO adalah Investasi Jangka Panjang untuk Situs Anda

Aspek SEO adalah investasi jangka panjang dalam urusan pemasaran digital utamanya bagi bisnis yang memiliki website maupun landing page-nya sendiri dan menggunakan salah satunya untuk berjualan. Dalam pencarian kata kunci, contohnya: digital marketing terbaik di Bali, Anda telah dihadapkan dengan 2,370,000 pencarian hanya dalam 0,69 detik. Semua pencarian tersebut meliputi berbagai website dengan ranah terkait bersaing merebutkan halaman terdepan di Google. Jika dengan long-tailed keyword atau kata kunci yang panjang dan spesifik, Anda telah mempunyai jutaan pesaing, bayangkan bagaimana jika kata kunci tersebut semakin umum dan pendek?

BELAJAR SEO PEMULA - Fungsi SEO & Dasar Optimasi

Terdapat banyak hal yang dipertimbangkan dalam aspek SEO-friendly suatu website maka dari itu mengoptimasi SEO suatu website membutuhkan komitmen jangka panjang, dan kesabaran. Bahkan kenyataannya, banyak sekali website terkenal di luar sana yang berambisi mengincar halaman pertama dan kerap kali justru kalah bersaing dengan platform e-commerce. Maka dari itu tujuan SEO pun saat ini bukan hanya memaksimalkan beberapa kata kunci yang krusial dicari calon pelanggan namun juga UX (user experience) atau bagaimana menciptakan pengalaman terbaik untuk visitor saat berkunjung ke situs Anda.

Belajar SEO Pemula – Mengenai Berbagai Aspek Optimasi dalam Suatu Situs

Untuk mencapai goals tersebut, kita perlu mengimplementasikan SEO. Teknik SEO pun dipecah menjadi 3 kategori besar: on-page SEO, technical SEO, dan off-page SEO. Semua kategori ini saling berkaitan untuk menunjang kualitas website Anda dan menaikkan peringkat suatu website. Waktu yang diperlukan pun bervariasi rentang bulanan hingga tahunan.

On-page SEO

On-page SEO merupakan teknik untuk mengoptimasi tiap page atau halaman di suatu website dengan kata kunci tertentu yang berpotensi mendatangkan lebih banyak traffic ke situs Anda. Yang diperhatikan mulai dari kualitas konten, internal & eksternal link, dan elemen-elemen on-page lainnya seperti optimasi ALT image, meta description dan tag. Ini adalah yang paling dasar untuk Anda kuasai saat belajar SEO pemula.

Technical SEO

Technical SEO merupakan teknik untuk mengoptimalkan technical performance dari suatu website seperti loading page, strukturnya, kemanan situs SSL, XML Sitemap, tema, layout, dan navigasi. Technical SEO sangat penting untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung Anda. Tentunya, Anda ingin agar website selalu responsif dan struktur tampilan tiap kontennya enak dipandang pengunjung saat dilihat melalui tampilan desktop hingga mobile-view.

Off-page SEO

Off-page SEO merupakan salah satu teknik yang paling ditakuti banyak SEO specialist. Hal ini dikarenakan Anda sudah tidak lagi berkutat di halaman website saja namun mengoptimasi di luar website. Off-page SEO menentukan kredibilitas -seberapa berkualitas konten Anda bagi audiens. Kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimasi off-page SEO seperti: link building, meningkatkan Domain Authority dan Page Authority, melakukan promosi konten yang telah dibuat ke berbagai platform media sosial dan channel lainnya, mendapatkan backlink melalui guest blog, dll depan mengedepankan white-hat SEO practice atau praktik SEO beretika.

Kunci Utama Saat Belajar SEO Pemula

Semua pemilik situs ingin agar situs mereka menjadi yang terbaik diantara semuanya, atau setidaknya menjadi salah satu yang terdepan untuk suatu kata kunci tertentu. Nah, untuk menjadi yang terdepan tersebut, bagaimana yah caranya? Prioritas utama belajar SEO ialah:

  1. Mengutamakan performa cepat untuk menyajikan konten Anda. Semakin cepat tiap halaman ter-index Google, semakin cepat informasi Anda dapat tampil di halaman pencarian. Maka dari itu, pastikan setiap konten yang telah Anda publikasikan ter-index melalui Google Search Console dan perhatikan notice yang diberikan agar telah memenuhi standar.
  2. Selalu berorientasi pada konten dengan kualitas tinggi. Pastikan konten tidak memasukkan kata kunci secara berlebihan dan relevan dengan niche Usahakan konten yang Anda buat orisinil, menjawab segala pertanyaan sasaran audiens, dan bukan hasil jiplakan, tidak penuh dengan typo, serta memprovokasi negatif kepada audiens. Untuk menentukan topik, Anda bisa menuju Google Trend dan digunakan sebagai acuan konten dengan hasil penelusuran yang stabil selama 5 tahun ke belakang.
  3. Memperhatikan struktur dan tombol navigasi bekerja dengan rapi. Jangan sampai terjadi misleading, error, maupun broken link sehingga menganggu proses crawling Google. Anda perlu mengetahui bagaimana struktur situs maupun URL yang baik.
  4. Memperhatikan UX (User Experience). Aspek responsif sangat penting untuk situs Anda. Pastikan agar tampilan situs Anda eyecatching namun juga mobile-friendly dengan loading page yang cepat sehingga visitor juga puas selama kunjungan ke situs Anda.
  5. Banyak kunjungan ke situs Anda. Jika Anda dapat mempertahankan kualitas tinggi situs Anda, apalagi Anda konsisten menyajikan konten yang bermanfaat. Tentunya akan mempengaruhi peningkatan popularitas situs Anda.

Acuan Belajar SEO

Nah, bagi teman-teman Sun Media Digital Agency yang ingin Belajar SEO pemula dan tekniknya lebih mendalam, beberapa acuan dan buku ini dapat dijadikan referensi untuk menambah wawasan maupun dapat diaplikasikan untuk situs Anda. Beberapa yang kami sarankan misalnya buku milik Nicholas Papagiannis berjudul Effective SEO Content Marketing. Yang lainnya adalah SEO 2021: Learn Search Engine Optimization With Smart Internet Marketing Strategies milik Adam Clarke yang berisikan update terbaru terkait kaidah SEO 2021. Kedua author merupakan praktisi SEO handal yang telah berpengalaman di bidangnya.

Selanjutnya, beberapa website terbaik untuk belajar SEO dan strategi digital marketing tentunya Sun Media,Backlinko, Moz, SEMrush, Hubspot, NeilPatel, dan Google Search Central. 

Pastikan untuk selalu update ilmu dan trend terbaru digital marketing bersama kami secara gratis disini.