SEO

Backlink Adalah? Simak Penjalasannya Disini!

Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Karena backlink adalah tautan di sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain. 

Jika dilihat backlink adalah kacamata search engine seperti google, backlink dianggap sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dari situs web kamu. 

Lalu apa arti backlink sesungguhnya? Tenang aja kami sudah merangkum untuk kamu agar mudah memahami arti backlink, fungsi, ciri-ciri, serta cara mendapatkannya. 

Backlink Adalah

Backlink adalah link di dalam konten website yang mengarah ke halaman web lain, biasanya digunakan oleh pemilik web agar meningkatkan reputasi web serta kontennya. 

Backlink adalah link yang mirip sama hyperlink, tapi bisa membantu memaksimalkan SEO web yang tidak hanya sekedar menautkan resource.

Internal Backlink Adalah

Internal backlink adalah link yang menghubungkan dua halaman web di satu domain yang sama agar pengunjung bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang suatu topik atau membaca konten lain yang relevan.

External Backlink Adalah

External backlink adalah link yang mengarah atau diterima dari domain lain. Link ini diperlukan kalau website kamu tidak memiliki konten yang bisa ditautkan untuk topik tertentu, jadi kamu menambahkan resource dari website lain.

Baca artikel lainnya Cara Research Keyword Agar Tembus Halaman Google!

Manfaat Backlink

Selain dari segi SEO, backlink juga memiliki berbagai manfaat lainnya seperti: 

  • Meningkatkan exposure web.
  • Meningkatkan kredibilitas web.
  • Meningkatkan peringkat pada SERPs.
  • Mempermudah web ter-index di search engine.
  • Membangun hubungan dengan situs lain.

Ciri – Ciri Backlink yang Berkualitas

Kamu tidak bisa asal-asalan dalam mencari backlink. Google tidak menilai backlink dari kuantitas saja, tapi juga mempertimbangkan kualitas. Ingat, backlink tidak berkualitas hanya merugikan kamu. Jadi kamu harus menyeleksi backlink dengan teliti agar mendapatkan backlink berkualitas.

Lalu apa saja ciri-ciri backlink yang berkualitas?

Relevansi

Kamu harus mendapatkan backlink yang relevan agar memperoleh efek positif dari backlink. Buatlah skala prioritas website yang potensial untuk ditanami backlink dan kelompokkan dari yang relevan hingga tidak relevan. 

Punya Pengaruh (Authority)

Kamu harus memastikan website yang kamu tanami backlink memiliki kredibilitas dan berpengaruh.

Trafik

Perlu pertimbangkan jumlah trafik yang dihasilkan sebuah website sebelum menjadikannya backlink. Kamu bisa menggunakan Ahrefs untuk mengukur trafik dan pastikan web yang ditanami backlink mendapatkan trafik. 

Standar Editorial 

Perlu diperhatikan standar editorial website yang ditanami backlink. Biasanya backlink yang berkualitas standar editorialnya ketat seperti portal berita atau blogger kredibel.

Kualitas Outbound Link

Perhatikan outbound link dari calon website yang akan ditanami backlink. Apakah rekam jejak outbound link mereka bagus? Apakah mereka memberikan outbound link ke website berkualitas atau tidak? Karena website yang kualitasnya bagus biasanya akan memberikan backlink ke website yang berkualitas juga.

Terindeks Google 

Terakhir dan yang penting adalah terindeks google. Website yang kamu tanami backlink harus terindeks google jika tidak maka itu akan sia-sia.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas tidak didapatkan dengan mudah. Strategi membangun backlink berkualitas diawali dengan membuat konten yang lengkap, unik, dan solutif. Dan cara mendapatkan backlink berkualitas adalah

  • Bangun kredibilitas.
  • Tulis konten yang lengkap dan solutif.
  • Buat konten yang unik.
  • Buat infografik.
  • Gunakan tools backlink.
  • Gunakan content sharing platform.
  • Lakukan guest blogging.

Siap Membangun Backlink yang Berkualitas untuk Website Kamu?

Apakah kamu sudah membangun backlink yang berkualitas untuk website kamu? Kalau belum tingkatkanlah sekarang! Dengan backlink bisa membantu website kamu terindeks oleh google dan menjadi lebih unggul.

Sun Media Digital Marketing Bali merupakan Agency Digital Marketing siap membantu bisnis kamu dengan strategi digital terbaik dan lebih unggul!