3 Hal Yang Kamu Perlu Ketahui Tentang Bounce Rate
Digital Marketing

Apa itu Bounce Rate? 3 Hal Yang Kamu Perlu Tahu!

Apakah anda sudah memiliki sebuah situs web untuk bisnis anda? Pernahkah ada bingung mengapa strategi pemasaran anda kurang berdampak walaupun lalu lintas website anda masih tinggi?

Jika iya, mungkin website anda sedang menghadapi masalah bounce rate, atau rasio pantulan. Bounce rate adalah salah satu masalah yang sering terjadi dalam meningkatkan engagement dalam sebuah strategi pemasaran digital.

Bisnis anda mungkin saja bisa menjalankan sebuah marketing campaign yang sukses dalam meningkatkan lalu lintas website anda. Tetapi tanpa strategi interaksi yang kuat, masalah seperti bounce rate bisa saja membuat kampanye pemasaran tersebut gagal dalam menghasilkan pendapatan yang berdampak bagi bisnis anda.

Jadi, apa itu bounce rate ? Bagaimanakah cara anda menyelesaikan masalah tersebut untuk meningkatkan interaksi dan pendapatan bagi bisnis anda?

Baca lebih lanjut karena berikut adalah 3 hal yang anda perlu tahu tentang apa itu bounce rate.

1. Pahami Bounce Rate dan Dampaknya Bagi Bisnis Anda

Untuk mengerti apa itu bounce rate, mari kita simak cerita pendek berikut ini.

Witri adalah seorang mahasiswi yang sedang mencari produk lilin aromatik di Google. Setelah menjelajahi internet untuk beberapa waktu, dia menemukan sebuah iklan Google menarik kepada sebuah website yang sangat cocok dengan apa yang dia cari, yang berbunyi “Lilin Aromatik Lavender, Sekarang Diskon 50%!”

Dia meng-click situs web tersebut dan membaca konten yang ada di situs tersebut. Tetapi, tidak lama setelah itu, Witri langsung memencet tombol kembali tanpa mengecek tawaran lain yang mungkin ada di situs tersebut.

Apa yang terjadi? Apakah Witri tidak suka dengan tawaran produk tersebut? Apakah ada yang salah dengan desain situs atau konten nya? Mengapa dia tidak mencoba untuk menjelajahi situs tersebut untuk mencari produk lainnya yang mungkin ditawarkan di situs tersebut?

Faktanya adalah kita tidak bisa tahu pasti mengapa Witri pergi dari situs tersebut. Namun, interaksi Witri yang sangat singkat tersebut bisa menjadi indikasi bahwa situs web tersebut kurang memiliki engagement yang bagus, walaupun kampanye pemasaran produk melalui iklan Google telah sukses mencapai Witri.

Cerita inilah yang bisa kita pelajari sebagai ilustrasi untuk memahami apa itu bounce rate.

Seperti yang telah dilakukan Witri, sebuah bounce terjadi ketika seorang visitor, atau pengguna internet, hanya mengakses sebuat situs web tersebut sekali sebelum mereka langsung meninggalkan situs tanpa melakukan interaksi apapun.

Jadi bounce rate bisa diartikan sebagai sebuah perhitungan terhadap berapa banyak lalu lintas situs web kita yang datang dan langsung pergi tanpa melakukan engagement apapun dengan website kita, seperti mengisi formulir kontak, meng-click tautan, maupun membeli apapun yang ditawarkan di situs tersebut.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bounce dan membuat pengguna meninggalkan situs anda tanpa melakukan interaksi apapun. Beberapa dari hal tersebut bisa terjadi dikarenakan masalah dalam kualitas desain website, relevansi konten terhadap kebutuhan pengguna, maupun masalah teknis seperti lambatnya page load time situs tersebut.

Tetapi, perlu diketahui bahwa masih banyak hal yang bisa kita petik ketika kita menganalisa bounce rate.

2. Apakah Bounce Rate Yang Rendah Bagus Untuk Website Anda?

Bounce rate itu memiliki konteks yang berbeda-beda, terutama ketika dikaitkan dengan industri dimana bisnis tersebut bergerak. Namun, satu hal yang perlu digarisbawahi adalah bounce rate yang tidak belum tentu secara otomatis berarti bahwa sebuah website kurang interaktif.

Sebuah riset oleh Custom Media Labs menunjukkan bahwa beberapa bisnis, atau bahkan page dalam situs, memiliki rata-rata bounce rate yang lebih tinggi dari yang lainnya.

Mereka menemukan bahwa ada rata-rata 20-45% bounce rate untuk situs-situs toko online dan e-commerece lainnya dan sekitar 25-55% bounce rate untuk situs web B2B. Ini adalah perbedaan besar dibandingkan dengan halaman atau situs web non-ecommerce di mana rata-rata rasio pantulan bisa mencapai 60-90% bagi home page, situs blog, kamus online, serta situs-situs berita dan acara.

Selain itu, tidak hanya jenis bisnis, tetapi cara pengunjung mengakses situs web Anda juga dapat memengaruhi kecenderungan mereka untuk bounce dari situs web. Custom Media Labs mencatat bahwa rata-rata sekitar 42% pengguna desktop bounce dari situs web, tetapi angka tersebut meningkat menjadi 54% untuk pengguna tablet dan 58% untuk pengguna seluler.

Data ini menunjukkan bahwa rasio pantulan tidak hanya dipengaruhi oleh konten atau kualitas situs web anda, tetapi juga dapat dipengaruhi oleh jenis bisnis dan perilaku target pasar anda.

Untungnya, ada aturan praktis, atau rule of thumb, yang dapat anda gunakan saat anda ingin menilai rasio pantulan website anda.

According to RocketFuel Creative Agency, a bounce rate of 26-40% is considered outstanding, whereas a 41-55% bounce rate is considered average. A bounce rate between 56-70% is not too bad, however, anything over 70% could be regarded as poor performance unless it’s a naturally high bounce rate website like for news, blogs, and events.

Simply put, while average bounce rates differ from market to market, it is generally accepted that decreasing bounce rates is ideal for any website or page. In that regard, how do we actually use bounce rate to improve our digital marketing strategies?

Menurut RocketFuel Creative Agency, bounce rate yang dianggap sangat bagus adalah sekitar 26-40%, sedangkan bounce rate 41-55% bisa dianggap sebagai rata-rata. Bounce rate antara 56-70% bisa dianggap tidak terlalu buruk, namun angka diatas 70% adalah rasio pantulan yang cenderung buruk, kecuali untuk situs-situs seperti berita dan blog.

Sederhananya, meskipun rasio pentalan rata-rata berbeda dari pasar ke pasar, secara umum mengurangi rasio pantulan sangatlah ideal untuk situs web atau halaman anda.

Dengan demikian, bagaimanakah caranya untuk mengurangi rasio pantulan untuk meningkatkan strategi pemasaran digital situs web anda?

apa itu bounce rate dan kegunaannya

Bounce rate berperan penting untuk menganalisa engagement rate pada konten Anda. Image Source: Unsplash/Myriam Jessier

3. Sesuaikan Strategi Digital Anda Untuk Mengurangi Bounce Rate

Pemasaran digital memanglah agak rumit dan bahkan bisa saja menjadi sebuah investasi yang mahal. Namun, itulah mengapa penting bagi kita untuk memanfaatkan strategi digital kita dengan efisien, terutama untuk menanggulangi bounce rate.

Mengurangi bounce rate dari situs web anda adalah salah satu langkah yang perlu anda pertimbangkan jika anda ingin mengoptimalkan strategi pemasaran digital anda.

Untuk itu, berikut ini adalah 3 strategi ala Sun Media yang dapat anda terapkan untuk menghadapi bounce rate:

  • Bangun Pengalaman Situs Web yang Nyaman dan Berkualitas

    Salah satu kelemahan situs web yang paling fatal, namun dapat dihindari, dapat diringkas menjadi dua kata: masalah teknis.

    Meskipun benar bahwa memiliki konten yang unik, SEO-friendly, dan berkualitas adalah dasar dari membangun situs web yang bagus, semuanya tidak akan berarti apa-apa jika pengunjung website anda memiliki masalah saat mengakses konten anda.

    Sebagai contoh, dengan meningkatnya jumlah pengguna yang mengakses internet melalui perangkat seluler dengan cepat, banyak situs web yang belum dioptimalkan untuk akses seluler.

    Situs web yang tidak ramah seluler cenderung memiliki kecepatan loading yang lebih lambat, bisa menyebabkan kesalahan teknis, dan tidak menyediakan utilitas yang mudah bagi pengguna untuk menjelajahi situs tersebut.

    Memperbaiki masalah teknis ini akan meningkatkan kualitas situs web anda dan memastikan bahwa pengunjung situs anda dapat dengan mudah mengakses informasi produk maupun jasa serta informasi lainnya di website anda.

    Anda mungkin tertarik untuk membaca Jasa Web Design Bali

  • Fokus terhadap Strategi Pemasaran Berbasi Return of Investment (ROI)

    Sekali lagi, ketahuilah bahwa engagement is king dalam dunia pemasaran digital. Bahkan jika Anda memiliki situs web yang sempurna dengan banyak konten yang berkualitas tinggi, strategi pemasaran digital anda tidak ada gunanya jika anda tidak memiliki Call To Action yang jelas bagi pengunjung anda.

    Fitur sederhana seperti, ‘klik di sini untuk melihat layanan mana yang paling cocok untuk anda‘ atau ‘klik di sini untuk menghubungi kami‘ mendorong pengunjung anda untuk lebih mudah menghubungi bisnis anda jika mereka tertarik untuk membeli produk anda.

    Di lain sisi, agar investasi pemasaran digital anda menghasilkan pengembalian positif untuk pertumbuhan bisnis anda, anda harus fokus pada tingkat konversi, atau conversion rate, demi memaksimalkan ROI dari investasi yang anda keluarkan dalam strategi pemasaran anda.

    Dengan demikian, situs web anda seharusnya tidak hanya nyaman diakses dan menyediakan konten berkualitas, tetapi juga mengkomunikasikan merek anda dengan jelas sebagai solusi yang harus ambil bagi para pengunjung situs anda untuk menyelesaikan masalah mereka.

  • Konsultasikan Strategi Digital Anda dengan Agensi Terpercaya dan Berpengalaman

    Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, adalah pentingnya mengkonsultasikan strategi digital anda.

    Seni pemasaran mungkin dapat dipelajari dalam sehari, tetapi seni tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dikuasai. Tanpa mendiskusikan strategi digital anda dengan pihak yang tepat dengan pengalaman yang relevan, anda bisa saja membahayakan kesuksesan digital marketing strategy anda.

    Mengkonsultasikan strategi digital anda sangatlah penting karena memungkinkan anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang jangkauan pasar anda dan bahkan mungkin anda untuk menganalisa strategi digital kompetitor bisnis anda.

    Dengan demikian, membuat strategi digital yang solid yang mencakup ide-ide untuk mengurangi masalah seperti bounce rate pada situs web akan memungkinkan anda untuk menuai manfaat semaksimal mungkin dari investasi yang seminimal mungkin.

Sun Media Digital Marketing Bali adalah solusi terpercaya untuk pertumbuhan bisnis anda. Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun, kami telah membantu banyak klien dalam mengembangkan merek dan strategi pemasaran mereka melalui berbagai makan strategi digital berbasis ROI yang terbukti sukses.

Tim profesional kami menyediakan layanan berkualitas untuk jasa desain web dan optimalisasi SEO guna meningkatkan kecepatan pemuatan situs web anda, meningkatkan jangkauan anda terhadap pasar anda, dan kualitas konten anda.

Hubungi kami hari ini dan pelajari bagaimana anda dapat memaksimalkan bisnis anda di [email protected] atau +628113862388