branding, Marketing

3 Manfaat Community Marketing Bagi Usaha Anda

Dalam berbisnis, menjaga kualitas dan popularitas brand anda sangatlah penting untuk strategi marketing anda. Namun, biasanya sebuah perusahaan sering menghadapi masalah dalam mengimbangi strategi branding dengan strategi pemasaran mereka. Malahan terkadang kedua strategi ini justru memiliki tujuan dan target yang berbeda atau bahkan bertolak belakang.

Nah, tahukah anda bahwa sebenarnya ada strategi yang bisa diterapkan untuk memasarkan produk anda sekaligus membangun brand anda? Ya, strategi ini bernama community marketing atau pemasaran berbasis komunitas.

Dilansir dari Niaga Hoster, sederhananya, community marketing adalah strategi bagi bisnis untuk berinteraksi secara langsung dengan komunitas target pasar anda. Strategi ini biasa diterapkan sebagai berbagai macam aktivitas seperti event, lomba, dan seminar baik offline maupun online.

Jadi, bagaimana sih caranya untuk mengembangkan bisnis anda menggunakan community marketing? Yuk, simak 3 manfaat community marketing berikut ini!

1. Community Marketing Dapat Meningkatkan Nilai Brand Anda

Banyak orang berkata bahwa sebuah merek, atau brand, hanyalah sebuah logo atau label suatu produk perusahaan. Namun, sebenarnya brand sangatlah lebih dalam dari asumsi tersebut.

Brand bukanlah label semata, tetapi juga sebuah identitas dari bisnis anda. Ia mencerminkan nilai-nilai dan kualitas yang dijanjikan oleh perusahaan pada produknya. Maka dari itu sebuah brand yang kompetitif adalah brand yang bisa membawa nilai lebih bagi konsumen produk brand tersebut.

Salah satu nilai lebih yang bisa dibawakan adalah nilai sosial. Ini bisa dicapai melalui perjalanan program yang menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap pada suatu komunitas tertentu.

Sebagai contoh, KFC sudah berkolaborasi bersama komunitas penyelam dan komunitas pecinta laut dan berkomitmen untuk berhenti menyediakan sedotan plastik. Hal ini membuat penjualan brand KFC memiliki nilai sosial lebih yang baik bagi alam.

Contoh lainnya juga adalah McDonald’s yang pernah berkolaborasi dengan BTS. Kolaborasi yang sempat menghebohkan dunia ini sangatlah sukses dalam menarik perhatian komunitas pecinta lagu pop Korea untuk membeli produk McDonald’s.

Pelajaran yang bisa kita petik dari kedua contoh ini adalah ketika brand anda memiliki strategi community marketing yang tepat maka anda tidak hanya bisa membawa keuntungan tetapi juga memberi nilai lebih yang dapat meningkatkan keunikan brand anda.

2. Strategi Ini Dapat Meningkatkan Interaksi Bersama Konsumen

Nah, salah satu kelebihan dari community marketing juga adalah strategi ini meningkatkan interaksi bisnis anda bersama konsumen. Hal ini cenderung sangat positif karena suatu komunitas pembeli pastinya akan merasa senang jika diberikan apresiasi dan kesempatan untuk lebih terlibat dengan brand anda.

Sebagi contoh lain, salah satu penerapan community marketing yang paling sering kita jumpai jaman sekarang adalah webinar atau seminar online. Melalui webinar, bisnis tidak hanya bisa melakukan kegiatan branding dan promosi tetapi juga bisa berinteraksi langsung bersama suatu komunitas konsumen. Apalagi jika webinar ini bisa berkolaborasi dengan tokoh-tokoh publik atau suatu komunitas tertentu.

Anda mungkin tertarik untuk membaca Key Opinion Leader vs Influencer: 3 Perbedaan Yang Kamu Harus Tahu

Jika diterapkan dengan benar, interaksi ini bisa meningkatkan kepuasan suatu komunitas konsumen. Ini karena mereka akan merasa seperti pendapat mereka memiliki nilai bagi perusahaan. Terutama jika dalam acara tersebut bisnis bisa langsung mendengar dan kemudian menanggapi keluhan yang mungking ada dari konsumen.

Salah satu contoh interaksi inovatif cerdas yang diterapkan Starbucks dalam community marketing mereka adalah Tumbler Day.

Inisiatif ini adalah program Starbucks yang bertujuan untuk mengurangi plastik sekali pakai dengan mengajak konsumen untuk membawa tumbler / botol minum sendiri saat membeli Starbucks setiap hari Kamis dan tanggal 22. Untuk mendorong ketertarikan pembeli terhadap program ini, Starbucks juga memberi diskon sebesar 30-50% jika konsumen membali kopi dengan tumblernya sendiri.

Jadi, program ini tidak hanya mendorong lebih banyak pembelian produk kopi mereka, tetapi juga meningkatkan brand Starbucks sebagai merek yang turut berinteraksi secara langsung dengan komunitas konsumen yang peduli lingkungan dalam mengurangi sampah plastik.

3. Bermanfaat Untuk Menjalin Membangun Kesetiaan Pembeli

Terakhir adalah salah satu manfaat utama mengapa community marketing sangat berdampak baik pada bisnis yaitu membangun kesetiaan pembeli.

Kesetiaan pembeli terhadap suatu brand, atau biasa disebut brand loyalty, adalah suatu hal yang sangat mahal bagi bisnis apapun. Ini karena pembeli yang percaya dan setia kepada suatu merek akan terus membeli dari karena kepuasan mereka terhadap merek tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga akan memberikan ulasan positif yang bisa mengajak lebih banyak konsumen untuk membeli produk anda sebagai bagian dari strategi word of mouth anda.

Anda bisa mengetahui tentang Manfaat dan Strategi Word of Mouth untuk Brand Anda di sini.

Lalu bagaimana bisa community marketing membangun brand loyalty konsumen anda terhadap produk anda? Seperti yang telah dibicarakan di poin sebelumnya, kunci dari brand loyalty adalah nilai lebih yang bisa ditawarkan pada suatu komunitas.

Jadi, brand anda bisa membangun brand loyalty yang kuat jika bisa menunjukkan produk anda memiliki nilai lebih bagi komunitas konsumen. Terutama jika nilai tersebut dapat dirasakan langsung secara positif oleh komunitas konsumen tersebut.

Konsultasikan Strategi Community Marketing Anda Bersama Sun Media

Seperti yang telah dibahas, community marketing memiliki banyak manfaat baik bagi membangun merek maupun meningkatkan penjulan suatu produk bisnis. Hal ini dicapai melalui berbagai macam cara yang bermanfaat dalam meningkatkan hubungang jangka panjang antara bisnis dan komunitas konsumen anda.

Tetapi, anda juga harus tahu bahwa penerapan community marketing tidak datang tanpa resiko. Dan karena community marketing berfokus terhadap interaksi dengan komunitas konsumen, kegagalan strategi pemasaran komunitas bisa berakibat fatal pada brand anda.

Maka dari ini, konsultasikanlah strategi community marketing anda bersama Sun Media Digital Marketing Bali. Dengan bertahun-tahun pengalaman, kami telah membantu mempersiapkan strategi community marketing terbaik untuk bisnis klien-klien kami.

Baik melalui kolaborasi komunitas, influencer, manajemen key opinion leaders, maupun strategi digital lainnya untuk memaksimalkan interaksi positif dengan konsumen bisnis klien kami, kami bisa membantu anda mempersiapkan strategi pemasaran terbaik untuk anda.

Konsultasikan strategi marketing bisnis anda bersama Sun Media jika anda tertarik untuk mengembangkan bisnis anda melalui community marketing dan strategi digital yang lebih baik. Hubungi kami sekarang melalui email [email protected] atau telp +628113862388.