branding, Marketing

3 Alasan Market Research Adalah Kunci Sukses Bisnis Anda

Pernahkah anda mendengar peribahasa bisnis yang berbunyi, “Perahu bertambatan, dagang bertepatan”? Pepatah bijak ini mengajarkan kita bahwa sebuah bisnis akan berjalan lebih lancar jika memiliki suatu strategi yang tepat dan konsisten. Oleh karena itu, inilah mengapa riset pasar atau market research adalah sebuah kunci dari kesuksesan bisnis.

Sederhananya market research adalah sebuah upaya untuk mengenal lebih dalam target pasar, atau pelanggan, suatu bisnis. Dengan mengetahui lebih dalam perilaku, keinginan, dan keluhan dari suatu pasar, sebuah bisnis bisa menemukan lebih banyak peluang untuk berkembang.

Jadi, bagaimana sih market research bisa membawa lebih banyak kesuksesan bagi bisnis anda? Mari simak 3 alasan mengapa market research bisa mengembangkan bisnis anda!

1. Market Research Adalah Cara Untuk Mengenal Pembeli

Seperti peribahasa, “Tak kenal maka tak sayang,” sebuah bisnis tidak akan bisa sukses tanpa mengetahui target pasarnya sendiri. Oleh karena itulah market research bisa membantu bisnis untuk menjualkan produknya dengan strategi yang lebih tepat dengan mengetahui konsumennya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah membuat sebuat survei dengan pertanyaan-pertanyaan yang bisa menjadi referensi bagi bisnis atau produk anda. Anda bisa focus untuk mengetahui demografi pembeli anda, seperti apa perilaku pembelian mereka, dan mengenal keluhan atau saran yang ada.

Lalu, anda akan bisa menganalisa masukan dari konsumen atau target survei untuk mengembangkan buyer persona. Hal ini dilakukan agar usaha anda dapat menjual atau mengembangkan produk yang ditujukan kepada target pasar yang lebih spesifik.

Melalui proses riset yang tepat, anda bisa menemukan banyak informasi yang akan berguna untuk mengembangkan bisnis dan produk anda. Dengan demikian, anda bisa membuat bisnis/produk anda menjadi lebih kompetitif dan relatable dengan kebutuhan dan kemauan pembeli.

Anda mungkin tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pentingnya Menciptakan Buyer Persona untuk Kesuksesan Bisnismu

2. Strategi Bisnis Lebih Kuat dengan Lebih Banyak Informasi

Membuat keputusan adalah suatu hal yang harus dilakukan dalam sebuah usaha baik dalam skala besar maupun kecil. Dan keputusan tersebut sangatlah penting karena bisa menentukan untung-rugi dan bahkan sukses atau tidaknya suatu bisnis kedepannya.

Market research adalah salah satu solusi penting bagi pengusaha agar mendapat lebih banyak informasi untuk membuat keputusan bisnis yang matang. Melalui market research, anda bisa mengenal target pasar anda dan mengembangkan peluang baru untuk meningkatkan kesuksesan bisnis anda.

Apakah ada suatu inovasi atau tren baru yang bisa diterapkan untuk produk atau pemasaran produk anda? Perlukah anda membuat produk yang lebih variatif dan mengacu kepada target pasar yang lebih spesifik? Apakah bisnis anda perlu suatu strategi marketing baru dengan platform yang belum pernah dicoba? Atau apakah ada keluhan konstruktif yang bisa dijadikan referensi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk atau kinerja bisnis anda?

Melalui market research anda bisa mencari jawaban dari beberapa pertanyaan diatas demi mengembangkan strategi berkualitas bagi bisnis anda.

Anda bisa baca lebih lanjut tentang Bongkar Strategi Social Media Marketing dalam 8 Langkah di sini

3. Strategi Periklanan yang Menghasilkan ROI Lebih Tinggi

Di era digital yang serba 4.0 ini, usaha akan lebih sukses dalam memasarkan atau mengiklankan produk melalui platform digital. Hal ini tidak hanya berdampak baik pada branding dari bisnis anda tetapi juga membuat bisnis anda lebih tahan banting.

Alasannya adalah penerapan dan investasi strategi marketing atau advertising yang tepat bisa membawa return of investment (ROI) yang besar. Karena platform digital seperti Facebook, Instagram, atau TikTok bisa memperluas jangkauan bisnis dan produk anda kepada lebih banyak pembeli. Apalagi platform-platform tersebut memiliki banyak fitur periklanan yang bisa membantu mempromosikan produk anda kepada target pasar yang tepat dan spesifik.

Tetapi, demi strategi periklanan yang menguntungkan, market research adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan dalam pembuatan strategi. Dengan menganalisa konten seperti apa yang efektif dalam periklanan digital dan demografi spesifik seperti apakah yang cocok sebagai target pasar, anda bisa menyiapkan strategi digital advertising yang memiliki target lebih spesifik serta mengoptimalkan jumlah investasi yang dibutuhkan.

Tanpa informasi dari market research untuk mebuat strategi yang matang, bisa saja strategi periklanan boncos dan merugikan bisnis anda.

Konsultasikan Riset Pasar dan Strategi Digital Anda Bersama Sun Media

Market research sangatlah penting untuk perkembangan bisnis dan produk anda. Jika dilakukan dengan benar anda bisa mengenal target pasar anda lebih dalam dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Anda juga akan bisa mengembangkan peluang untuk meningkatkan kualitas bisnis dan produk anda agar menjadi lebih baik dibandingkan dengan competitor-kompetitor anda.

Tanpa market research yang tepat, anda bisa saja membuat kesalahan dalam pembuatan strategi pemasaran atau strategi periklanan bisnis anda. Dan bukannya membawa keuntungan, bisa saja strategi gagal dan membawa kerugian.

Jadi, konsultasikanlah riset pasar dan strategi digital anda bersama Sun Media Digital Marketing Bali. Sun Media merupakan sebuah digital marketing agency yang terpercaya di Bali. Dengan bertahun-tahun pengalaman, kami telah membantu mempersiapkan strategi digital terbaik untuk bisnis klien-klien kami.

Konsultasikan strategi digital bisnis anda bersama Sun Media jika anda tertarik untuk mengembangkan bisnis anda melalui market research dan strategi digital yang lebih baik. Hubungi kami sekarang melalui email [email protected] atau telp +628113862388.