Digital Marketing

Apa Itu SEO Audit? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Dalam proses kerja SEO, terdapat salah proses penting yang tidak boleh terlewatkan yaitu SEO audit. Melakukan audit SEO berguna untuk mengetahui bagian-bagian mana saja yang perlu diperbaiki paada sebuah website. Mungkin dalam optimasi SEO yang kita lakukan, masih saja terdapat kesalahan, sehingga melakukan SEO audit adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Apa itu SEO audit sebenarnya? Langkah-langkah apa saja yang perlu diperhatikan? Simak penjelasannya dalam artikel dibawah ini.

Apa Itu SEO Audit

SEO audit adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk mengetahui celah yang memerlukan perbaikan baik itu dari segi teknikal, on-page atau off-page. SEO audit on-page bertujuan untuk mengetahui perbaikan apa yang perlu dilakukan didalam website kamu. Contohnya untuk mengetahui apakah ada broken internal links, 404 errors, 505 errors, dan lain sebagainya. Sementara, SEO Audit off-page dilakukan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas backlinks pada website yang kamu miliki. Apakah spam score backlink yang kamu miliki cukup tinggi atau tidak, mengetahui backlink yang hilang dan baru didapatkan, dan lain sebagainya.

SEO audit adalah aktivitas yang wajib dilakukan oleh praktisi SEO dalam proses kerjanya. Hasil dari SEO audit akan berguna sebagai sarana optimasi agar dapat berkompetisi dengan baik dengan kompetitor lainnya pada mesin pencarian.

Dianjurkan untuk melakukan SEO Audit secara terjadwal. Misalnya 2 kali selama sebulan atau bahkan 1 kali seminggu. Semakin cepat mengetahui masalah yang ada pada website kamu, maka akan semakin cepat pula optimasi yang akan dilakukan.

Manfaat SEO Audit

Berikut adalah manfaat dari proses SEO audit agar website kamu memiliki hasil pencarian yang bagus di Google:

  • Untuk mengetahui kesehatan situs kamu. Nilai kesehatan situs yang baik akan menghasilkan ranking pencarian yang baik juga untuk website yang kamu kelola.
  • Untuk mengetahui teknikal eror apa saja yang ada pada website kamu. Semakin sedikit eror yang ada pada website, tentunya Google akan semakin menyukai website kamu dan berefek positif pada hasil pencarian website.
  • Untuk mengetahui apa yang meyebabkan peningkatan atau penurunan organic traffic website kamu. Apakah penyebabnya dari SEO on-page ataukah SEO Off-page seperti backlinks.
  • Menjadi acuan dalam strategi pembuatan konten yang lebih tepat sasaran.

langkah seo audit

Image Source: Unsplash/Myriam Jessier

Langkah Melakukan SEO Audit

Lakukan langkah-langkah SEO audit berikut ini agar hasil audit website kamu dapat lebih optimal:

  1. Pastikan Website Kamu Terindeks Google

Langkah pertama yang kamu perlu lakukan dalam SEO audit adalah memastikan halaman pada website terindeks oleh Google. Jika halaman website kamu tidak terindeks oleh google, maka halaman website tidak akan muncul di Google. Pastikan kamu sudah melakukan setting pada robots.txt dengan benar. Untuk mengecek apakah setiap halaman pada website kamu sudah terindeks atau belum, kamu bisa mengeceknya melalui site:namadomain.com.

  1. Audit dan Optimasi SEO On-Page

Langkah audit yang kedua yaitu dengan mengaudit bagian SEO On-Page yang mencakup meta title, meta description, slug, internal links, dan lainnya. Jika suatu website memiliki SEO on-page yang baik, maka besar kemungkinan website tersebut akan memiliki ranking pencarian yang bagus. Dengan bantuan tools SEO seperti SEMRush, Screaming Frog, atau UberSuggest akan memudahkan kamu dalam menemukan celah mana saja yang perlu diperbaiki, khususnya pada bagian SEO on-page ini. Setelah menemukan bagian-bagian mana saja yang perlu diperbaiki, kamu bisa memulai lakukan optimasi dengan menyusun skala prioritas mana saja yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

  1. Audit dan Optimasi SEO Teknikal

Langkah SEO audit yang ketiga yaitu dengan mengetahui bagian SEO teknikal yang perlu diperbaiki. SEO teknikal disini mencakup apakah struktur website kamu sudah “rapi” dan memenuhi kaidah yang direkomendasikan Google atau belum, apakah website kamu sudah diletakkan URL canonical atau belum, serta mengetahui elemen-elemen apa sajakah yang menyebabkan kecepatan website Anda menjadi lambat.

  1. Audit dan Optimasi SEO Off-Page

Langkah terakhir dalam melakukan SEO audit adalah dengan mengaudit SEO Off-page yang mencakup performa backlinks. Cari tahu backlinks yang memiliki spam score tinggi dan lakukan disavow backlinks. Backlinks yang memiliki spam score tinggi akan memengaruhi ranking pencarian website kamu. Dan memperbesar kemungkinan mendapatkan Google Sandbox. Jadi, selalu pantau pemerolehan backlink website kamu paling tidak sekali selama sebulan.

Tools yang Digunakan untuk SEO Audit

Ada banyak tools yang tersedia untuk menunjang SEO audit website kamu. Tetapi, diantara banyaknya tools yang ada, berikut adalah tools yang paling sering digunakan oleh praktisi SEO.

  1. SEMRush

SEMRush adalah tools yang dapat mengetahui performa SEO secara holistik. Kamu tidak hanya dapat menggunakan SEMRush untuk mengaudit website mu, tetapi dapat digunakan untuk melakukan riset keyword, monitoring backlinks, memantau pergerakan ranking keyword, dan lain sebagainya.

Untuk fungsinya sebagai sarana audit, SEMRush memberikan fitur yang komprehensif dalam menyajikan masalah apa saja yang ada pada website kamu. Fitur audit SEMRush membagi tiga klasifikasi masalah SEO audit on-page yaitu errors, warnings, dan notices. Dimana masalah errors adalah masalah yang menjadi prioritas utama untuk diselesaikan, dan notices adalah masalah yang menjadi prioritas paling rendah untuk diselesaikan.

Fitur audit SEMRush juga mudah untuk dipahami dan memberikan penjelasan yang detail mengenai definisi masalah tersebut dan menyajikan bagaimana masalah tersebut harus diselesaikan.

  1. Screaming Frog

Tidak seperti SEMRush, tools Screaming Frog adalah tools yang hanya dapat digunakan untuk melakukan audit saja. Namun, fitur auditnya tidak kalah dengan yang dipunyai SEMRush. Melalui Screaming Frog, kamu dapat mengetahui technical issues yang ada pada website kamu seperti halaman mana saja yang belum tertanam URL Canonical, halaman yang belum terbubuhi H1, ataupun halaman yang belum terisi meta description, dan lain sebagainya.

Untuk versi gratisnya, Screaming Frog dapat merayapi 500 URL website mu. Sementara, untuk versi berbayarnya, Screaming Frog memberikan unlimited URL yang dapat ter-crawl. Selain itu, kamu dapat mengintegrasikan tools pihak ketiga lainnya seperti PageSpeed Insight, Google Analytics ke Screaming Frog.

  1. PageSpeed Insight

PageSpeed Insight adalah tools yang dikhususkan untuk mengetahui kecepatan website atau komponen penting core web vitals. Tools ini menghasilkan 4 bagian yang dapat diinterpretasikan yaitu Performance, Accessibility, Best Practice, dan SEO. Tools ini dapat diakses secara gratis dan penggunaannya pun cukup mudah. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan URL website Anda kedalam kolom yang tersedia di PageSpeed Insight. Cara lainnya yaitu dengan mendownloadnya pada Google Chrome Extension.

  1. UberSuggest

UberSuggest adalah tools SEO yang berfungsi mengetahui kinerja SEO baik on-page dan off-page, sama halnya seperti SEMRush. Tools ini dikembangkan oleh pakar SEO terkenal, Neil Patel. Melalui UberSuggest, kamu bisa meriset keywords, melakukan SEO audit, dan monitoring backlinks. Terdapat versi berbayar dan tidak berbayar untuk tools ini. Kamu masih bisa melakukan SEO audit untuk versi tidak berbayarnya, tetapi memiliki batasan maksimal 3 kali sehari untuk melakukan audit. Bagi praktisi SEO pemula, fitur dari tools ini cukup mudah untuk dipahami.

  1. Google Search Console

Ini dia tools buatan dari search engine Google itu sendiri, Google Search Console. Google Search Console dapat dibilang adalah tools wajib bagi para praktisi SEO. Melalui Google Search Console, kamu bisa mengetahui halaman mana saja pada website kamu yang memiliki nilai core web vitals yang rendah, keywords apa saja yang paling banyak dicari oleh users pada website kamu, halaman mana sajakah yang mengalami 404 errors, dan lain-lain. Tidak hanya berfungsi sebagai SEO audit, tetapi Google Search Console dapat mengetahui seberapa banyak organic traffics website kamu yang meliputi clicks, impressions, CTR, dan average position. Tentu saja, tools ini dapat diakses secara gratis.

 

Nah, itulah pemahaman mengenai apa itu SEO audit. Tentunya, SEO audit memainkan peranan penting dalam proses optimasi SEO website kamu. SUN Media Creative Agency, sebagai salah satu digital marketing agency terpercaya di Bali menyediakan jasa SEO secara menyeluruh termasuk SEO audit. Tidak hany melakukan audit, kami juga akan melakukan optimasi agar website kamu memiliki hasil pencarian yang bagus di Google. Dengan hasil pencarian yang baik di Google, maka akan memperbesar kemungkinan bisnis kamu akan semakin dikenal oleh users. Semoga artikel kali ini bermanfaat!